MAU LEBIH SUKSES? IKUTI 4 KEBIASAAN INI
Dibandingkan dengan laki-laki, perempuan memiliki tantangan lebih besar dalam menjalankan
karier atau bisnisnya. Maka wajar saja, perempuan kerap kali membutuhkan
dukungan semangat dari sesamanya. Tak heran jika perempuan cenderung lebih
banyak berbagi satu sama lain demi menyuntikkan semangat untuk menghadapi
berbagai tantangan dalam pekerjaannya.
Anda mau tahu kebiasaan apa saja yang dapat membantu wanita meraih kesuksesan? Simak tips
berikut ini:
1. SELALU PERCAYA DIRI, TETAPI TETAP RENDAH HATI.
Perempuan memiliki kepercayaan diri yang tak kalah dengan laki-laki. Namun, kecenderungannya
laki-laki sering kali terlalu percaya diri. Sedangkan perempuan cenderung
menyeimbangkan kepercayaan dirinya dengan kerendahan hati.
Kimberly Roussel, entrepreneur sukses di Los Angeles, pemilik restoran 24 jam, klub di
Hollywood, dan perusahaan katering berbagi kiatnya. Roussel meyakini,
kepercayaan diri yang ditanamkan orangtuanya sejak kecil membuatnya lebih
berani mengambil risiko dan mampu mengatasi rasa takut. Begitu rasa takut dan
kekhawatiran mengenai berbagai hal teratasi, atau bahkan hilang, dunia lebih
terbuka dengan Anda melalui berbagai cara yang tak pernah disangka, katanya.
2. MEMONITOR EMOSI
Emosi bisa menjadi sumber masalah di tempat kerja. Apalagi jika Anda tak mampu
mengendalikan dan memonitor emosi. Boleh juga belajar dari pria mengenai
sikapnya yang cenderung tak menanggapi suatu masalah secara personal. Karena
dengan cara itu, Anda takkan terlibat dalam masalah emosi di tempat kerja.
Johnson Mandell, penulis buku best seller “Career Comeback” menyarankan jika
emosi mulai menguasai diri di tempat kerja sebaiknya beri waktu untuk diri
sendiri.
“Pergi saja ke toilet, tenangkan diri sendiri,” jelas Mandell. Namun, jika hal
ini terlalu sering dilakukan, artinya Anda selalu mengalami masalah emosi di
kantor. Kalau sudah seperti itu, ada baiknya evaluasi kembali situasi kerja di
kantor Anda. Boleh jadi bukan suasana hati Anda yang bermasalah, melainkan
memang situasi kantor yang tak kondusif.
3. TERSTRUKTUR DAN TERORGANISASI
Untuk mencapai target pekerjaan yang diharapkan, bahkan oleh diri Anda sendiri, Anda harus
mengatur strategi. Lakukan semua pekerjaan dengan terstruktur dan terorganisasi
dengan baik. Buat daftar pekerjaan yang harus Anda selesaikan setiap harinya,
dan fokus untuk menuntaskannya dengan baik.
Samira
Asemanfar, pendiri salon di Los Angeles, mengatakan, bekerja memerlukan
persiapan. Dan, persiapan tersebut sudah dilakukan Asemanfar setiap sore.
“Saya selalu mengevaluasi diri setiap sore, apa yang sudah saya lakukan hari ini. Apa
yang harus saya selesaikan besok, dan apa saja urutan pekerjaannya,”
tuturnya.
4. MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI
Perempuan secara alami memiliki kemampuan komunikasi. Bahkan, sosok perempuan introvert
sekalipun mampu berkomunikasi. Meski begitu, kemampuan komunikasi pada
perempuan tetap perlu ditingkatkan.
Kunci suksesnya bukan pada kemampuan berbicara, melainkan lebih kepada kehati-hatian dalam
berbicara atau berkomunikasi. Agar sukses dalam pekerjaan, perhatikan hal
detail, termasuk dalam berkomunikasi. Hindari salah bicara, atau salah menuliskan
hal kecil yang berdampak terhadap pencitraan Anda.
Maseena Ziegler, penulis buku best seller di Hongkong berjudul “Ladies Who Launch
in Hong Kong” mengatakan, tanamkan dalam diri bahwa Anda adalah perempuan
cerdas, memiliki tutur bahasa yang baik, dan berkualitas. Sikap positif ini
akan membantu Anda untuk menghindari berbagai kesalahan kecil dalam komunikasi,
yang bisa merusak citra Anda. Karena jika terlalu sering berbuat kesalahan
dalam ucapan atau saat berbicara, menunjukkan karakter yang tak teliti dan
tidak mempedulikan sesuatu secara mendetail.
Sumber : TRIBUNnews.com – Jum, 14
Tinggalkan komentar