Feeds:
Pos
Komentar

Archive for Februari, 2011

Bukan bermaksud menggurui atau sok pintar ataupun sok suci,(untuk pengingat diri sendiri juga kok), tetapi sepertinya kita musti sering-sering diingatkan untuk selalu berbuat kebaikan terhadap sesama, apalagi sesama teman kantor yang setiap hari bertemu, kecuali weekend.

Dan ini ada artikel yang saya copy paste dari blog detik, semoga bermanfaat

Setiap hari Anda menjalani sebagian hidup di kantor. Tidak heran kantor tampak seperti rumah kedua bagi Anda yang bekerja. Seperti layaknya di rumah sendiri, di kantor pun Anda diwajibkan untuk menjalin hubungan baik dengan lingkungan kantor. Ada banyak cara untuk menjaga hubungan baik di kantor. Berikut sejumlah tipsnya, seperti dilansir ehow:

1. Awali dan sambut pagi dengan senyuman. Sebarkan senyuman itu ke semua orang di sekitar kita. Dengan tersenyum, hati akan menjadi lebih tenang dan dapat menghilangkan beban-beban yang ada di diri Anda.

2. Sangat penting bagi setiap orang untuk menjaga hubungan baik dengan rekan kerja. Untuk itu hindari membicarakan keburukan atau gosip yang terjadi di kantor. Dengan menghindarinya, Anda sudah berusaha untuk menjaga perasaan teman sekantor.

3. Bersedia membantu teman bila memungkinkan, baik untuk urusan kantor maupun urusan di luar kantor. Dengan kesediaan Anda untuk membantunya, maka suatu hari tidak menutup kemungkinan mereka akan membalas kebaikan Anda.

4. Jika Anda ingin membangun suasana lebih akrab dengan teman kantor, sebaiknya Anda memanggilnya dengan nama panggilannya. Seseorang merasa lebih senang mendengar nama panggilannya dipanggil, karena hal itu juga menunjukan Anda peduli kepadanya.

5. Jangan pernah berdiskusi dengan mengunakan bahasa kotor yang kurang pantas untuk didengar teman kantor. Bila perlu hindari topik pembahasan tertentu seperti pandangan mengenai politik dan agama, karena dapat menyinggung perasaan orang lain di sekitar Anda.

6. Setiap berbicara dengan teman sekantor ataupun atasan, pastikan Anda menjadi pendengar yang baik. Tunjukkan bahwa Anda menghargai dan menghormati apapun posisi mereka.

Sayapun masih banyak kekurangan, semoga kita selalu mau belajar ke arah lebih baik.. Yuuuk???

Read Full Post »

Man Sabara Zafira, yang artinya orang yang sabar akan beruntung,…dan Alhamdulilah saya pernah mengalaminya,terima kasih Allah atas segalanya.
Dan sekarang ini, saya dengar kalau saya jadi bahan omongan, di kantor ada yang iri atas kenaikan gaji saya yang sebetulnya :we deserved it, after more than 10 years working here, my salary is same amount with the new staff, can you imagine?.. it’s not fair, isn’t it? and because of management can increase my salary more than the others, for making the same standard with other secretary… so everybody blamed on us? it’s so weird…. Kalau saya dapat lebih, apakah itu salah saya? justru salah saya itu, karena dulunya saya ga nego gaji, dan kenapa saya ga sekolah lagi, agar bisa dapat gelar sarjana, dan ga terjebak di sini…hiks hiks.. yah.. it’s about takdir…kayaknya…

And beside that, I heard that my friend, Ms.C who worked together with me and already quit, somebody said, that she quit from our office, because it was too busy and because of “ME” ….. OMG…..and I sent sms to her, to confirm what I’ve heard, and she said that God has eyes and don’t worry about what everybody said, … hmmm… she is mature enough, I think…and I don’t wanna become a bad person,I don’t care, it’s not important, I try to come to the office as ussual, and just be positive.. ok?

Dan yang paling ok nih, jawaban teman saya, si Ms.I, dia teman lama saya, waktu saya sempat curhat sedikit soal ada orang di kantor, yang senang melihat orang susah dan susah melihat orang senang, seperti yang sekarang saya alami ini… kata teman saya itu..” Yah.. maklum deh Dis.. orang kalau agamanya kurang ya gitu, mereka ga pernah puas dengan yang sudah mereka dapat, dan iri dengan orang lain yang dapat lebih, padahal kan Allah semua yang mengatur itu.” Betul-betul jawaban yang paling pas..” karena agamanya kurang” hehehe.. jawaban paling menohok…

Wahai hati yang lelah,
Palingkanlah hatimu dari kekhawatiran yang sia-sia,
jauhkanlah telingamu dari gunjingan hasut,
pindahkanlah matamu dari pemandangan yang tidak mulia,
keluarkanlah dirimu dari pekerjaan dan pergaulan yang tidak jujur,
dan bersihkanlah jiwamu dari niat-niat yang tidak adil.

Itulah cara menghadapkan wajahmu kepada Tuhan.
Jiwa yang wajahnya menghadap Tuhan, hatinya didamaikan.
(Mario Teguh)

Bila ada orang yg menyakiti hati kita, membuat kita menjadi marah, kesal & kecewa maka serahkan kpd Allah agar melindungi, membimbing kita & menjauhkan kita dari sgl kejahatan & marabahaya. ‘Dan bertawakallah kamu hanya kpd Allah, jika engkau orang2 yg beriman.’ (QS. al-Maidah : 23).

Jika kita menyadari bahwa tidak ada jaminan untuk hari esok, maka hari ini kita harus menyajikan yang terbaik. jika tidak ada jaminan akan tetap hidup 10 jam lagi, 5 jam lagi, atau bahkan 1 menit lagi, maka detik inipun harus menjadi yang produktif dan luar biasa.

Semoga saya termasuk orang-orang yang sabar dan pandai bersyukur atas nikmat Mu , ya Allah….

Read Full Post »

Cicil Emas

Sepertinya emas sekarang-sekarang ini jadi primadona, dikarenakan harganya yang terus meningkat dan juga ga terpengaruh dengan inflasi, kalau mengutip statusnya pak Rully Kustandar:Dulu, pertama kali kerja thn 1990 gaji saya 1jt (karyawan biasa), cukup bahkan berlebih, bisa senang-senang dan hura-hura. Saat itu (thn 1990) harga Emas 23rb/gram artinya gaji 1jt setara dgn EMAS 40-45grm EMAS. Sekarang 40-45gram EMAS senilai 16-18jt, berarti kalau mau hidup cukup kayak thn 90 dulu musti punya gaji 16-18jt/bln…hmmmm….yg pasti gaji segitu bukan karyawan biasa…musti jadi bos….bener ga?. tp kalo saya thn 90 msh SMA..hehe
Jadi, sebaiknya memang investasi dalam emas saja kalau untuk masa depan, seperti pendidikan anak yang harganya selangit kalau mau sekolah yang bagus, karena apabila kita taruh uang di tabungan, nilainya akan tergerus oleh inflasi yang tinggi setiap tahunnya.

Pernah baca di milis SSR, ada program beli emas melalui online, bisa di cek di websitenya: http://www.goldgram.co.id dan juga http://www.emas24karat.com tetapi saya masih pelajari dulu,dan rencana mau datang ke tempatnya goldgram itu di Psr.Cikini, Jakarta, untuk tanya-tanya. Sepertinya sih, kita bisa beli secara bertahap per gram dan disimpan disana, lalu kalau kita mau cetak, kita harus bayar ongkos cetak, jadi ga rugi di ongkos cetak, terserah kita mau cetak yang beratnya berapa gram, dan kalau kita mau jual pun, ga akan rugi ongkos cetak, tinggal jual, lalu masuk ke rekening kita, kebetulan goldgram ini sudah pernah masuk di tabloid Nova.
Alhamdulilah dapat rejeki nih, dapat rapelan kenaikan gaji, ya lumayan bisa buat beli LM 10 gram, tapi yang pasti jangan lupa zakatnya ya, minimal 2,5 %…

Read Full Post »

Rejeki

Resiko kalau gaji dalam mata uang asing itu, tergantung dari nilai tukar, kalau lagi tinggi, ya Alhamdulilah,.. seperti tahun 2009 lalu, rate untuk 1 USD, adalah berkisar antara Rp.11,000,- an tetapi di tahun 2010, rate 1 USD, berkisar antara 10 rb- 9 rb, jadi ya penerimaan kita, turun dibanding tahun lalu, jadi setiap bulan, berjibaku untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari yang sepertinya tiap belanja, harga-harga bahan pokok itu naik melulu, waktu belanja, sudah diperkirakan, kayaknya cukup nih uang yang dibawa, tapi ternyata ga cukup tuh, terpaksa deh pakai kartu kredit, apalagi kalau belanja di Makro ( sekarang ganti nama jadi Lotte Mart), yang di Bekasi, disana ga terima kartu kredit, hanya terima uang cash, jadi lah saya kalau ambil barang, harus dihitung-hitung, cukup atau ga dengan uang yang saya bawa, kan ga lucu kalau begitu sampai di kasir, ternyata uangnya ga cukup, malu lah.. kemauan tinggi tapi kemampuan kurang..hehe.

Alhamdulilah, tahun ini, ada penyesuaian kenaikan gaji, karena melihat nilai tukar rupiah yang cenderung kuat terhadap USD, maka setiap karyawan, dinaikan minimal 20% dari gaji, dan karena kenaikan tersebut harusnya dimulai dari bulan Oktober 2010, maka bulan ini, ada rapelan yang kita terima, lagi pikir-pikir kalau ditabung, sepertinya ga ada untungnya, jadi, lagi kepikiran mau beli Logam Mulia aja, buat tabungan pendidikan atau naik haji, Insya Allah.
Tapi begitu saya cek di websitenya Antam,ternyata stok LM yang gramnya kecil ga ada lho, yang ready stok itu, hanya yang 50 gram dan 250 gram, gila ya? dan ini sudah beberapa bulan belakangan ini, bukan baru sekarang aja, jadi untuk rakyat kecil yang kemampuannya juga kecil, ga bisa beli dong?….. lagi mau coba tanya di Pegadaian Syariah yang tempat saya nyicil LM juga, tapi pastinya ada margin untuk pegadaian Syariah yang harus kita bayar, tapi dari pada ga ada di Antam nya, atau coba cari di Toko Emas yang jual LM juga, ya udah kapan-kapan deh.

Tahun ini juga bulan Mei, cicilan keroyokan Apartemen Margonda Depok, akan selesai, cicilan per bulan Rp.240,000,- per orang, kita ber 20 orang kira-kira, member TDA Bekasi, dan semoga uangnya bisa cepat balik dan lancar, jadi bisa diinvestasikan lagi ke yang lain.
Dan, Anami Green Palace di Kalibata, yang dibelikan mama mertua juga rencananya akan selesai tahun ini, perkiraan serah terima unit bulan November 2011, kalau ga salah lihat lho,soalnya lupa-lupa ingat.Karena ga ada rencana untuk ditempati, jadi kita memang rencana untuk disewakan saja, kalau tanya-tanya ke Edi, temen kantor yang juga punya rusunami di Cawang, dia sewakan unitnya setahun itu seharga Rp.12 juta, dan tahun ini rencana mau dinaikan jadi Rp.15 Juta/tahun, dan kalau Green Palace kan fasilitasnya lebih dari Rusunami, karena ada kolam renang yang bisa dipakai tanpa harus bayar, dan liftnya pun lebih banyak dari pada rusunami, jadi kalau disewakan harusnya bisa lebih mahal dari harga rusunami, nanti coba di survey lagi untuk harga sewanya.

Sekali lagi Alhamdulilah.. semoga rejeki kami sekeluarga makin berkah dan bisa bagi-bagi untuk keluarga yang membutuhkan,dan semoga tidak menjadi fitnah yang malah menjerumuskan kami, Amiin.
Satu lagi rencana tahun ini yaitu, mau pinjam uang ke bank, untuk bangun kontrakan baru, minimal 2 pintu lagi, semoga semua dokumen lancar dan dapat pinjaman minimal 100 juta, jadi permohonan pinjamannya harus minimal 150 juta, agar bisa dapat 70%nya.
Untuk bantuin bisnis jasa jahit dengan Wiwin, sementara ini saya bantu bikin penawaran, invoice dan kirim-kirim iklan di internet, dan Alhamdulilah bulan Februari ada order pertama di tahun ini, untuk bikin seragam, semoga berlanjut dan makin banyak.

So,.. Terima kasih Allah atas segala nikmatMu, semoga kami termasuk hambaMu yang pandai bersyukur,.. Amin Ya Rabb…

Read Full Post »

Terinspirasi dari bukunya A.Fuadi, Negeri 5 Menara, karena baru saja selesai dibaca, jadi masih hangat di kepala, dan semoga makin banyak buku-buku yang menginspirasi anak-anak Indonesia agar bisa terus mewujudkan mimpi-mimpi mereka asalkan mereka bersungguh-sungguh, berusaha, dan berdoa, sisanya biar Allah yang menentukan, lalu ikhlaslah atas apapun kejadian yang kita terima.

Selain buku Negeri 5 Menara, sebelumnya ada juga karya Andrea Hirata yang juga banyak mengilhami para murid-murid dan guru-guru akan suka dukanya anak bangsa yang ingin sekolah tetapi segalanya serba terbatas.

Diawal buku Negeri 5 Menara, diceritakan, A.Fikri memutuskan ikut Pondok Madani adalah keputusan setengah hati, karena cita-citanya yang ingin sekolah umum, di SMA, dan bisa pakai celana Panjang abu-abu, jalan-jalan dan kegiatan-kegiatan anak-anak SMA pada umumnya, dia sudah janjian dengan kawan dekatnya, tetapi ternyata Ibunya memaksa dia untuk sekolah Agama, setelah mengurung diri di kamar selama 3 hari, dia dapat surat dari Omnya yang ada di Mesir, yang menceritakan ada Pondok Madani di Jawa, dan karena kesal,dari pada tanggung-tanggung, sekalian aja merantau, setelah orang tuanya berdiskusi, mereka akhirnya mengijinkan.
Sekolahnya penuh dengan kedisiplinan tingkat tinggi, harus berbahasa Arab dan Inggris setiap hari, dan kata-kata motivasi Man Jadda wa Jadda adalah yang selalu didengungkan oleh para guru untuk memotivasi anak-anak muridnya yang mulai kendor untuk belajar.
Yang berkesan juga yaitu tentang Ikhlas, bahwa setiap apapun kegiatan, baik itu hukuman, belajar atau apapun, harus ikhlas, menjadi guru disanapun, mereka Ikhlas, maka hasilnya pun sangat mengagumkan, ga ada tuh yang namanya demo tentang gaji guru yang kecil, karena mereka semua selalu mengabdikan dirinya untuk kepentingan Pondok, dan hanya Allahlah yang mencukupkan segala kebutuhan mereka.

Perjuangan demi perjuangan,melawan keragu-raguan serta kemalasan, akhirnya membuahkan hasil, lulus dari Pondok Madani, yang saat itu tidak mengeluarkan ijasah pertanda lulus, dan dengan semangat Man Jadda wa Jadda, A.Fikri belajar untuk ujian persamaan SMA dan untuk menembus UMPTN.
Yang juga berkesan buat saya adalah, bahwa belajar agama di Pondok, tidak ada yang khusus, tetapi semua kegiatan belajar, bersosialisasi dan lain-lainnya adalah semua itu berdasarkan agama yang dianut yaitu Islam.

Akhirnya A.Fikri berhasil masuk ke Unpad, untuk Jurusan Hub.Internasional, mimpi sebelumnya untuk menjadi Insinyur di ITB, dia kesampingkan, karena pada saat itu, dia berpikir, dengan jurusan tsb bisa mengantarkan mimpinya untuk pergi ke Amerika.

Read Full Post »

Saya sih ga terlalu menyesalkan tentang pertemanan saya yang dulu pernah bersahabat dengan teman yang berbeda agama, tapi sepertinya memang untuk mempunyai teman yang bisa mempengaruhi kita ke arah lebih baik, apalagi dalam soal agama, saya pikir,memang lebih baik mempunyai sahabat yang seiman, jadi bisa nyambung tentang tata cara dan pandangan hidup juga panutan yaitu Nabi Muhamad Saw, but it’s ok,Past is a history… now you have to study a lot and make you better in everything.

Sekarang, dengan lebih banyaknya pergaulan yang bebas, antara laki-laki dan perempuan, sebagai seorang ibu, saya mulai mengkhawatirkan pergaulan anak saya nantinya, apalagi baca sharing seminarnya ibu Elly Risman, tentang bagaimana sudah parahnya pergaulan anak-anak SMP dan tentang seks yang mereka lakukan layaknya suami istri, ngeri bener…. saya selalu berdoa dan berharap bisa menjadi orang tua yang sholeh dan juga bisa menjadi panutan buat anak-anak saya.

Dulu, pernah salah satu teman satu sekolah saya bilang tentang hubungan pertemanan saya dengan yang non muslim, dia bicara, “Dis, kalau bisa jangan terlalu dekat, nanti bisa terpengaruh lho” saat itu, saya ga pernah berpikir macam-macam, toh teman saya itu, sama sekali tidak pernah mengajak saya masuk agama yang dia anut kok, jadi saya tetap berteman sampai saya bekerja, dan juga sempat bekerja di kantor yang sama.

Setelah menjadi orang tua,sekarang, sudah mulai belajar agama sedikit-sedikit, mulai memperbaiki diri dalam soal sholat, dan puasa. Sekarang ini, saya mengusahakan sholat Dhuha, walaupun tidak bisa setiap hari, dikarenakan teman satu kantor, banyak yang melakukan ibadah tersebut. Dan, saya berpikir, mereka aja bisa kok, masa’ saya ga bisa sih, dan ini tantangan buat saya. Satu lagi soal puasa, minggu lalu, kami sempat janjian untuk puasa pada setiap Senin dan Kamis, dan Alhamdulilah sebanyak 5 orang, kami melakukan puasa pada hari Senin bersamaan… senang ya bisa saling mempengaruhi ke arah kebaikan.

Maunya nih, anak-anak sayapun nantinya akan saya kontrol teman-teman mereka, semoga bisa mendapatkan teman yang baik dan saling mengingatkan untuk berbuat baik sesuai agama Islam yang selalu rahmatan lil alamin.
Alhamdulilah, walaupun terlambat, saya tetap ingin berusaha ada peningkatan setiap hari, setiap bulan dan setiap tahun.
Dan hadist berkata, kalau berteman dengan penjual kambing, maka ikut bau kambing, kalau berteman dengan tukang minyak wangi, maka ikut wangi… jadi berteman dekat, haruslah pilih-pilih agar kita tidak terpengaruh yang jelek, gitu lah minimal intinya.

Read Full Post »

Vanya2V

Mom of Rhapsody

cerita si nina

here and now, i only have words to tell you!

backpackology.me

An Indonesian travelling family, been to 25+ countries as a family. Author of several travel guide books and travelogue. Write travel articles for media. Strongly support family travelling | travelling with baby/kids. .

phdmamaindonesia

stories of womanhood and ideas for Indonesia

pacarkecilku

"Jika kau punya cerita, bagilah dengan kata-kata. Jika kau punya kerinduan, kenanglah dengan pertemuan"

Macangadungan

Sketchbook , Dreams, Beer, and all other stuffs.

BBC | Blog Belalang Cerewet

semua dicatat agar awet

falafu.wordpress.com/

Tuhan tidak pernah bimbang, selalu seimbang..

Wiwin Hendriani

Berbagi Karya, Berbagi Cerita

YSalma

Jejak Mata dan Pikiran

Fitri Ariyanti's Blog

Mengolah Rasa, Menebar Makna

Oerleebook's Situs

Kumpulan data-data artikel menarik, inovatip, mendidik. dari berbagai sumber

Nata Riawan | Bali Animator Illustrator Graphic Designer

Desain Grafis bukan sekedar Print Art Paper

tarjiem

Jasa Penerjemah Inggris Indonesia

My Idea My Imagination

About me, about my inspiration, about my imagination