Feeds:
Pos
Komentar

Archive for Januari, 2015

Sampai saat ini, semua keluarga masih merasakan sedih yang mendalam dengan meninggalnya mama mertua saya.Suami saya sebagai anak laki-laki satu-satunya, dan anak tertua, amat merasakan kehilangan.
“Waktu dulu Bapak meninggal, mendadak juga, tapi saya ngga sesedih ini rasanya, karena saya masih lihat ada mama, tapi pas mama meninggal, saya merasakan benar-benar sudah sebatang kara, ngga punya orang tua lagi” curhat suami saya.

Saya yang mempunyai orang tua yang masih komplit, memang belum pernah merasakan kehilangan, tetapi dengan meninggalnya mama mertua, saya merasakan sedih, menyesal dan masih terbayang-bayang suaranya yang lembut.

Mama amat baik, terhadap keluarga begitu besar perhatian beliau, juga terhadap lingkungan sekitar.Setiap panen buah rambutan atau mangga di halaman rumah, para tetangga minimal 10 rumah, pasti kebagian.Setiap bulan puasa, menjelang lebaran, bingkisan sekitar 30 bungkus sudah disiapkan untuk dikirim buat tetangga.Isi paket bisa berupa kain, sajadah, dan kue2.

Kalau saya bawa makanan atau oleh-oleh ke rumah mama, pasti beliau maksa untuk mengganti uang yang sudah saya keluarkan, dan mau ngga mau, saya terima, karena mama pasti ngga berhenti memaksa saya untuk menerima uang tersebut.
Jadi kan, suka ngga enak ya, maunya ngasih eh malah seolah-olah jadi mama beli.Mama memang begitu, selalu mementingkan dan memikirkan orang lain, sampai sering tidak bisa tidur karena memikirkan anak-anak dan cucu-cucu juga adik dan kakak beliau.

Dari pertama kenal mama Dien, yang selalu saya ingat, beliau sering menceritakan kebiasaan almarhum bapak yang belum sempat saya kenal karena sudah meninggal tahun 1998.Saya melihat, mama begitu sayang karena almarhum bapak meninggalkan kenangan baik bagi mama dan anak-anaknya.

Meninggalnya bapak almarhum yang mendadak, membuat semua kaget,tak percaya, dan ternyata terjadi juga dengan mama Dien, beliau meninggal tanpa pesan, tanpa sakit.Sehari sebelum meninggal, masih ikut arisan bersama teman-teman beliau, sorenya masih telpon-telponan dengan anak-anaknya, ternyata pagi harinya, beliau sudah pergi kembali ke Sang Pencipta.

Mama sering bicara, beliau ingin meninggal seperti bapak, tidak menyusahkan orang lain, cepat tanpa sakit yang berkepanjangan, dan Allah mengabulkan keinginan beliau.

Ada 3 amalan apabila seseorang manusia sudah meninggal, Ilmu agama yang bermanfaat, anak sholeh yang selalu mendoakan ortunya dan sedekah jariyah adalah di antara amalan yang bermanfaat bagi mayit walaupun ia sudah di alam kubur. Simak sajian singkat berikut.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ وَعِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ وَوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh” (HR. Muslim no. 1631)

Selama umur masih ada, semoga masih diberikan kesempatan untuk bisa menjadi anak yang sholeh, bisa mendoakan dan memberikan syafaat buat kedua orang tua kita.
Semoga bapak almarhum Sindhu Kasnan dan Almarhumah Dien diampuni dosa-dosanya, diberikan keluasan di alam kuburnya, ditempatkan di tempat yang layak dan kami semua bisa berkumpul kembali di surgaNYA, begitu juga dengan kakek, nenek dan para om dan tante dan keluarga besar yang sudah mendahului kita.
photo lebaran brg eyang dien

Iklan

Read Full Post »

Semua mahluk hidup pasti akan mengalami kematian, tetapi kita tidak bisa tahu kapan dan di mana.Begitu mengalami sendiri, kehilangan mama mertua yang meninggal mendadak, rasanya sedih…masih teringat-ingat wajahnya, suaranya, dan senyumnya.

Semoga kami semua bisa berkumpul di surgaNYA, aamiin.
Doa kami selalu untukmu mama dan juga almarhum bapak yang sudah mendahului kami.

Kenang-kenangan ucapan selamat ulang tahun buat Mama

Read Full Post »

Hai hai selamat tahun baru ya? makin bertambah usia,makin berkurang jatah umur kita di dunia.Semoga makin bertambah usia, kita makin diberikan ketaqwaan, keimanan dan hidayah yang tidak putus-putus agar bisa menjadi hamba yang sholeh dan selalu dalam lindungan Allah SWT.

Seperti biasa, pergantian tahun, selalu banyak teman-teman yang bertanya, apa nih resolusi tahun depan? dan ada joke dari pak Jamil Azaini( sambil ngaca diri sendiri), resolusi tahun 2015, ya lanjutan dari 2014, 2013, 2012 dan seterusnya kebelakang, yang belum terlaksana..hahaha.

Karena tulang belakang saya itu scoliosis, saya berharap bisa rutin olahraga renang seperti yang dianjurkan oleh dokter, ya minimal 2 kali seminggu deh, dan mengaji setiap selesai sholat Isya.Saya sempat belajar mengaji dengan guru anak saya selama lebih kurang 2 tahun, setelah lebaran tahun 2014, saya stop dulu, biasanya seminggu sekali, tetapi karena seringnya saya kelelahan, dan begitu juga Umi Nur yang mengajar, sering tertidur sewaktu mengajar, belum lagi telpon sering berdering karena suaminya minta dijemput setelah pulang kerja.

Jadi saya berharap dberikan kekuatan untuk bisa membaca Al Quran sendiri setiap malam, semoga Allah memberikan kemudahan.

Jalan-jalan bareng keluarga tahun ini yang paling berkesan yaitu ke Malang, karena tujuan ke Malang untuk melihat Batu Secret Zoo sudah ada dari tahun-tahun lalu, tetapi karena tiketnya mahal untuk bisa pergi berempat, jadi sering tertunda.Alhamdulilah tahun kemarin, kesampaian juga, anak-anak senang bisa menikmati liburan dan melihat binatang-binatang yang tentunya jarang bisa dijumpai sehari-hari.

Tahun 2014, belum pernah lagi beli Logam Mulia, sepertinya tahun ini harus dimulai lagi, bisa cicil di pegadaian atau bisa langsung beli di Antam, buat tabungan pendidikan anak-anak, atau mau naik haji kan katanya.

Aset properti, alhamdulilah nambah satu lagi, jadi ceritanya, rumah adik saya, yang bersebelahan dengan rumah saya juga yang saya beli dari jaman saya belum menikah, saya beli dengan meminjam uang ibu saya.Dari pada dijual ke orang lain hanya ditawar dibawah 100 juta rupiah.Rumah dengan tipe 36, luas tanah 72 M2, lokasi di Cibarusah, Cikarang, Bekasi. Saya hanya berniat membantu adik saya, karena dia ingin melunasi cicilan apartemen casablanca east residence, agar tidak terlalu banyak cicilan setiap bulannya.Selain cicilan rumah yang dia tinggali sekarang, ada lagi cicilan mobil, kebayang deh pusingnya tiap bulan kayak apa, belum lagi bayaran sekolah anak-anak, les anak-anak, jemputan sekolah, kebutuhan sehari-hari, yaaa semoga dipermudah rejekinya dan dilancarkan semuanya untuk saya, dan adik-adik semua.

Jadi, saya janji akan membayar hutang ke ibu saya dalam jangka waktu dua tahun, berharap dapat uang dari hasil sewa apartemen kalibata dan kontrakan rumah petak, semoga dilancarkan ya Allah.

Ngeblog? sering angot-angotan…heehe… padahal teman-teman lain juga banyak yang sibuk, ngurus kerjaan,ngurus suami dan anak, tapi tetap rajin ngeblog dan ikutan acara-acara kopdar lainnya,ikuta lomba-lomba, Ngiri deh…heehehehe.. ngiri tinggal ngiri aja, ngga papa lah ngiri sama yang positif kan? ayo ah semangat tahun 2015, lebih banyak acara yang bisa saya datangi, tergantung ijin dari anak-anak dan suami tentunya.

Kalau dilist, resolusi apa aja sih buat tahun 2015 ini,dan menurut saya resolusi atau keinginan itu harus ada, agar kita bisa semangat dalam mencapainya, katanya kalau asal hidup,monyet juga hidup, jadi apa yang membedakan kita dengan monyet? kita sebagai manusia yang punya akal dan budi pekerti, seharusnya bisa selalu semangat untuk melakukan sesuatu yang bisa membuat kita bermanfaat buat orang banyak, khususnya buat keluarga tentunya.

Daftar keinginan di tahun 2015 diantaranya yaitu:

bisa mengaji tiap malam, bisa olah raga renang rutin, bisa melunasi hutang ke ibu saya, walaupun target lunas tahun 2016, tapi kalau bisa lunas lebih cepat kan lebih bagus dong ya?, bisa nambah invest logam mulia, tabungan pendidikan di CIMB Niaga, kebetulan sudah daftar mulai 15 Jan 2015, setiap bulan 300 ribu dipotong dari tabungan selama 3 tahun.Selain invest di Reksadana yang juga tiap bulan dipotong otomatis di bank Commonwealth dan bank Mandiri, semoga bisa terus sampai usia pensiun dan mendapatkan hasil yang maksimal dan bermanfaat nantinya.

Terus belajar menjadi istri dan orang tua yang baik buat keluarga, belajar bisa mengendalikan amarah dan bertambah kesabaran dan ilmu parenting.

Aamiin, kabulkan ya Allah

Read Full Post »

Vanya2V

Mom of Rhapsody

cerita si nina

here and now, i only have words to tell you!

backpackology.me

An Indonesian travelling family, been to 25+ countries as a family. Author of several travel guide books and travelogue. Write travel articles for media. Strongly support family travelling | travelling with baby/kids. .

phdmamaindonesia

stories of womanhood and ideas for Indonesia

pacarkecilku

"Jika kau punya cerita, bagilah dengan kata-kata. Jika kau punya kerinduan, kenanglah dengan pertemuan"

Macangadungan

Sketchbook , Dreams, Beer, and all other stuffs.

falafu.wordpress.com/

Tuhan tidak pernah bimbang, selalu seimbang..

Wiwin Hendriani

Berbagi Karya, Berbagi Cerita

YSalma

Jejak Mata dan Pikiran

Fitri Ariyanti's Blog

Mengolah Rasa, Menebar Makna

Oerleebook's Situs

Kumpulan data-data artikel menarik, inovatip, mendidik. dari berbagai sumber

Nata Riawan | Bali Animator Illustrator Graphic Designer

Desain Grafis bukan sekedar Print Art Paper

tarjiem

Jasa Penerjemah Inggris Indonesia

My Idea My Imagination

About me, about my inspiration, about my imagination