Feeds:
Pos
Komentar

Archive for Januari, 2013

15
Kutipan artikel dari Ayahbunda:

Banyak cara yang bisa Anda lakukan dalam merayakan ulang tahun perkawinan. Cara yang cukup umum adalah dengan memberikan hadiah pada pasangan, bisa berbentuk bunga mawar, baju, tas, jam tangan ataupun barang-barang lainnya. Anda juga dapat memberikan hadiah dalam bentuk selain barang, misalnya menginap di villa atau cottage dengan keluarga, mengirimkan kado berupa puisi, atau saling memberi ucapan selamat pada jam 12 malam dan saling make a wish! Romantis kan.

Apa sih langkah – langkah yang harus Kita ketahui, agar perayaan ulang tahun perkawinan bisa sukses ? Ini langkah-langkahnya:

1.Langkah Pertama, bertukar kado atau membeli sesuatu bersama, jangan lupa saling bertukar kartu. Tuliskan kata-kata romantis buatan Anda di dalam kartu. Pastinya pasangan Anda akan sangat terkesan.

2.Langkah Kedua, menghabiskan waktu berdua saja di malam hari. Matikan alat-alat yang dapat mengganggu kebersamaan Anda seperti HP, TV dan lainnya. Suasana pribadi dan intim dapat menjadi pilihan, terutama pada tahun-tahun pertama peringatan pernikahan.

3.Langkah Ketiga, membuat pesta kecil untuk keluarga dekat dan para sahabat. Undang mereka makan malam ataupun lunch, di rumah Anda. Jika tidak ingin repot, Anda dapat menyewa restoran cepat saji atau restoran khas lainnya. Mereka pasti senang dan mendoakan kebahagiaan Anda berdua!
Nah, setelah tahu langkah-langkahnya, jangan ragu lagi untuk merayakan ulang tahun perkawinan. Kehangatan cinta pun kembali membara.

Itulah tips yang saya copas dari internet, buat saya pribadi, ulang tahun pernikahan itu, merupakan hari di mana saya akan berusaha lebih bersyukur karena bisa melaluinya bersama-sama.Bohong, kalau kata orang, rumah tangga itu tanpa hambatan, tanpa perselisihan ataupun tanpa keributan.Delapan tahun sudah kami jalani bersama, kami makin mengerti satu sama lain, tapi tentunya belum sempurna, karena kadang kita yang seumur gini saja masih suka galau kok mengenai diri sendiri, apalagi mengerti orang lain.Rumah tangga yang dibangun berdasarkan niat untuk membina keluarga baik-baik, mendidik anak baik-baik, serta terus belajar dari pengalaman sendiri maupun orang lain, tentunya Allah akan kabulkan sesuai niat hambaNYA.

Kalau mencontek artikel diatas yang kira-kira bisa saya lakukan, apa ya? hmmm….sepertinya bertukar puisi oke juga… karena selama delapan tahun ini, saya belum pernah membuat puisi buat suami tercinta.Untuk makan malam seluruh keluarga, kalau keluarga inti saja, mungkin bisa, tetapi kalau harus dengan ayah ibu, dan adik-adik saya tentunya agak susah mengumpulkan semuanya esok malam.

Semakin hari saya semakin yakin bahwa lelaki yang saya pilih adalah jodoh yang sudah ditakdirkan Allah untuk saya.Saling percaya dan menerima itu kuncinya, rumah tangga tanpa kepercayaan seperti mobil tanpa bensin, tidak akan bisa pergi kemana-mana.

Sepertinya baru kemarin, saya dan dia berucap janji di depan penghulu.Dihadiri oleh keluarga dekat, tanpa pesta yang meriah apalagi mewah. Niat kami memang tidak ada pesta yang menghambur-hamburkan uang untuk sewa gedung mewah, bikin undangan, catering yang berlimpah yang habis dalam sehari.Uang yang dikumpulkan dengan keringat, tentu akan lebih bermanfaat untuk beli rumah,tabungan atau investasi buat masa depan keluarga.Wanita mana yang tidak ingin menjadi putri dalam sehari, berbalut baju pengantin seperti layaknya sang ratu sejagad, dikelilingi dayang-dayang, diiringi lagu-lagu romantis, makanan menggugah selera serta dikagumi oleh para tamu undangan?. Tetapi,….apakah itu makna pernikahan yang sesungguhnya, apalagi banyak pengalaman yang bisa kita lihat.Pesta pernikahan dengan mewahnya, tamu undangan yang beratus-ratus orang, tetapi hanya bertahan dalam hitungan hari? tentunya, semua itu kembali lagi ke pengambil keputusan, apalagi bagi orang kaya, pasti akan bilang,” Duit-duit gue, kok loe yang ribut” hehehe…

Ini puisi yang barusan saya karang buat suami saya, Wahyu Eko Bharoto, jangan diketawain ya… please..

Hari demi hari kita lalui
Suka dan duka kita lewati
Janji untuk sehidup semati
Untukmu kekasih hati

Delapan tahun sudah kita bersama
Tak terasa waktu buat kita merantai asa
Aku bukanlah wanita yang sempurna
Tetapi aku akan menjaga agar cinta kita selalu berbunga

ya Tuhanku, bimbinglah kami selalu
agar selalu dalam ridhoMU
rumah tangga yang sakinah, mawaddah dan warrahmah penyejuk kalbu
adalah Dambaanku

Terima kasih ya Tuhan
atas segalanya yang telah kami dapatkan
menjadi pasangan yang abadi masa kini dan masa depan
tentunya menjadi suatu idaman

Iklan

Read Full Post »

Terjebak di tol dalam kota

Akhirnya kejadian lagi, terjebak di jalan saat menuju ke kantor. Dulu, tahun 2007, seingat saya juga seperti ini.Kantor saya dulu, letaknya di jl.Mh.Thamrin, sedangkan jl.Mh.Thamrin sekarang lebih parah dari pada dulu. Di depan bundaran HI, ini pertama kali saya melihat kejadian banjir yang membuat lumpuhnya kegiatan di ibu kota Jakarta.

Karyawan yang memang dari pagi, jam 6 sudah keluar rumah, tentunya tidak menyangka hal seperti ini akan terjadi.Maka banyak yang terjebak di dalam tol, macet panjang, banyak yang kebelet pipis, bis mogok yang menyebabkan penumpang turun untuk menyambung bis lain.Motor juga banyak yang masuk ke dalam tol yang membuat lebih semrawutnya lalu lintas pagi itu.

Tiba di kantor jam 10 an, dan ada beberapa teman yang memutuskan untuk kembali ke rumah.Ada juga yang sampai di kantor jam 11.30, karena lapar, mampir dulu untuk makan di plasa senayan, tetapi begitu sampai di kantor, bos memutuskan untuk dipulangkan cepat, hehehe…baru sampe udah disuruh pulang.

Saya berdua dengan teman naik taxi, dan alhamdulilah lancar-lancar saja ke arah bekasi, tetapi arah sebaliknya, antrian yang amat panjang, karena tertutup oleh kendaraan yang ingin ke arah Tanjung Priok, jadi yang ke arah Cawang, tertutup jalurnya karena mereka memakai semua jalur.Banyak pengemudi yang duduk-duduk di pinggir tol, ada yang naik atap truk, foto-foto untuk kenang-kenangan kejadian yang memprihatinkan.

Hari ini, karena pagi-pagi juga sudah hujan, saya memutuskan untuk tidak bekerja, dari pada nanti pulangnya juga susah kendaraan.Teman-teman kantor ada yang ikutan galau, mau berangkat atau tidak, pada bingung.

Satu hal yang sangat memprihatinkan bagi saya adalah mertua adik saya, Yuli, terkena stroke, dan baru pulang dari rumah sakit. Tangan sebelah kiri tidak bisa digerakkan, dan kondisi rumah di Kampung Pulo yang terkena banjir. Tidur di loteng adalah salah satu pilihan. Kondisi yang amat memprihatinkan tentunya.
Semoga saja ibunya Opik diberikan kesehatan, kesabaran, kekuatan dan rejeki agar bisa bertahan dalam situasi tersebut.

Banyak sekali berita tentang banjir di tv, radio dan koran. Ada yang pas kebanjiran, meninggal dunia, ada yang kebakaran rumahnya, ada yang meninggal karena kena strom listrik. Jadi tentunya masih beruntung buat kita dibanding mereka yang mengalami musibah ini.

Perilaku masyarakat yang kurang bisa merawat sungai, membuang sampah sembarangan, mall yang dibangun terus menerus, tanpa membuat resapan yang cukup, got-got yang mampet, entah sampai kapan? tetapi tetap optimis demi kota kami tercinta.

Ya Allah,turunkanlah hujan bukan untuk menjadi musibah bagi kami, berikanlah jalan keluar yang terbaik bagi para pemimpin agar bisa menangani masalah banjir yang terus menerus.

Read Full Post »

Selama ini, sosok Yola yang saya kenal, memang sosok wanita yang cuek, tidak perduli dengan orang lain. Kalau ditaksir oleh cowok, asal dia bisa memanfaatkan, dia pasti akan memanfaatkannya.Sebagai teman, saya hanya senyum-senyum kalau dia cerita soal ngerjain cowok atau juga tentang mencuri uang kakaknya.

Sampai suatu saat, ada saat-saat di mana sifat jeleknya tersebut membuat saya tidak nyaman sebagai teman.
Memang orang yang menurut kita brengsek itu adalah guru sejati agar kita bisa lebih baik dan lebih sabar

Read Full Post »

Banyak diantara kita yang kurang puas dengan apa yang sudah kita capai.Terutama saya pribadi, bukannya tidak bersyukur lho, tetapi kita hidup di dunia, rasanya kok sayang kalau tidak bisa memanfaatkan waktu sebaik-baiknya dan bisa bermanfaat buat orang banyak. Saya termasuk orang yang merasa masih bisa melakukan banyak hal,ingin belajar banyak hal,tetapi sekarang ini, dengan bekerja di kantor, dari jam 6 pagi berangkat dan sampai rumah jam 6 sore. Apa yang bisa saya lakukan selain duduk mengerjakan pekerjaan kantor?. Saya sering merenung, apakah ini memang jalan hidup saya? menjadi ibu bekerja yang harus meninggalkan anak-anak dalam asuhan pembantu? Saya rasa, bukan.

Banyak acara yang ingin saya ikuti, seperti seminar atau acara komunitas ibu-ibu atau acara komunitas pengusaha ( walaupun belum jadi pengusaha, tetapi saya berkeinginan bisa menjadi pengusaha sukses).Ingin olah raga sepulang dari kantor, seperti Jogging, atau Yoga/pilates di dekat rumah, tetapi rasa bersalah saya karena sudah meninggalkan anak-anak dari pagi, sering menjadi penghalang untuk saya melakukan hal tersebut.Ingin janjian dengan teman sepulang kerja, kok ya ngga enak juga.Kasian suami saya yang sudah ikut membantu menjaga anak-anak di rumah.

Suka duka yang saya lalui dalam kehidupan saya, tentunya tidak lepas dari doa orang tua dan keluarga. Semenjak menikah, naluri keibuan saya yang ingin sekali dekat dengan anak-anak, menghabiskan waktu serta mendidik anak-anak seperti yang saya inginkan, saya rasakan kurang sekali. Saya ingin anak-anak rajin belajar, pintar, dapat nilai bagus di sekolah,rajin sholat, mengaji tetapi apa kontribusi saya, sebagai orang tua? rasanya masih sangat kurang.Anak-anak perlu contoh dan bimbingan dari kedua orang tuanya.Alhamdulilah ada suami di rumah yang bisa lebih memperhatikan anak-anak, bukan cuma diasuh oleh pembantu rumah tangga.

Suami saya juga sebetulnya tidak ingin menjadi pengangguran, pastinya harga diri dia lebih merasa terhina, apa kata orang, kok kepala keluarga malah tidak bekerja, tetapi justru istri yang bekerja keluar rumah.
Saya amat faham, keadaan suami saya, dan saya tidak akan memaksa dia untuk kembali bekerja, di usianya sekarang sudah 53 tahun, dengan kondisi fisik yang tidak muda lagi, tentunya akan berat kalau harus mencari pekerjaan baru di luar sana.Walaupun tidak bekerja, tetapi dia punya pemasukan dari bunga bank dan kontrakan untuk keperluan hidup sehari-hari.

Tetapi kalau saya tidak bekerja, tentunya tidak ada penambahan pemasukan, padahal kan ingin menabung buat pendidikan anak sekolah, mau menabung buat liburan, buat umroh, buat investasi lain-lain juga. Sedihnya kalau melihat orang lain yang berhasil keluar kerja, dan memulai usaha dari nol, lalu dalam beberapa tahun, dia berhasil bisa punya karyawan sendiri, bisa punya rumah dari hasil bisnis yang tadinya mengontrak sekarang dibeli rumah tersebut.Rasa iri pasti timbul, ya kan? kepingin banget bisa punya usaha sendiri, tidak harus pergi setiap hari ke kantor, pagi-pagi, macet-macetan dan pulang dengan sisa-sisa tenaga,padahal anak-anak sudah kangen dan butuh perhatian dari saya.
Sampai rumah jam 6 sore kadang lebih, lalu mandi, dan berbincang sejenak dengan anak-anak dan suami, lalu sudah jam 7 malam, waktunya makan malam, lalu tersisa waktu hanya 1 jam lebih sebelum saya dan anak-anak pergi tidur karena untuk persiapan esok harinya agar tidak terlambat bangun.

Saya ingin suatu saat nanti, bisa punya usaha sendiri, bisa punya karyawan yang bisa digaji,lebih banyak waktu apabila anak-anak membutuhkan saya, punya penghasilan/pemasukan yang cukup banyak, lebih banyak dari saya bekerja di kantor yang sekarang ini.
Tentunya bukan cuma menghayal, harus ada action dan kerja keras serta doa yang tidak putus-putus agar bisa terlaksana impian ini.

Read Full Post »

Iseng-iseng coba browsing untuk booking tiket Air Asia. Pilih-pilih tujuan, dan akhirnya dipilih Yogyakarta.Dengan pertimbangan karena lokasi tidak terlalu jauh di banding Makassar atau Bali.Yang pasti juga kalau Bali dan Makassar biasanya harganya juga lebih mahal.

Anak-anak saya belum pernah naik pesawat, jadi nanti adalah pengalaman mereka pertama kali. Semoga perjalanan akan menyenangkan, cuaca mendukung, semua sehat wal afiat dan kami selamat sampai tujuan, aamiin….

Bulan Februari dipilih saya, tepatnya tanggal 21 Februari- 23 Februari, 3 hari dua malam. Saya pilih hotel yang lokasinya dekat dengan Malioboro, yaitu hotel Jentra Yogyakarta. Saya browsing juga dari internet dan pakai Agoda.
Sekaligus merayakan ultah Dammar yang tanggal 20 Februari 2013 nanti, tepat akan berumur 5 tahun, saya putuskan untuk meliburkan anak-anak untuk jalan-jalan ke Yogya.
Saya dapat rate ke Yogya bolak balik dengan Air Asia, total untuk 4 orang, seharga Rp.2,100,000,-, yah lumayan murahlah kalau dibanding naik Garuda.

Tujuan jalan-jalan kami, harus ada unsur edukasinya. Jadi, begitu tiba di Yogya, yang masih sangat pagi sekali, yaitu jam 7 pagi, maklum, namanya juga rate promo, jadi jam penerbangannya yang kurang bersahabat buat anak-anak.Taman Pintar adalah tujuan utama kami buat anak-anak.Di sana katanya ada banyak sarana untuk anak-anak belajar.
Setelah itu, kami akan ke Kraton dan ke pasar Bringhardjo untuk beli oleh-oleh.Hari kedua, kami akan sewa mobil untuk jalan-jalan ke Solo, juga mampir ke Kraton dan belanja batik, tak lupa mencoba wisata kuliner di sana.

Candi Borobudur seharusnya tidak boleh dilewatkan, tetapi lihat situasi dulu, karena saya itu tidak tahan dengan cuaca panas, sering sakit kepala dan pasti anak-anak kecapean kalau harus berjalan-jalan sepanjang candi tersebut.Mungkin kami akan mampir ke Candi Prambanan saja yang tidak terlalu besar.

Sekarang nyanyi lagunya Katon dulu aah.. “Pulang ke kotamu, ada setangkup harum dalam rindu… masih seperti dulu,.. tiap sudut menyapaku bersahaja, penuh selaksa makna “….

Read Full Post »

Akhir tahun 2012 lalu, tepatnya tanggal 31 Desember 2012. Saya dan keluarga juga para khadimat di rumah beserta anak dan saudaranya yang datang dari kampung ke Jakarta.Niatnya mereka ingin menyaksikan pesta kembang api dan panggung hiburan di Ancol, begitu katanya.Tetapi karena kami tidak bisa mengantar ke Ancol, suami saya berinisiatif untuk mengajak jalan-jalan ke pusat kota, melihat air mancur di depan Hotel Indonesia dan ke Monas.

Hari itu, cuaca cukup bersahabat, tidak terlalu panas dan tidak hujan. Kami berjalan masuk ke dalam area Monas.Banyak sekali pedagang kaki lima. Ada yang berjualan kaos bergambar Monas, ada yang berjualan mainan anak, makanan, dan lain-lain.

Seperti biasa, kami mengambil foto untuk kenang-kenangan, dan juga menaiki andong yang banyak ditawarkan di sana. Harga andong untuk sekali keliling Monas, Rp.10 ribu per orang, cukup mahal juga, karena kalau saya berempat berarti 40 ribu tetapi hanya satu kali putar.Kami bertemu dengan beberapa turis dari luar negeri dan banyak keluarga yang menghabiskan waktu berjalan-jalan menikmati udara segar dan lahan yang cukup luas untuk anak-anak bermain layang-layang, bersepeda, ataupun hanya sekedar berjalan kaki.

Satu hal yang masih banyak harus diperbaiki baik oleh PEMDA DKI adalah soal sampah yang amat banyak berserakan, terkesan tidak terawat dan toilet umum yang juga amat terbatas.Pernah suatu hari, saya ikut acara dari kantor, nama acara tersebut MATSURI, pada saat itu sih banyak relawan yang memang ditugaskan untuk memunguti sampah-sampah jadinya sampah pada saat itu agak berkurang. Untuk toilet,dari sekian banyaknya pengunjung, hanya ada beberapa tempat, jadilah antrian yang amat-amat panjang, jangan tanya soal bau pesing ya? itu sudah pasti.

Kalau saya melihat sepintas saja , yang perlu diperbaiki agar lebih terawat dan terkesan rapi, yaitu  kurangnya tempat sampah, saya sangat sulit menemukannya di dalam lingkungan Monas, dan kurangnya jumlah toilet umum yang bersih.

Semoga saja masyarakat kita semakin sadar akan indahnya kebersihan dan mau menjaga/merawat bersama fasilitas umum yang bisa dinikmati bersama.

monas

 

 

 

 

Read Full Post »

Vanya2V

Mom of Rhapsody

cerita si nina

here and now, i only have words to tell you!

backpackology.me

An Indonesian travelling family, been to 25+ countries as a family. Author of several travel guide books and travelogue. Write travel articles for media. Strongly support family travelling | travelling with baby/kids. .

phdmamaindonesia

stories of womanhood and ideas for Indonesia

pacarkecilku

"Jika kau punya cerita, bagilah dengan kata-kata. Jika kau punya kerinduan, kenanglah dengan pertemuan"

Macangadungan

Sketchbook , Dreams, Beer, and all other stuffs.

BLOG BELALANG CEREWET

dicatat biar awet

falafu.wordpress.com/

Tuhan tidak pernah bimbang, selalu seimbang..

Wiwin Hendriani

Berbagi Karya, Berbagi Cerita

YSalma

Jejak Mata dan Pikiran

Fitri Ariyanti's Blog

Mengolah Rasa, Menebar Makna

Oerleebook's Situs

Kumpulan data-data artikel menarik, inovatip, mendidik. dari berbagai sumber

Nata Riawan | Bali Animator Illustrator Graphic Designer

Desain Grafis bukan sekedar Print Art Paper

tarjiem

Jasa Penerjemah Inggris Indonesia

My Idea My Imagination

About me, about my inspiration, about my imagination