Feeds:
Pos
Komentar

Archive for April, 2017

Sejak mulai bekerja di section 2 setahun lalu,  yang diantaranya menangani Disaster Management, saya mulai mengenal dan aware terhadap segala sesuatu info yang berkenaan dengan bencana, persiapan menghadapi bencana, dan event-event yang diadakan.

Tanggal 26 April, BNPB menetapkan hari itu adalah Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional, dan sebelum tanggal tersebut, sudah banyak kegiatan yang diadakan oleh para instansi-instansi yang ikut serta meramaikan program tersebut. Dengan hashtag #siapuntukselamat, #hkbn #hkbn26april sudah mulai disosialisasikan ke masyarakat pengguna media sosial seperti twitter, facebook,instagram dan lain sebagainya.

Acara Simulasi tanggap bencana diadakan serentak pada jam 10 pagi yang diikuti dari beberapa daerah di Indonesia, dan saat itu, sebagai undangan saya menemani atasan saya yang diminta memberikan statement tentang pengalaman persiapan kesiapsiagaan bencana yang di Jepang ditetapkan pada tanggal 1 September.Semua orang yang ada di gedung harus ikut acara simulasi tersebut, semua harus berkumpul di titik aman dan halaman belakang gedung BNPB yang dijadikan tempat berkumpulnya orang-orang.

Rangkaian simulasi diadakan lebih kurang 30 menit, dimulai dari pengumuman ada gempa bumi, lalu contoh ada kebakaran gedung, dan proses penyelamatan salah seorang karyawan yang terjebak di lantai atas.Diikuti juga oleh pemadam kebakaran dan juga dari instansi PMI sebagai bagian dari instansi yang terkait penyelematan.

Acara simulasi ini terbilang sukses dan cukup menarik, karena para pekerja cukup total berperan seolah-olah terjadi kebakaran betulan.Setelah acara simulasi, dilanjutkan acara konferensi pers. BNPB mengundang banyak media baik dari TV, Koran, Internet dan Radio.

Sebelumnya hanya tau nama-nama pejabat di BNPB seperti bapak Kepala BNPB, pak Willem Rampangilei, dan kemarin itu saya bisa bertemu langsung dengan beliau, dan bos saya jadi paparazi dong, saya ngga tau kapan dia motret saya pas saya salaman dengan pak Willem.

Foto candid si bos pas saya lagi salaman sama pak Kepala BNPB

 

 

Berbagai kegiatan acara simulasi kesiapsiaggan bencana di halaman gedung BNBP tanggal 26 April 2017

 

Dan ini beberapa link laporan dari media yang mengcover berita acara tersebut.

 

http://news.okezone.com/read/2017/04/26/337/1677172/hari-kesiapsiagaan-bnpb-serukan-simulasi-evakuasi-bencana

http://www.netralnews.com/news/nasional/read/71536/26.april.ditetapkan.jadi.hari.kesiapsiagaan.bencana.nasional

https://news.detik.com/berita/d-3484145/bnpb-gelar-simulasi-penanggulangan-bencana

http://news.metrotvnews.com/read/2017/04/26/691586/bnpb-tetapkan-26-april-hari-kesiapsiagaan-bencana

Read Full Post »

Berbohong Demi Kebaikan

Waktu saya jalan-jalan ke Eropa, anak saya yang bontot udah pesan minta dibelikan jam tangan merk Seiko. Ok deh, dicoba lihat-lihat siapa tahu harganya lebih murah jauh dari pada harga di Jakarta. Ketika saya di Milano, Itali, sempat juga saya lihat di toko ada tuh jam Seiko, harganya sekitar  100 euro.Sempet galau juga sih, beliin ngga beliin ngga ya, tapi buat anak SD kelas 3 kayaknya kemahalan deh beli jam tangan harga jutaan gitu, belum lagi nanti ngga dijaga, hilang, rusak dll, jadinya males juga  beliin.Ternyata harganya juga ngga jauh lebih murah ya, kirain bisa gitu separoh harganya dari harga di Jakarta.

Sebelum pulang, kami transit dulu di Paris, dan mampir ke pertokoan, saya mampir ke toko pernak pernik souvenir , lucu-lucu barangnya ada hiasan-hiasan, pulpen,frame,kaca mata, dan lain-lain.Dan saya menemukan jam buat anak-anak, harganya juga tidak terlalu mahal sekitar 200 ribuan kalau dihitung harga Rupiah.Saya putuskan, beli saja deh, lumayan buat nambahin oleh-oleh anak-anak.

Beberapa waktu lalu, anak saya, Alifa cerita waktu dia  di sekolah, temannya ada yang tanya, beli jam itu di mana, dan dalam hati anak saya, kalau dia bilang beli di Paris, takut dikira sombong, pamer dan lain-lain, akhirnya dia cuma jawab,”mamah aku yang beliin, ngga tau beli di mana”. Saya setuju banget waktu dia jawab seperti itu,” iya Nak, lebih baik kamu berbohong demi kebaikan, dan lebih baik merendah, ngga boleh sombong dan pamer, mamah bangga sama kamu, kamu bisa berempati terhadap teman yang belum tentu bisa jalan-jalan atau beli jam di luar negeri, walaupun anak saya juga belum ada yang pernah jalan-jalan ke luar negeri.Saya sendiri bisa pergi ke luar negeri pertama kali itu waktu usia saya 30 tahun, ikut program persahabatan pemuda Indonesia Jepang ( Youth Friendship Program) dari JICA.Selama tiga minggu saya di Jepang, berpindah-pindah kota dari Tokyo,Osaka, Fukushima,dll, dan gratisan boook, Nikmat Tuhan mana lagi yang kau dustakan, yee kan?

Berharap anak-anak saya semua menjadi manusia yang punya empat tinggi terhadap sesama, senang menolong orang yang susah, dan tidak sombong.

Karena di atas langit itu ada langit, kalau kita merasa sudah kaya raya, ada kok yang lebih kaya, kalau kita merasa sudah pintar, ada kok yang jauh lebih pintar.

 

 

 

Read Full Post »

kartini movie 2017

kartini movie 2017

Saya berkesempatan dapat undangan acara nonton bareng film Kartini produksi Legacy Pictures dan disutradarai oleh mas Hanung Bramantyo.Sebagai bagian dari bloggers yang tentunya diharapkan bisa menyebarluaskan dan mengajak teman-teman semua untuk bisa menonton film Kartini ini yang cocok buat wanita dan juga buat pria khususnya, agar bagaimana bisa memahami penderitaan wanita dan memahami perjuangan wanita dalam mengangkat derajat wanita itu sendiri.

Pria tak luput dari wanita dalam kehidupannya, ya ibu, adik, kakak dan sodara, tentunya harus disayangi oleh para pria, jadi menurut saya film ini cukup bisa memberikan pandangan bagaimana perjuangan Kartini pada jaman dahulu.

Ada adegan yang membuat saya menitikan air mata terharu, di saat Kartini yang ingin melanjutkan sekolah di Belanda, sedangkan saat itu ayahnya sakit keras.Christine Hakim yang berperan sebagai ibu dari Kartini, sudah tidak diragukan lagi totalitasnya dalam bermain peran.Aktingnya membuat kami sebagai penonton terbawa dalam suasana haru dan menyedihkan.

Memang menjadi wanita amat berat tugas yang harus diemban, sebagai istri, kami harus bisa melayani suami dan menghormati suami dengan baik, sebagai ibu harus bisa mendidik anak-anaknya agar mereka bisa menjadi kebanggaan orang tua.Sebagai kakak perempuan, harus bisa memberikan contoh kepada adik-adiknya untuk bisa menjadi wanita yang bermartabat.

Tetapi sebagai perempuan, kami juga mendapatkan banyak kelebihan.Diberikan keistimewaan bisa mengandung, melahirkan, menyusui dan itu adalah anugerah yang tak ternilai harganya.Sebagai ibu, contoh aja surga di bawah telapak kaki ibu kan? Dan masih banyak lagi kelebihan dan keuntungan kami sebagai perempuan.

 

 

 

Read Full Post »

Kucing Nyasar

My daughter’s wish comes true ya, soalnya ada kucing nyasar ke rumah, dan ngga mau pergi-pergi.Anak-anak suka, dan malah sama Bapaknya anak-anak dibawa ke Pet shop, dimandiin, dibeliin makanan dan dibeliin pasir juga untuk tempat pupnya.Gimana coba? gimana si  mpus ngga malah betah di rumah? Dari dulu emang suami doyan banget sama binatang piaraan.Dari jaman sebelum nikah sama saya aja, di rumahnya ada ikan, ayam bangkok, burung.Setelah nikah, di rumah juga tetap ada burung, burung tekukur, burung kenari, burung parkit, rumah rame sama suara mereka.

Nah, anak-anak saya juga demen banget sama binatang, nih ya.. binatang yang sudah pernah jadi piaraan tapi sekarang tinggal kenangan: hamster, dipiara waktu anak saya usia balita, lalu kelinci, di saat usia anak-anak saya kelas masuk SD, dan seperti biasa ya anak-anak kan senengnya cuma buat main dan dilhat, tapi untuk urusan pup dan bersihin kandang, ya ujung-ujungnya orang tuanya yang beresin, suami saya sampai kena virus jamur di tangannya karena virus dari kotoran kelinci.

Sudah lama anak saya yang besar merengek minta beli kucing, katanya kalau bisa buat kado dia ulang tahun bulan Mei ini, dan berhubung adik saya juga punya kucing dan baru beranak, anak kucingnya dijanjiin buat anak saya, yang nanti usianya pas 3 bulan sekitar bulan Mei, jadi pas lah buat kado ulang tahun si Alifa.

Tapi nih ya, ada kucing nyasar, sering masuk ke teras rumah, dan sama anak saya yang kecil, dielus-elus, digendong, si mpus tenang aja tuh, ngga galak gitu,anak saya seneng dong, dan minta ijin buat miara kucing itu di rumah.

Dengan pakai perjanjian, harus mau bersihin kotorannya, mau kasih makannya, akhirnya si mpus putih menetap di rumah, ngga tau sampai kapan tuh.

Bulan depan, welcoming anak kucing dari adik saya, namanya Rangga katanya.

mpus putih yang nyasar ke rumah

 

Read Full Post »

Vanya2V

Mom of Rhapsody

cerita si nina

here and now, i only have words to tell you!

backpackology.me

An Indonesian travelling family, been to 25+ countries as a family. Author of several travel guide books and travelogue. Write travel articles for media. Strongly support family travelling | travelling with baby/kids. .

phdmamaindonesia

stories of womanhood and ideas for Indonesia

pacarkecilku

"Jika kau punya cerita, bagilah dengan kata-kata. Jika kau punya kerinduan, kenanglah dengan pertemuan"

Macangadungan

Sketchbook , Dreams, Beer, and all other stuffs.

BBC | Blog Belalang Cerewet

semua dicatat agar awet

falafu.wordpress.com/

Tuhan tidak pernah bimbang, selalu seimbang..

Wiwin Hendriani

Berbagi Karya, Berbagi Cerita

YSalma

Jejak Mata dan Pikiran

Fitri Ariyanti's Blog

Mengolah Rasa, Menebar Makna

Oerleebook's Situs

Kumpulan data-data artikel menarik, inovatip, mendidik. dari berbagai sumber

Nata Riawan | Bali Animator Illustrator Graphic Designer

Desain Grafis bukan sekedar Print Art Paper

tarjiem

Jasa Penerjemah Inggris Indonesia

My Idea My Imagination

About me, about my inspiration, about my imagination