Feeds:
Pos
Komentar

Archive for Agustus, 2013

Faktor “U dan ART”

Sejak ditinggal pembantu pulang kampung, dari seminggu sebelum lebaran, saya dan suami sudah mulai berjibaku lagi.Saling membagi pekerjaan, kalau urusan dapur, biasalah itu tugas saya, walaupun tidak ada peraturan secara tertulis sebenarnya.
Dari mulai cuci piring, menghangatkan sayur/lauk, memasak nasi, menyiapkan makan di meja makan dan lain-lain yang berhubungan dengan urusan dapur.
Sehari, dua hari tidak terlalu terasa lelah, tetapi sejak lebaran, kaki saya mulai kembali terasa nyeri apabila berjalan.Dan pinggang serasa mau patah, kulit jari tangan kasar karena sedikit-sedikit cuci piring, cuci gelas, dan cuci-cuci perlengkapan dapur.
Memang, ternyata kalau ditinggal pembantu, terasa sekali pekerjaan mereka memang cukup melelahkan, apalagi dibandingkan saya yang hanya lebih banyak duduk di kantor, di jalanpun duduk di mobil angkutan/omprengan.

Penderitaan saya dimulai ketika saya sudah mulai harus masuk kerja,harus memikirkan menu makanan, menu bekal anak, menyiapkan sarapan, lalu saya pulang kerja, harus lagi memanasi makanan, lalu siap-siap untuk makan malam.
Setelah makan malam, masih harus mencuci piring dan teman-temannya, boro-boro mau mengajari anak-anak mengerjakan PR atau membacakan dongeng buat mereka? saya lebih banyak malah marah-marah, karena badan yang sudah lelah, melihat kamar yang penuh dengan mainan anak-anak, belum lagi selimut bertebaran sebagai alas tempat main anak-anak.Ingin rebahan di kasur, tapi kasur juga penuh dengan sisa-sisa makanan, atau mainan yang belum dibereskan.AAAAGGGGGGGHHHHHH….. sampai kapan harus begini terus? rasanya kok jadi menyiksa begini? sabar.. sabar.. sabar…

Sudah dua minggu lebih, mata bawah saya selalu kedut-kedutan, pernah dalam sehari berlangsung terus menerus, sampai saya tidak bisa melihat komputer, atau melihat cahaya.Saya coba googling, dan gejala seperti kedutan tersebut katanya sih disebabkan karena kelelahan atau stress…hehehehe…pasti lah gue stress.. gue lagi yang orangnya gampang mikirin macam-macam, gampang stress juga.Satu lagi selain karena kelelahan atau stress, juga karena faktor penuaan..hahahahhaha.. it’s because of aging booo.. aging….memang musti sadar diri ya, umur sudah kepala 4 dari dua bulan lalu, pasti ada aja onderdil yang mulai aus, apalagi pola hidup kayak saya gini, jarang olah raga, banyak makan gorengan, lemak, dll yang tidak sehat.

Alhamdulilah akhirnya sudah dapat asisten rumah tangga, pakai satu orang dulu saja, karena sebelum-sebelumnya saya selalu pakai dua orang, tetapi sekarang karena saya pikir, anak-anak juga sudah mulai besar, dan sekalian mengajarkan mereka untuk sedikit lebih mandiri dari sebelumnya.Kebiasaan anak-anak, apa-apa pasti minta dilayani, dari mulai ambil minum, bikin susu, makan juga disuapin, atau beresin mainannya.Malahan anak-anak juga tidak berani ke wc sendirian, mau pipis atau pup selalu minta ditemani, sampai sekarang masih belum berubah.
Jadi saya pikir, sudah waktunya untuk punya pembantu satu saja, walaupun akibatnya saya juga masih pontang panting kalau pagi-pagi, karena pembantu masih baru, jadi masih belum mengerti gaya dan kebiasaan kita di rumah, apalagi kalau bangunnya agak telat… wadoooowwww….terbirit-birit ngga karuan pokoknya.

Masalah soal pembantu selesai, eh tapi nih, si pembantu ini seneng banget pakai baju ketat-ketat gitu, malah nih hari pertama kerja, dia pakai celana pendek jeans setengah paha gitu, yang kalau artis-artis pada pakai itu…Masya Allah…kaget dan risih kan lihatnya? apalagi dengan polosnya, anak saya yang kecil, tanya langsung ke si mbaknya,” mbak kok pakenya celana pendek?” eh dijawab ama si mbak, “iya kalau pergi pakai celana panjang kok”, dan hari itu juga saya beli celana hawai ukuran selutut dua buah, dan minta dia jangan pakai lagi celana pendek itu.
Alhamdulilah sih nurut dianya, ngga pakai celana pendek itu lagi, tetapi kaos dan celana panjangnya juga ketat seperti legging orang mau senam itu, ya tetap aja itu ceplakan bentuk pantatnya kemana-mana.. hadeeuuuuhh… tolooonggg….gimana ini? apalagi di rumah kan ada suami saya yang bukan muhrimnya dia, dan status dia itu yg ngga jelas, katanya sudah pisahan sama suaminya, dia kabur karena mertunyanya menyuruh cerai terus, akhirnya dia kembali ke rumah orang tuanya di Serang, begitu cerita dia, tapi ngga tahu juga, benar apa tidaknya, hanya dia dan Tuhan yang tahu.

Karena masih banyak yang belum dapat asisten rumah tangga, contohnya adik saya si Iyus sampai sekarang belum dapat orang lagi, dan saya tanya ke penyalur, katanya gajinya untuk yang sudah pengalaman kerja, mintanya satu juta rupiah… ya ampun mahal juga ya sekarang gaji pembantu,mereka tahu karena dibutuhkan, lebih banyak calon majikan dari pada calon pembantu, ya akhirnya mereka pasang tarif tinggi deh, kalau yang orang tuanya bekerja, tidak ada pilihan kan, mau tidak mau harus pakai jasa pembantu.

Sementara ini saya bersyukur ada yang membantu pekerjaan rumah tangga deh, paling tidak, sakit di kaki saya agak berkurang, tetapi mata saya masih suka berkedut, walaupun tidak terlalu sering.Urusan pakaian, pelan-pelan saya kasih tahu lagi, dan nanti saya kasih pakaian buat dia yang lebih sopan.

Ada lelucon yang bilang,”sekarang nyari pembantu lebih susah dari pada nyari pacar”…hahahaha.. lucu-lucu aja aah.

Read Full Post »

Vanya2V

Mom of Rhapsody

cerita si nina

here and now, i only have words to tell you!

backpackology.me

An Indonesian travelling family, been to 25+ countries as a family. Author of several travel guide books and travelogue. Write travel articles for media. Strongly support family travelling | travelling with baby/kids. .

phdmamaindonesia

stories of womanhood and ideas for Indonesia

pacarkecilku

"Jika kau punya cerita, bagilah dengan kata-kata. Jika kau punya kerinduan, kenanglah dengan pertemuan"

Macangadungan

Sketchbook , Dreams, Beer, and all other stuffs.

BBC | Blog Belalang Cerewet

semua dicatat agar awet

falafu.wordpress.com/

Tuhan tidak pernah bimbang, selalu seimbang..

Wiwin Hendriani

Berbagi Karya, Berbagi Cerita

YSalma

Jejak Mata dan Pikiran

Fitri Ariyanti's Blog

Mengolah Rasa, Menebar Makna

Oerleebook's Situs

Kumpulan data-data artikel menarik, inovatip, mendidik. dari berbagai sumber

Nata Riawan | Bali Animator Illustrator Graphic Designer

Desain Grafis bukan sekedar Print Art Paper

tarjiem

Jasa Penerjemah Inggris Indonesia

My Idea My Imagination

About me, about my inspiration, about my imagination