Feeds:
Pos
Komentar

Archive for Agustus, 2011

Kenalilah Orang Tuamu

Baru selesai telpon ke rumah orang tua, dan bicara denga Ibu saya, disela-sela obrolan, tiba-tiba selalu ada sesuatu hal yang membuat saya kesal, entah itu dari cara bicara yang ketus, atau juga pikiran negatif yang diungkapkan beliau. Dan setelah tutup telpon, dalam batin saya bergejolak, kenapa ya ibu saya itu sering membuat saya kurang sabar menghadapi omongannya, dan saya langsung teringat, bagaimana ya nanti hubungan saya dengan anak perempuan saya, apakah anak saya bisa mengerti saya, apakah dia bisa sayang terus terhadap saya, apakah dia bisa memaklumi saya sebagai ibunya yang telah melahirkannya? sungguh, saya menyesal dan harus lebih sering bersabar menghadapi orang tua saya, mereka pun manusia biasa, ada kekurangan dan kesalahan, tetapi janganlah kita fokus terhadap kekurangan dan kesalahan mereka, tetapi fokuslah pada kebaikannya.

Maafkan saya Ma’ dan Ayah, kalau selama ini saya kurang perhatian dan kurang banyak membantu, ingin sekali membahagiakan mereka, ingin sekali menghajikan mereka, ya Allah, berikanlah mereka kesehatan, tambahkanlah iman mereka, sayangilah mereka dan apabila Engkau panggil, panggilah dengan husnul khotimah, Aamiiin….Ya Rabb…

Terharu baca postingan pak Jamil di blognya, tentang Kenali Orang Tuamu, sempat berlinang bila mengingat bahwa saya masih punya orang tua, masih diberi kesempatan untuk berbakti terhadap mereka, jadi manfaatkanlah waktu yang ada, apalagi mereka sekarang sudah tua tetapi masih saja direpotkan untuk urusan cucu-cucu dan kebutuhan anak-anaknya.

Kenali Orang Tuamu

By jamilazzaini ⋅ August 25, 2011 ⋅ Post a comment
 

Banyak orang yang tinggal di Jakarta tetapi belum pernah ke Monas. Banyak orang yang tinggal di Bogor tetapi belum pernah ke Kebun Raya. Banyak pula orang yang tinggal satu rumah dengan orang tuanya tetapi dia tidak mengenal baik siapa orang tuanya. Karenanya, agar suasana “sungkeman” saat Hari Raya nanti lebih bermakna, kenalilah dengan baik siapa orang tua Anda.

Setiap orang memiliki kelemahan, termasuk orang tua kita, namun fokuslah selalu pada kebaikannya. Ibaratnya jika baju putih bagian sakunya ternoda tinta hitam, maka jangan hanya memperhatikan noda hitamnya. Bukankah bagian lain yang berwarna putih jauh lebih banyak? Jadi, walaupun orang tua kita memiliki kekurangan namun fokuslah pada kebaikan-kebaikannya.

Mari kita mulai menyelami kebaikan-kebaikan dari ayah kita. Bayangkanlah wajahnya. Dia adalah sosok lelaki yang rela berjuang bermandi keringat demi kehidupan keluarga agar lebih bermartabat.

Sesekali ia jatuh sakit karena lelah mengumpulkan rupiah demi rupiah untuk menafkahi anak dan istrinya. Suatu waktu ia juga pernah meminjam uang demi kelangsungan hidupmu. Ia harus banting tulang untuk menyekolahkanmu. Ia pernah menanggung malu karena ulahmu. Ia terus menjagamu dan merawatmu walau kadang kau menyakiti dengan kata-kata dan tindakanmu.

Sekarang bayangkanlah perjuangan ibumu. Berbulan-bulan, ia membawamu di dalam perutnya kemanapun ia pergi. Ia bertaruh nyawa ketika melahirkanmu. Tatkala orang lain terlelap, ia rela bangun malam menyusui dan mengganti popokmu. Manusia mana yang bersedia merawatmu hingga berbulan-bulan tanpa pernah mengeluh kecuali ibumu?

Saat kau berulah dan menangis, ia dengan sabar merayumu, menggendongmu dan juga mengusap rambutmu. Ketika kau sakit tak berdaya, dengan setia dia menemanimu, menjagamu dan merawatmu. Ia rela kehilangan waktu berharganya demi mendampingimu.

Kini kedua orangtuamu telah renta atau bahkan beberapa dari kita sudah tak memilikinya. Bagi Anda yang sudah ditinggalkan orang tua doakanlah mereka selalu. Bagi mereka yang beruntung masih memilikinya, sekaranglah saat yang tepat untuk membahagiakan mereka walau dengan cara yang sangat sederhana.

Ayo kenalilah orang tuamu dengan mengingat semua kebaikannya. Saat Hari Raya nanti haturkan sungkem dengan penuh kedalaman cinta. Ucapkanlah terima kasih dan permohonan maaf karena sampai kapanpun kita tak akan mampu membalas kebaikannya…

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter: @jamilazzaini

Iklan

Read Full Post »

Iseng Level Tinggi

” Kamu ngapain emangnya nulis-nulis di tembok?” tanya saya kepada asisten di rumah, si Ros, anak ABG dari Sukabumi, yang tiap menit hpnya berbunyi, entah itu sms atau dering telephone, kalah deh selebritis…” saya iseng aja, bu” kata dia. Gimana ga mau marah ya?… tembok dijaga biar bersih, anak saya si Dammar aja pernah coret-coret tembok pas selesai di cat, pakai spidol dan tidak bisa hilang,.. saya marah ke dia, dan ini, asisten di rumah yang bekerja belum ada setahun, tetapi sudah lancang berani nulis-nulis di tembok rumah orang. Tau ga apa yang ditulis dia, ” Tolong ya, rumah ini ada orang nya jadi jangan disita, makasih”, coba ya itu?? apa maksudnya dia nulis-nulis kayak gitu, kebayang kalau ada teman yang main ke rumah, dan pas si teman baca, pasti dia pikir macam-macam kali ya?

Lalu saya minta dia bersihkan tulisan di tembok itu, sekalian coretan-coretan si Dammar di tembok dekat kamar, tetapi ada yang bisa hilang, ada yang tidak bisa. Sepertinya dia memang kurang kerjaan atau apa ya.. bingung juga, saya ga ngerti jalan pikirannya si Ros ini, pernah juga beberapa waktu sebelumnya, saya lihat ada stiker “Sedot WC” di kaca belakang mobil Gran Max saya di garasi, waktu itu saya sedang bersih-bersih, lalu saya lihat, ada stiker tersebut, dan sepertinya, mobil sudah lama jarang dipakai keluar, agak susah kayaknya kalau ada orang yang menempel stiker itu, karena biasanya kan di pagar atau di tembok luar rumah kita. Saya panggil si Ros,.. dan tanya, tau ga, kok bisa ada stiker ini di kaca mobil ya? dan dia jawab,” iya bu, saya yang tempelin”…. hhhaaaahhhh???? saya ga ngerti deh ini anak, isengnya betul-betul tingkat tinggi, segala stiker sedot wc ditempelin di mobil orang… besok-besok, jangan-jangan stiker jual rumah, atau iklan-iklan dia tempelin lagi.

Setelah tulisan itu, saya langsung kasih pekerjaan yang banyak ke dia, saya ambil vacum cleaner, minta dia sedot sofa-sofa dan karpet, juga bangku makan minta dia sedot juga, ngelap-ngelap lemari, bersihin kamar mandi, dan lain-lain, biar dia ga ada waktu untuk iseng-iseng lagi.

Dan, satu hal lagi yang bikin saya gemes , dia pernah pergi dengan supir yang naksir dia, dan si supir itu sudah punya anak istri, saya sudah sampai rumah, tapi dia belum pulang-pulang juga, mbak Isah di rumah sendirian, katanya sudah di sms-in, tapi ga dibalas-balas. Sejak itu, dia saya larang untuk pergi keluar dengan si supir itu, eh sabtu lalu dia pergi lagi, pas saya pergi, kata mbak Isah dia pergi juga, lalu ga lama saya pulang, dia pas pulang juga, trus, saya tanya, ” dari mana kamu?” , katanya,” jalan-jalan aja bu, tapi bener kok bu, saya ga pergi sama Prabu (si supir), kan ibu bilangnya jangan pergi sama Prabu, jadi saya perginya ga sama Prabu tapi sama cowok lain” jawab dia. Saya cuma geleng-geleng sambil berpikir” yach.. namanya ABG, dan bentar lagi juga dia pulang kampung, ga balik lagi, juga ga papa deh.. saya ngeri sama keisengannya dia, ga pernah tau kan, dia bakalan iseng apa lagi nantinya.

Nah,.. itu photo si Ros waktu ikut kita liburan ke Hotel Seruni di Puncak.. anaknya lumayan manis, makanya banyak yang naksir, dan katanya nanti mau dinikahkan pas pulang kampung.

Read Full Post »

Waspada Saja Tidak Cukup

 
Menyeberang di jembatan penyebrangan satu-satunya di depan Ratu Plaza, Jl.Sudirman, adalah kegiatan sehari-hari orang-orang yang bekerja di seputaran Senayan. Pemandangan yang kita temui  selain pengemis yang selalu stand by, ada pedagang asongan,ada juga orang minta sumbagan pakai amplop dari yayasan antah barantah, setiap hari lho,.. tidak pernah absen, kurang tahu juga kalau hari libur ya? Kapan-kapan saya survey deh.
 
Selain harus hati-hati, kita juga harus sering menunduk, karena jembatan yang tidak rata, banyak paku-paku jembatan yang lepas,menganga seperti sengaja menunggu sepatu/sandal orang yang akan dia jepit,  Kemarin, tepatnya 18 Agustus 2011, sehari setelah hari Kemerdekaan bagi rakyat Indonesia, di pagi hari, kala semua orang bergegas untuk sampai di tempat kerja, ada satu kejadian, teman satu kantor saya, jatuh di tangga penyebrangan depan Ratu Plaza, karena tersandung seng yang terbuka tersebut, lalu jatuh, dan mulutnya berdarah, teman saya itu memaksakan untuk datang dulu ke kantor, agar bisa melihat lebih jelas kondisinya, tetapi karena darah yang terus mengucur, lalu teman saya diantar oleh teman yang lain yang kebetulan sudah datang, diantar ke rumah sakit terdekat, dan oleh dokter, diambil tindakan untuk dijahit karena ada robek di mulutnya.
 
Sebagai warga DKI Jakarta, yang mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan keluarga, selain sudah dipotong pajak penghasilan setiap bulan, apalagi sekarang menjelang lebaran, kita juga dapat THR, pajak THR yang perhitungannya lebih besar dari pajak penghasilan bulanan, belum lagi setiap beli barang, kena PPN, beli makanan di restauran kena Pajak Daerah, rumah yang kita tinggali harus bayar PBB, pajak Kendaraan, apalagi kalau pensiun dari pekerjaan, sudah tidak bekerja lagi, uang pensiun dipotong pajak juga.
 
Tetapi apa yang kita dapat? Terlalu muluk mungkin ya kalau saya berharap biaya sekolah gratis, rumah sakit gratis? Seperti teman saya itu, berjalan di jembatan penyebrangan saja, tidak cukup hanya waspada terhadap orang jahat, tetapi harus sering menunduk dan lebih berhati-hati karena fasilitas umum yang membahayakan.
 
Saya sebagai pengguna jembatan penyebrangan tersebut, amat sangat berharap bahwa fasilitas umum harus lebih diperhatikan keamanannya bagi pengguna jalan.
 
Salam, 

Anita Yuniar

Ibu bekerja yang setiap hari lewat jembatan penyebrangan.

Sudah kirim ke opini pembaca Kompas dan surat pembaca Detik.com ( belum tahu dimuat apa tidak)
  
 

Read Full Post »

Dalam beberapa tahun belakangan ini, setiap menjelang lebaran, saya selalu menjual kue kering bikinan teman saya, dan ada beberapa yang tahun lalu memesan, tahun inipun ikut memesan lagi, karena harganya yang ga terlalu mahal, rasapun cukup enak.

Jadi, saya pesan lagi di teman saya itu, kue-kuenya, alhamdulilah laku semua, sekalian pesan buat sendiri juga, o iya plus tambahan ada produk frozen food, buat persiapan puasa dan lebaran, rasanya lumayan enak-enak, ada udang gulung, otak-otak, kaki naga udang, baso ikan, dan lain-lain. Pikir-pikir, dari pada freezer bekas jualan produk Kemfood dulu, ga terpakai, saya mau coba jualan produk frozen food seafood ini, di lingkungan tetangga sekitar,baru bikin brosur ketik sendiri, dan tadi pagi di omprengan ketemu mbak Yana, dia tanya, bawa apa, saya bilang, bawa pesanan frozen food buat pesanan teman kantor, lalu dia lihat, dan dia mau ikutan beli, Insya Allah nanti malam mau mampir ke rumah, alhamdulilah.. moga-moga aja teman-teman kantornya mbak Yana pada mau beli.

Namanya saya bikin “Sakura Frozen Food” sesuai sama alamat rumah di jl.Taman Sakura, dan rencana mau bikin spanduk nantinya dipasang di pagar samping rumah, biar orang pada lihat, ya minimal kan pengumuman,.. ini lho, saya jualan produk ini, gitu kan?

SAKURA FROZEN FOOD  100% HALAL  
Menyediakan beberapa jenis makanan:    
* Nugget Udang Rp.  21,000,-/500gr  
*Ekado Rp.  21,000,-/500gr  
*Keong Mas Rp.  21,000,-/500gr  
*Kaki Naga Udang Rp.  21,000,-/500gr  
*Stick Nugget Rp.  12,500,-/300gr  
*Lumpia Taiwan Rp.  21,000,-/500gr  
*Udang Gulung ( Ngo Hiong) Rp.  21,000,-/500gr  
*Ikan Gulung ( Ngo Hiong) Rp.  21,000,-/500gr  
*Ayam Gulung ( Ngo Hiong) Rp.  25,000,-/500gr  
*Otak-otak Rp.  21,000,-/500gr  
*Tempura Taiwan Rp.  21,000,-/500gr  
*Baso Ikan Rp.  33,000,-/500gr  
*Baso Ikan Isi Rp.  35,000,-/500gr  
     
Tanpa Pengawet & Formalin  
Pesan ke : 0815-9997030/021-99955760                                Taman Galaxi Indah, Jl.Taman Sakura III Blok L 3 No.12, Bekasi Selatan  

Yang mau pesan, buat tambahan lauk sahur atau persiapan lebaran, silahkan.. dijamin tidak mengecewakan rasanya, nagih.com deh pokoknya.

Read Full Post »

Vanya2V

Mom of Rhapsody

cerita si nina

here and now, i only have words to tell you!

backpackology.me

An Indonesian travelling family, been to 25+ countries as a family. Author of several travel guide books and travelogue. Write travel articles for media. Strongly support family travelling | travelling with baby/kids. .

phdmamaindonesia

stories of womanhood and ideas for Indonesia

pacarkecilku

"Jika kau punya cerita, bagilah dengan kata-kata. Jika kau punya kerinduan, kenanglah dengan pertemuan"

Macangadungan

Sketchbook , Dreams, Beer, and all other stuffs.

BLOG BELALANG CEREWET

dicatat biar awet

falafu.wordpress.com/

Tuhan tidak pernah bimbang, selalu seimbang..

Wiwin Hendriani

Berbagi Karya, Berbagi Cerita

YSalma

Jejak Mata dan Pikiran

Fitri Ariyanti's Blog

Mengolah Rasa, Menebar Makna

Oerleebook's Situs

Kumpulan data-data artikel menarik, inovatip, mendidik. dari berbagai sumber

Nata Riawan | Bali Animator Illustrator Graphic Designer

Desain Grafis bukan sekedar Print Art Paper

tarjiem

Jasa Penerjemah Inggris Indonesia

My Idea My Imagination

About me, about my inspiration, about my imagination