Feeds:
Pos
Komentar

Archive for Juli, 2014

Kata hati itu memang ngga bisa dibohongi, begitu ada rasa ganjal, ngga sreg dan ragu, menurut pengalaman memang lebih aman untuk tidak dilanjutkan/dikerjakan.
Apalagi di bulan Ramadhan sekarang ini, kan kita sedang puasa, dan biasanya seperti mengaji, sholat tarawih, sholat sunah yang lain lebih banyak dilakukan, dan spiritualitas kitapun sedikit lebih baik ( harusnya tiap hari kayak gitu ya).Nah.. feeling ngga enak itu, beneran lebih cepat terdeteksi dan tanpa keyakinan atas pertolongan Allah, ngga mungkin banget juga.

Jadi nih, beberapa hari yang lalu, ada orang sms mau sewa unit apt,untuk hari ini juga buat sampai sebulan kedepan dan saya balas, ngga bisa mendadak, mungkin sabtu ini. Lalu saya berbalas sms sampai beberapa kali, awalnya sms pakai bahasa Indonesia, lalu dia bilang kalau dia orang Perancis yang sedang liburan dan pernah tinggal di Indonesia sebelumnya.Saya minta dia kirim data seperti passport atau tanda pengenal lainnya.Selama beberapa hari, dia sms tanya macam-macam.So far sih ngga curiga aneh-aneh, saya pikir, ya namanya juga calon penyewa pasti banyak yang dia mau tahu, dari lokasi, fasilitas,dan lain-lain.

Jumat malam, dia kirim data ke email saya sesuai permintaan saya sebelumnya, sebetulnya saya juga minta booking fee untuk kepastiannya, tetapi dia bilang, saya bayar cash saja pas bertemu, ok.. that’s fine for me.
Lalu setelah saya lihat id cardnya, karena memakai bahasa Perancis di tanda pengenal tersebut, walaupun saya tidak begitu mengerti, tapi ada tulisan tanggal 12 Juli 2013, lhoo kok sudah expired, pikir saya.Nah, perasaan saya langsung ngga enak, bangun tidur, saya jadi ragu-ragu sama orang ini, ngeri aja, karena orang asing, dan ktp nya kok expired gitu.Saya ingat punya temen yang pintar bahasa Perancis, Si Siwi teman SMP saya dulu sekaligus tetangga saya waktu tinggal di jalan Bangka, Jaksel.Saya kirim tanda pengenal itu ke dia, dan kata dia, itu ktp Perancis dan nama orang itu nama keluarganya adalah keturunan Arab Magribi, kalau di Indonesia, mereka sama persis dengan orang Nigeria, Maroko, Tunisia, mereka sering bikin ulah negatif di Indonesia.Walaaah… ragu-ragu saya makin menjadi dong ya????? akhirnya saya kasih tahu ke suami, dan kata suami juga begitu, ya udah, kalau ragu mending ngga usah deh.

Saya akhirnya sms ke orang ini, saya minta maaf ngga bisa datang dan ngga jadi nyewain, dibalas oleh dia,” lalu uang cash yang saya sudah siapkan ini, bagaimana? dan mengapa anda berubah pikiran secara cepat?” saya balas, kalau saya harus mengurus data untuk pemilu Presiden, dan hari ini adalah hari terakhir, dan memang saya pergi ke Kelurahan untuk kepentingan itu, #gagalgolputdemijokowi#. Waktu dulu pemilihan Presiden SBY, saya juga golput, tapi kali ini saya beneran ngga mau golput.

Jam 3 sore, dia sms lagi, sebelumnya saya juga sarankan dia datang saja ke kantor pemasaran di sana, biasanya mereka ada unit yang tersedia, dan dia sms, katanya sudah ke kantor pemasaran, tetapi disuruh menunggu satu bulan lagi.Saya bingung, kok tumben banget kantor pemasaran ngga ada stok kamar, biasanya banyak.Lalu saya telpon ke salah satu orang marketing yang saya kenal, saya kasih tahu, ada orang bule yang mau sewa ke saya, tetapi saya ngga bisa datang, terus saya saranin ke kantor pemasaran aja, dan kata mbak Ely, ” iya mbak, tadi ada orang bule, katanya dia bisa 5 bahasa ya, bahasa Indonesianya juga lancar, tapi kita tolak mbak, kan kita selektif juga”, Lho, kenapa? tanya saya, ” iya orangnya serem mbak, kayak teroris gitu, rambutnya gondrong, brewokan, dan dia maksa mau sewa hari ini juga, trus ditanyain passportnya, bilangnya nanti-nanti melulu, jadi supervisor saya juga udah kasih tau, disuruh tolak aja, dan kita bilang kalau sekarang penuh, jadi datang aja satu bulan lagi, gitu mbak”.

Alhamdulilah, ternyata feeling saya benar, semua atas ijin Allah dan perlindungannya, itulah kan, kalau ragu-ragu mending jangan, dari pada menyesal nantinya.

Sama halnya dengan pemilihan pasangan hidup, sebelum saya menikah, ada dong pastinya beberapa cowok yang pernah dekat, dan ya gitu deh, ada aja yang bikin kita ragu atau cowoknya yang ragu sama saya..hahahaha.Pernah ada salah satu kenalan, dia ngakunya kerja di Swedia, tetapi sering ke kantor cabang di Indonesia, oh iya, yang ini kenalannya lewat internet, pertama kali bertemu, dia datang ke kantor, sekalian makan siang, orangnya cerewet abis, gayanya sok kayak orang bule, dan sok kepe-dean banget kalau saya bakal jadi bininya, baru juga ketemu sekali dan biasa kan kesan pertama itu, akan langsung jadi penilaian penting buat saya.Dia maksa untuk datang ke rumah saya esok harinya, dan makan siang lah di rumah sama-sama dengan orang tua saya.Cowok ini beneran pede banget, dia bilang ke Ibu saya,” nanti kalau saya jadi suaminya adis, gaji saya semua saya kasih ke dia, biar saya seadanya aja, kan kalau di luar negeri, saya sudah dapat semuanya, dapat mess, dan makan dari kantor, kata dia.Sebagai orang tua yang memang ingin sekali anaknya punya jodoh ( secara ya saya agak telat nikah dibandingkan kedua adik perempuan saya yang sudah lebih dulu menikah), ibu saya sih senang-senang aja ada cowok yang lagi dekat sama anaknya apalagi sepertinya serius.Tapi kan yang ngerasain saya, saya kurang sreg dan ngga gitu suka sama cowok yang bawelnya minta ampun, saya kayak orang bego ngga sempet ngomong kalau sama dia, padahal aslinya saya itu cerewet abis, dan itu nurun ke anak saya sekarang…hehehe

Ngga lama berselang, dia sering di luar negeri, jadi saya cuma berkesempatan ketemu hanya dua/tiga kali, saya lupa.Ada seorang perempuan, telpon ke rumah saya, dia memperkenalkan diri, dia itu pacarnya Shandy, dan terus terang sih, karena saya juga jarang ketemu dengan Shandy dan saya juga saat itu sedang pdkt dengan orang lain ( yang sekarang jadi suami), jadinya saya ngga gitu perduli dengan kabar nih cowok, eh kaget juga sih waktu nih cewek ditelpon cerita, katanya dia dapat nomor telpon saya dari disket yang dia ambil dari tasnya Shandy, katanya di disket tersebut banyak nomor-nomor telpon perempuan, dari sekian banyak yang dia hubungi, banyak yang pernah tertipu oleh Shandy ini, ada yang sampai menikah, lalu punya anak, dan ditinggal, ada yang dijanjikan dilamar tapi tidak datang-datang, termasuk dengan si mbak yang nelpon saya ini, dia mengaku kalau dia sudah persiapan lamaran, semua keluarga sudah datang, tapi si Shandy ngga nongol-nongol batang hidungnya, hp nya mati, ngga bisa dihubungi sampai saat itu.

Ya Allah…Engkau sungguh baik pada saya, Engkau beri saya firasat dan perlindungan terhadap cowok ini, Alhamdulilah.Saya ikut bersimpati terhadap si mbak ini, dan sebagai sesama perempuan, saya merasa prihatin terhadapnya.Akhirnya saya menulis cerita kisah saya tersebut agar untuk berhati-hati terhadap cowok ini, eh ngga sangka cerita saya ini yang saya tulis di milis, jadi heboh, terus dibacain di radio swasta di Jakarta, yang lucunya, secara ngga sengaja, teman dekat saya pas denger radio, kok penyiarnya cerita soal kisah yang dia tahu, lalu teman saya langsung telpon ke saya, ” eh loe denger radio ini deh”, dan buru-buru saya setel radio, ternyata iya, itu kisah pribadi gueeee…dan langsung juga saya telpon ke radio tersebut, lalu on air deh, ” ini kisah saya, saya hanya mau berbagi informasi agar berhati-hati terhadap penipuan dengan alasan pernikahan”, itu kata saya waktu on air.

Sama halnya dengan pemilihan Presiden tanggal 9 Juli nanti, ikuti kata hati saja, diantara kedua calon, mana yang lebih cocok, agar tidak menyesal nantinya, kalau cari kesempurnaan pasti ngga ada yang sempurna, tapi dari kedua calon Presiden dan Wakil Presiden, bandingkan keduanya, mana yang menurut kita lebih bisa menjadi pemimpin yang dipercaya.

Salam dua jariSalam dua jari untuk Indonesia Hebat

Read Full Post »

Ma, aku lemess nih, sekarang, jam berapa sih? ( foto diambil dari cuteabis.com)

Ma, aku lemess nih, sekarang, jam berapa sih?
( foto diambil dari unyu.com)

Setelah menjadi orang tua, ternyata untuk mengajak anak berpuasa itu ngga gampang lho.Waktu Alifa SD kelas 1, saya sudah coba bangunin Alifa untuk makan sahur, tapi susah juga, dan pagi-paginya, dia bilang, ” kok, mama ngga bangunin aku sih?” naaah kan…

Adeknya yang bulan Juli ini akan jadi anak SD, saya juga coba bujuk untuk puasa, kata dia sih, “aku mau puasa ya Ma”.. ok ok kata saya.Dan sudah berkali-kali minum, kalau saya tegur, katanya, aku lupa mah.. dan ujung-ujungnya, Maah.. karena sering lupa, aku ngga jadi puasa ya Mah…halaaah.

Jadi inget waktu masa kecil saya, tepatnya sih ngga tau juga, kelas berapa saya mulai puasa full satu hari.Saya ingat waktu dulu, ngibul-ngibul atau nyuri-nyuri minum air segelas, terus magribnya ikutan buka puasa.Dalam hati.. iiih.. payah loe, dan nyesel juga, kenapa tadi ngga bisa nahan haus.

Hari pertama puasa, Alifa saya suruh coba puasa juga, dan ternyata jam 11 siang, dia nangis-nangis minta makan, ” maaaaaa…… aku lapar beneran ini..huaaahaaa….huaaaaaa…. Akhirnya ngga tega juga, karena dia baru selesai sakit DBD minggu lalu, dan kata suami saya, biar aja, orang lagi pemulihan sakit kok dipaksa puasa.

Ya udah deh, nanti pelan-pelan, saya coba bujuk lagi biar puasa sambung.Alifa yang makannya agak susah, seringnya nyemil-nyemil, jadi kan pas buka puasa, pasti lapar sangat.Niat saya sih, biar mereka nyoba puasa sampai siang dulu lah, terus lanjut puasa lagi,dan buka sampai magrib, tapi belum kesampaian juga sampai saat ini.

Saya sih ga maksa kok, apalagi katanya nih, Puasa tidak diwajibkan untuk anak-anak sampi dia balig berdasarkan sabda Nabi sallallahu’alaihi wa sallam:

رُفِعَ الْقَلَمُ عَنْ ثَلَاثَةٍ : عَنْ الْمَجْنُونِ الْمَغْلُوبِ عَلَى عَقْلِهِ حَتَّى يفِيقَ ، وَعَنْ النَّائِمِ حَتَّى يَسْتَيْقِظَ ، وَعَنْ الصَّبِيِّ حَتَّى يَحْتَلِمَ (رواه أبو داود، رواه 4399، وصححه الألباني في صحيح أبي داود)

“Pena diangkat (gugur kewajiban) dari tiga; Orang gila yang hilang akal hingga sembuh, orang tidur hingga bangun dan anak kecil hingga bermimpi (balig).”

(HR. Abu Daud, 4399 dishahihkan oleh Al-Albany dalam shahih Abu Daud)

Tapi Insya Allah sebagai orang tua yang ingin anaknya bisa belajar kewajiban yang diperintahkan oleh Allah, juga bisa membuat anak-anak dan kita sebagai orang tua menjalankan perintahnya dengan kualitas yang makin baik dari hari kehari.

Read Full Post »

Vanya2V

Mom of Rhapsody

cerita si nina

here and now, i only have words to tell you!

backpackology.me

An Indonesian travelling family, been to 25+ countries as a family. Author of several travel guide books and travelogue. Write travel articles for media. Strongly support family travelling | travelling with baby/kids. .

phdmamaindonesia

stories of womanhood and ideas for Indonesia

pacarkecilku

"Jika kau punya cerita, bagilah dengan kata-kata. Jika kau punya kerinduan, kenanglah dengan pertemuan"

Macangadungan

Sketchbook , Dreams, Beer, and all other stuffs.

BBC | Blog Belalang Cerewet

semua dicatat agar awet

falafu.wordpress.com/

Tuhan tidak pernah bimbang, selalu seimbang..

Wiwin Hendriani

Berbagi Karya, Berbagi Cerita

YSalma

Jejak Mata dan Pikiran

Fitri Ariyanti's Blog

Mengolah Rasa, Menebar Makna

Oerleebook's Situs

Kumpulan data-data artikel menarik, inovatip, mendidik. dari berbagai sumber

Nata Riawan | Bali Animator Illustrator Graphic Designer

Desain Grafis bukan sekedar Print Art Paper

tarjiem

Jasa Penerjemah Inggris Indonesia

My Idea My Imagination

About me, about my inspiration, about my imagination