Feeds:
Pos
Komentar

Archive for Januari, 2014

ATM Tertelan

Rasanya malas sekali berangkat ke kantor hari ini.Hampir seminggu ini, jalan tol macet terus.Pinggang sakit, dan hampir tiap hari datang terlambat.Saya kesal dengan suami tadi pagi, sudah jam 6, tapi masih belum siap, masih mandi dan bingung mau antar naik motor atau mobil.Karena hujan, saya maunya diantar naik mobil, tetapi dicari-cari kunci mobil tidak ketemu, dan diputuskan naik motor saja pakai jas hujan.Lalu suami bilang, ” ini hujan biasanya macet panjang, banyak mobil, nanti malah tambah lama”, saya jawab,” ya udah, naik motor aja, ngga papa.Eh, ngga lama, kunci mobil ternyata ada di kantong jaket suami, dan suami nanya lagi,” jadi mau naik mobil apa motor?” hadeuuuh… saya sangat kesal, karena dari kemarin datang terlambat, dan sepertinya saya juga sudah capek, setiap hari harus bermacet-macetan.Rasanya mau nangis saja saking kesalnya, karena sedang kurang enak badan, semalaman bersin-bersin terus, sisa minum obat semalam, masih terasa kantuk, tetapi saya tetap harus masuk kerja.

Hari ini, suami saya ada rencana mampir ke rumah ibu saya, karena ada oleh-oleh dari ayah saya yang baru saja pulang dari Bengkulu.Karena saya mau titip uang, saya mampir dulu ke ATM Mandiri dekat rumah, dan memang lokasinya saya lewati kalau mau naik omprengan.Saking sudah kesal, karena suami yang pakai acara mandi dulu, pakai acara kelupaan kunci mobil, dan pakai acara saya ambil ATM dulu.Tambah bete aja deh. Pagi itu, saya memakai jas hujan, dan tas ransel ditaroh di belakang, agak susah ambil dompet, lalu saya minta tolong suami yang mengambilkan dompet di tas saya.Setelah masuk ke ruang atm, saya ambil uang, dan langsung ngacir.

Pas jam makan siang tadi, saya baru sadar setelah buka dompet, kok sepertinya ada yang ganjil, ada yang hilang dari deretan atm dan kartu kredit yang biasa saya pajang di dompet saya.Deg-deg an deh, pasti itu atm ketinggalan di mesin atm tadi pagi, karena saking buru-buru mengejar waktu agar tidak terlambat lagi datang ke kantor.Saya hubungi call center bank Mandiri untuk meblokir kartu atm saya, dan saya langsung ke cabang bank mandiri di ratu plaza dekat kantor saya.

Ini pasti gara-gara kesal sama suami, makanya dihukum, hehehehe.. dan juga jangan ceroboh/terburu-buru di mesin atm, cek dan re-cek kembali sebelum meninggalkan mesin atm.
Alhamdulilah tidak ada transaksi yang dipakai orang lain, karena kejadiannya tadi pagi, sedangkan baru sadar setelah lewat jam 12 siang.

Iklan

Read Full Post »

lima sekawan
Untuk teman-teman seangkatan saya, pasti tahu deh novel Lima Sekawan.Lima Sekawan adalah grup fiksi dari detektif cilik – Julian, Dick, Anne dan George serta anjing mereka, Timmy. Mereka berlima sering terlibat ke dalam kasus-kasus menarik yang misterius serta melakukan petualangan yang menarik. Tempat yang menjadi latar belakang cerita Lima Sekawan kebanyakan adalah fiksi, seperti Pulau Kirrin yang menjadi lokasi harta karun pada seri pertamanya.

Zaman saya SD, saya hanya bisa membaca karena pinjam dari teman-teman yang punya.Orang tua saya tidak pernah membelikan buku cerita semacam itu.Yang saya ingat, Ayah saya pernah membelikan buku cerita, yaitu cerita Mahabarata dan Ramayana.

Teringat serunya saya membaca cerita lima sekawan, sampai-sampai terbawa mimpi bertemu dengan Julian yang ganteng itu, hehee.Malah ada teman SD, namanya Khaidir, teman-teman memanggil dengan nama Julian, karena postur tubuhnya yang tinggi, rambut agak kecoklatan, dan kulit putih, mirip sekali dengan Julian.Khaidir menjadi idola teman-teman perempuan di satu sekolah SDN kami dulu.Dan waktu Khaidir meninggal dunia, semua sekolah berduka, terutama para perempuan di sekolah kami.
Usia yang masih sangat muda, dan idola para perempuan karena mirip dengan Julian di cerita lima sekawan yang sedang trend saat itu.
Hebatnya buku ini dibuat dari tahun 1942 dan sudah berjuta kali cetakan dibuat.

Saya tentunya juga ingin menularkan ketertarikan saya terhadap novel lima sekawan ke anak-anak saya sekarang ini.Dan juga saya sudah lupa seperti apa ceritanya,saya mau baca lagi, karena saya bacanya acak-acakan tidak berurutan dan hanya beberapa, maklum,… namanya juga boleh pinjam dari orang lain.Sekarang, saya memang menyiapkan budget untuk membeli buku setiap bulannya, buat saya dan buat anak-anak saya.Saya ingin anak-anak saya gemar membaca dari pada mereka menonton tv atau bermain game di gadget atau komputer.Sudah menjadi bukti bahwa orang yang senang membaca akan lebih banyak ilmu yang bisa didapatkan dari pada orang yang malas membaca.Perintah Allah SWT terhadap Nabi Muhamad SAW, ” Bacalah”, maka dari itu, kita sebagai umat beliau, diwajibakan juga membaca.Tidak apa-apa deh, sekarang ini, anak-anak membaca apa saja yang mereka suka, saya tidak akan melarang.Mumpung ibunya dan bapaknya yang membelikan, jadi kita bisa saring buku-buku apa yang bisa kita berikan ke anak-anak kita.

Saya sudah pesan tiga seri novel Lima Sekawan di toko buku online,semoga ada stoknya, dan bulan depan Insya Allah bisa beli lagi, semoga ada rejeki, umur dan kesempatan.

Read Full Post »

hand in hand

hand in hand

Lirik lagu I LOVE YOU by Sofie, ini lagu favorit saya kalau karaoke, hehehe.

Since The Day We Met
It Seems Like Heaven Came To Me
I’ve Got This Funny Sense Of Humor
That Delibers Me

Is It Good Or Bad
That I Believe Each Word You Say
It Feels Like Nothing Can Go Wrong
In Your Company

I’m Honest
Not Untouchable
I’m A Woman But Not Weak
I’m Fighting For My Honour
And I’m Not So Quickly Pleased

I’m Honest
Not Untouchable
And I Don’t Like Second Touch
But I Know That Since A Day Or Two
It’s Getting Out Of Hand

I Love You …

Do One Know How I Know Your Name
It’s Wispered By The Breeze
And In A Certain Way It’s Hypnotizing Me
How Can You Size The Spaces
Between Love And Admiration
It Is Frightening
It Is Something I Can See

Still I’m Honest
Not Untouchable
I’m A Woman But Not Weak
I’m Fighting For My Honour
And I’m Not So Quickly Pleased

I’m Honest
Not Untouchable
And I Don’t Like Second Touch
But I Know That Since A Day Or Two
It’s Getting Out Of Hand

I Love You …
I Love You …
I Love You …

Di malam hari, 9 tahun lalu, saya begitu bersemangat, gelisah, dan khawatir, karena memang cuaca yang kurang bersahabat.Air banyak menggenang di jalan-jalan di Jakarta.Di rumah orang tua saya di Pondok Bambu pun sering masuk air dari ubin di dalam rumah,kalau hujan cukup deras, karena memang letak tanah yang cukup rendah, dan kesalahan pemasangan ubin di awal.

Hujan terus turun sepanjang malam, doa yang tak putus-putus agar bisa lancarnya acara pernikahan saya esok harinya.Alhamdulilah, tidak terjadi banjir, dan cuaca esok harinya cukup bersahabat.Saya menikah di kantor KUA, Pondok Bambu, Jakarta Timur.Hanya kerabat dekat yang hadir dalam acara ijab kabul.Ayah saya yang amat saya sayangi, juga ibu saya yang saya cintai, yang begitu khawatir kalau anak gadis nomor satunya tidak menikah, tidak tahan mereka mengeluarkan air mata haru karena akhirnya saya bisa menemukan tambatan hati.

Saya anak pertama, tetapi soal jodoh, saya dapat giliran menikah di urutan ketiga.Yang pertama menikah, justru adik saya yang nomor tiga, lanjut adik saya nomor 2 lalu giliran saya yang menikah tahun 2005, tepatnya 22 Januari 2005.

Yah begitulah yang namanya jodoh,mati dan takdir itu sudah menjadi ketentuan Allah SWT.Siapa bilang, usia lebih tua, berarti harus menikah duluan, dan yang umurnya lebih muda, meninggal belakangan?.Tidak ada yang tahu persis kapan akan meninggal dan kapan akan menikah, di usia berapa, semua itu adalah rahasia Tuhan, kita sebagai mahluknya hanya menjalankan proses kehidupan.Banyak sudah peristiwa, kenangan pahit, kenangan manis yang kita alami.Semua itu menjadikan kita harus banyak memperbaiki diri agar bisa menjadi hamba yang lebih baik dari hari ke hari.

Alhamdulilah ya mas, kita bisa melalui pernikahan sampai hari ini, masih jauh dari sempurna,saya masih belum bisa jadi istri dan ibu yang baik buat anak-anak.Tetapi saya akan terus belajar dan introspeksi agar bisa menjadi yang terbaik buat mas Eko dan anak-anak tercinta, Alifa dan Dammar.
Amat berharap bisa menjadi ibu ideal di mata anak-anak, dan istri yang penuh empati kepada suami.Walaupun yang capek siapa, tapi yang minta pijit siapa..hahaha.Rahasia nih, soalnya suami yang nyetir mobil, pegel dong pastinya, tapi sampai rumah, yang minta pijit itu biasanya saya, hehehe,maaf ya mas???

Sebagai hamba yang pasti akan bertemu dengan ajalnya suatu saat nanti, saya selalu berdoa agar bisa diberikan perbaikan dalam agama kami, kebahagiaan di dunia dan di akherat, kemudahan dalam segala urusan kami, aamiin ya Allah.

I love you…..
hand in hand

Read Full Post »

Ada orang pernah bilang kalau Jakarta itu akan tenggelam dan akan stuck macetnya begitu kita keluar dari rumah.Saking padatnya jumlah mobil yang bertambah setiap hari, padatnya penduduk, bertambahnya mall dan apartemen-apartemen/perumahan yang makin menjamur.

Tidak bisa dipungkiri, masalah banjir di Jakarta menjadi masalah yang terus menerus terjadi setiap tahunnya.Kalau dulu, banjir itu datang setiap lima tahunan.Sekarang boro-boro lima tahunan, setahun saja bisa berkali-kalii terjadi khususnya di daerah rawan banjir.Kampung pulo, daerah yang menjadi langganan banjir, sudah terbiasa mengalami kebanjiran setiap tahun.Relokasi sepertinya satu-satunya cara agar mereka bisa terhindar dari musibah banjir terus menerus.

Di era Jokowi-Ahok, saya rasa sudah mulai ada perbaikan sedikit-sedikit tetapi memang masalah ini menjadi masalah semua daerah bukan hanya DKI.Dari soal rekayasa cuaca, relokasi warga yang ada di bantaran kali,dan mulai diperbanyak taman-taman kota, adalah sebagian usaha tim Gubernur DKI.Semoga saja semua pihak dapat bahu membahu untuk mengurangi banjir yang selalu terjadi.

Jujur saja, di daerah rumah saya di Taman Galaxi, Bekasi Selatan, semenjak dipegang oleh PT.Agung sedayu Grup, makin banyak ruko-ruko dan rumah dibangun.Dan tanah yang dulunya kosong, bisa sebagai tempat peresapan, berubah menjadi ruko-ruko yang otomatis berkurangnya tempat resapan air.

Dalam tiga hari ini, hujan turun terus, rumah-rumah yang letaknya dekat kali kecil di daerah rumah saya, sudah kemasukan air, apalagi di daerah Taman Cikas, Pondok Timur Mas, katanya sudah hampir 1 meter di jalanan.Alhamdulilah rumah saya tidak kemasukan air, walaupun cukup membuat deg-degan, karena got dan jalan depan rumah, sudah hampir rata dengan teras rumah.

Yang kasihan ibu saya, beliau tinggal di Pondok Bambu, Jakarta.Hampir setiap hujan, air selalu masuk dari sela-sela ubin di dalam rumah.Awalnya dari ruang tamu, lama-lama dari kamar-kamar. Kemarin tidak sempat memindahkan semua barang-barang, jadi ada yang terkena basah.Memang sih airnya bersih karena bukan dari luar atau dari got depan rumah, tetapi namanya air masuk ke rumah, ya tetap saja capek buat menguras.Dikuras lalu kering, lalu hujan lagi dalam beberapa hari ini, terpaksa menguras lagi.

Musibah apapun yang menimpa kita, seharusnya membuat kita semakin introspeksi, bersabar, serta ikhlas atas kejadian yang menimpa kita.Masih banyak yang lebih susah dari kita.Mari kita berdoa dan memulai dari diri sendiri untuk berbuat lebih banyak seperti jangan membuang sampah sembarangan.

Semoga banjir yang mengepung Jakarta bisa lekas surut, dan aktifitas kembali berjalan normal.Kalau dipikir-pikir lucu juga ya? ibukota kok selalu kebanjiran? hehehe.

Salut buat Jokowi dan Ahok yang mau jadi gubernur DKI Jakarta, karena masalah Jakarta itu beratnya minta ampun lho, semoga mereka diberikan kesehatan, dan tetap bertanggung jawab menjalani amanah yang diembannya.

 

 

Read Full Post »

Ketika aku masih muda dan bebas berkhayal, aku bermimpi ingin mengubah dunia.Lalu seiring dengan bertambahnya usia dan kearifanku, kudapati bahwa dunia tak berkunjung berubah maka cita-cita itu pun agak kupersempit.Lalu kuputuskan untuk hanya mengubah negeriku.Namun, tampaknya hasrat itu pun tiada hasilnya.

Ketika usiaku semakin senja, dengan semangatku yang masih tersisa, kuputuskan untuk mengubah keluargaku, orang-orang yang paling dekat denganku.Namun, celakanya mereka pun tidak mau diubah!

Dan kini, sementara aku berbaring saat ajal menjelang, tiba-tiba aku sadari:” Andai saja yang pertama-tama kuubah adalah diriku sendiri, dengan menjadikan diriku sebagai panutan, mungkin aku bisa mengubah keluargaku.Lalu berkat inspirasi dan dorongan mereka, bisa jadi aku pun mampu memperbaiki negeriku.Kemudian siapa tahu aku bahkan bisa mengubah dunia.”

By Westminster Abbey, Inggris, 1100 M

So,sebagai orang tua, yang ingin sekali mempunyai anak-anak yang menjadi kebanggaan, dari mana mulainya? karena tidak ada manual book untuk menjadi orang tua. Dimulai dari diri sendiri, ubah kebiasaan-kebiasaan buruk, lambat laun anak-anak pun akan meniru kita.

Note:Self reminder

Read Full Post »

selamat ulang tahun KEB

selamat ulang tahun KEB

Genap satu tahun saya baru mengenal KEB.Tahun lalu tepatnya di bulan April, saya sedang browsing artikel, bertemulah saya dengan blog emak2 blogger.Saya memang sudah beberapa tahun lalu menulis blog.Awalnya di multiply, lalu pindah ke wordpress.Kenangan-kenangan seperti foto anak-anak banyak yang saya simpan di blog, karena saya yakin ngga akan hilang selama internet akan ada terus.Beda kalau saya simpan di disket atau di komputer, kalau komputernya kena virus atau rusak, hilang deh tuh foto-foto.

Ternyata menjadi blogger sekarang banyak sekali keuntungannya, apalagi kalau blogger yang aktif.( Jangan ngelirik saya ya, saya mah ngga aktif).Baru tahu tuh kalau emak-emak member KEB itu banyak banget prestasinya.Saya juga kenal banyak member KEB yang juga ternyata member komunitas lain yang saya ikuti juga.
Wah, pokoknya seru banget deh, sebenarnya sih saya ngga terlalu aktif ikut acara-acara kopi daratnya, tetapi rasa kebersamaan di saat kita bertemu betul-betul seperti keluarga lho.

Dari komunitas inilah saya juga tahu para penulis cerita yang ceritanya sudah dibukukan,ceritanya sudah difilmkan ( La Tahzan by Ellnovianti Nine), yang kebetulan pernah satu kantor sama saya.Ada yang rajin ikut lomba blog,rajin kirim cerita ke majalah/ koran, lalu hadiah-hadiah bertaburan yang diterima oleh teman-teman.Jujur sih ngiri banget, hehehe, tetapi bukan ngiri yang negatif lho, tetapi ngirinya itu, saya harus bisa lebih rajin dan lebih aktif agar bisa seperti teman-teman member yang lainnya.

Tahun lalu, di acara srikandi blogger, adalah acara kopdar pertama saya, saya pertama kali bertemu dan kenal langsung yang namanya mak Mira Sahid sebagai foundernya, ada mak Irma susanti, ada mak Yati rahmat, mak Haya, mak Dina Begum, mak Oline,mak Fadlun, mak Dwina, mak Nchi Hanie, mak Mety, mak Echa,mak Ichul,mak Jul,mak Ani Berta, dan para mak-mak panitia, yang ngga bisa saya sebut semuanya satu persatu.

Saking saya ingin bisa berpartisipasi langsung di acara Srikandi Blogger kemarin, saya nekat ikutan acara fashion show bareng memakai produk busana merk Azza.
Anak-anak dan suami juga ikutan nonton, anak-anak saya sampai bingung ngapain emaknya tuh berlenggang lenggok di panggung, dan anak saya yang paling kecil sampai mau ikutan naik panggung, hehehe.
Seingat saya, didandanin sama tim rias itu waktu acara nikahan, dan itu hampir 9 tahun lalu.Di acara ulang tahun KEB, saya dirias oleh tim rias dari Wardah sebagai salah satu sponsor acara.Senangnya bisa dirias oleh tim make up artis sinetron,hehe, gaya deh loe, dan senangnya bisa berkumpul di acara KEB.

Sekali lagi, saya bangga bisa menjadi bagian dari komunitas KEB, terima kasih buat mak founder dan emak-emak pengurus yang bersedia repot, bersedia berbagi tanpa bayaran.Kami yakin para emak mempunyai niat yang tulus, bukan hanya menjadi inspirasi anak-anak kita, tetapi tentu bisa menjadi inspirasi bagi yang lainnya.

Sampai bertemu di acara kopdar berikutnya ya, tetap semangat teman-teman, saling berbagi inspirasi, saling berbagi doa dan perhatian. Semoga kita sebagai perempuan, bisa bermanfaat bagi banyak orang.

Read Full Post »

bentuk S tulang belakang

bentuk S tulang belakang


Pertama tahu kata Scoliosis itu dua tahun lalu, setelah medical check up rutin dari kantor.Dilihat dari foto torax, dan terdeteksi kalau tulang belakang saya agak miring.Dan kata dokter sih,selama tidak ada keluhan, ya tidak perlu konsultasi.

Tahun ini saya terdeteksi setelah hasil usg upper, ada batu ginjal di ginjal kanan saya, dan tadi sore,saya cek ke dokter internis.Alhamdulilah kata dokternya diobservasi saja dulu, dengan obat batugin elixir, karena kalau dilihat dari hasil test lainnya seperti test urine, tidak ada infeksi dan test lainnya.

Dokternya malah menyarankan untuk ke dokter rekam medis, karena dia melihat hasil rontgen torax saya, karena biar lebih dicek sejauh mana gangguan yang bisa diatasi atas kelainan tulang belakang saya itu.
Gejala mengganggu memang sering terasa pegal di pinggang, dan dari dulu juga saya sudah tahu kalau pinggang saya itu agak beda bentuknya dengan pinggang sebelahnya.

Saya sekalian daftar untuk konsul ke dokter rekam medis, dan ternyata perkiraan saya hanya ringan, tetapi kata dokternya, ini ngga ringan lho bu, silahkan di foto lagi biar lebih jelas berapa derajat tingkat kelainannya, dan terapi yang akan diberikan, juga apa yang harus dihindari, pekerjaan berat apa yang tidak boleh dilakukan.

Pantesan aja ya saya sering sekali pegal seperti kalau mau menstruasi, tetapi karena saya pikir, ya namanya karyawan yang kerjanya banyakan duduk di kantor dan di jalanan yang macet, duduk di angkutan umum.Untung aja suami sering mijitin saya kalau pas pingang saya terasa seperti mau patah, hihi, lebay ya?
Dan juga sering komentar teman saya yang bilang, ” loe kok pake celana cungkring sebelah sih?” terus saya jawab,” iya nih, pinggang gue naik sebelah, jadinya bukan celananya yang cungkring sebelah,tapi pinggul gue yang tinggi sebelah.

Sekarang ini saya dilakukan fisioterapi dan diberi salep yang mirip-mirip remason baunya.Juga ada obat untuk penghilang rasa nyeri dan rasa tidak nyaman.Tetapi mau sampai kapan minum obat? saya tanya ke dokternya, terapi sehari-hari, bisa dilakukan streching membungkuk seperti orang sujud tetapi tangan dua-duanya ke atas dan posisi seperti gaya superman.Apabila setelah dua jam di depan komputer, juga harus streching dengan angkat kedua tangan ke atas bergantian arah ke kiri dan ke kanan.
Olahraga yang cocok tentunya renang dan yoga, sepertinya harus mulai aktif nih renang lagi.

Rangkuman sedikit tentang skoliosis.Skoliosis adalah kelainan pada rangka tubuh yang berupa kelengkungan tulang belakang, dimana terjadi pembengkokan tulang belakang ke arah samping kiri atau kanan, atau kelainan tulang berbentuk huruf S.

Penyebabnya secara ilmiah belum terdeteksi jelas, tapi ada beberapa alasan yang dicurigai sebagai penyebab. Bisa karena jatuh, posisi duduk yang tidak benar, dan kebiasaan membawa barang berat dengan tas tali yang hanya dicangklong di satu bahu–bukan tas punggung. Secara kasat mata, skolioser (penderita skoliosis)–terlebih yang derajat kemiringannya sedikit–tampak seperti orang normal.

Saya cerita ke ibu saya, dan menurut beliau, waktu masa kanak-kanak, saya pernah tertabrak becak yang sedang melintas di jalan raya, karena saya menyebrang tanpa melihat-lihat, ada becak yang sedang lewat, saya terlindas oleh becak tersebut.Bisa jadi kejadian ini salah satu penyebab scoliosis saya tersebut.

Beriku tanda-tanda fisik yang biasanya terlihat dari seorang skolioser.
– Kedua pundak atau bahu kiri dan kanan tidak sama tinggi.
– Salah satu punggung kiri atau kanan lebih menonjol.
– Pinggul kiri dan kanan tidak simetris, naik sebelah.
– Dada kiri atau kanan menonjol sebelah.
– Posisi berdiri tidak tegak dan lurus.

Selain ciri-ciri fisik, para skolioser juga merasakan keluhan-keluhan seperti:
– Rasa pegal dan nyeri di bagian leher dan tulang belakang.
– Kesemutan dan sakit pada tangan.
– Berkurangnya tenaga pada tangan dalam melakukan aktivitas sehari-sehari seperti membawa tas, mengangkat barang, gelas, payung, dan lain-lain.
– Rasa nyeri pada tulang belikat.
– Sering susah bernapas dan mengalami gangguan tidur.

Jadi, apakah anda juga menderita skoliosis? terutama anak-anak anda, yang masih berkembang tubuhnya, lebih baik lekas diberikan pengobatan/terapi agar bisa diperbaiki.

Read Full Post »

Vanya2V

Mom of Rhapsody

cerita si nina

here and now, i only have words to tell you!

backpackology.me

An Indonesian travelling family, been to 25+ countries as a family. Author of several travel guide books and travelogue. Write travel articles for media. Strongly support family travelling | travelling with baby/kids. .

phdmamaindonesia

stories of womanhood and ideas for Indonesia

pacarkecilku

"Jika kau punya cerita, bagilah dengan kata-kata. Jika kau punya kerinduan, kenanglah dengan pertemuan"

Macangadungan

Sketchbook , Dreams, Beer, and all other stuffs.

BLOG BELALANG CEREWET

dicatat biar awet

falafu.wordpress.com/

Tuhan tidak pernah bimbang, selalu seimbang..

Wiwin Hendriani

Berbagi Karya, Berbagi Cerita

YSalma

Jejak Mata dan Pikiran

Fitri Ariyanti's Blog

Mengolah Rasa, Menebar Makna

Oerleebook's Situs

Kumpulan data-data artikel menarik, inovatip, mendidik. dari berbagai sumber

Nata Riawan | Bali Animator Illustrator Graphic Designer

Desain Grafis bukan sekedar Print Art Paper

tarjiem

Jasa Penerjemah Inggris Indonesia

My Idea My Imagination

About me, about my inspiration, about my imagination