Feeds:
Pos
Komentar

Posts Tagged ‘mama dan anak gadisnya’

Anak saya sudah masuk usia pubertas, walaupun dia baru saja berulang tahun 10 tahun, yang menurut kami orang tuanya, masih anak-anak.Sempat kaget juga, kok ternyata dapat haidnya lumayan cepat dibanding teman-teman lain seusianya.Kalau menurut pengalaman saya sebagai ibunya, saya mendapatkan haid pertama kali pada usia 13 tahun, kelas 2 SMP, jadi saya pikir, anak perempuan saya juga akan mengalami hal yang sama, tapi ternyata beda, dia lebih duluan dari pada saya.

Edukasi tentang haid untuk anak, ternyata perlu sekali, bahkan sebelum anak mendapatkan haid.Anak saya sudah tahu kalau dapat haid itu berarti akan keluar darah dari vagina, karena dia sering mandi bareng sama saya, dan juga sering melihat saya membeli pembalut apabila saya mendapatkan haid.Selain ilmu reproduksi wanita, ternyata mental juga harus disiapkan lho, pengalaman saya, ternyata anak saya sempat shock, sedih dan ngga terima kalau dia harus dapat haid di usia 10 tahun, sedangkan kakak kelasnya juga masih banyak yang belum dapat mens.

Kemarin, saya putuskan, saya ambil cuti dadakan,  saya harus mendampingi dia, di saat dia mendapatkan haid pertama kali, dia nangis waktu saya tawarkan untuk pergi ke sekolah.

Saya: Kamu, besok mau berangkat ke sekolah ngga?

Anak: Ngga mau ah, besok itu ada pelajaran Olah raga, dan aku takut kalau darah aku keluarnya banyak, aku malu kalau ada yang tau, dan juga kalau pas waktunya sholat bersama, terus kan katanya kalau pas dapat haid, aku ngga boleh sholat, kalau aku ngga sholat, dan ada yang tau, ntar aku diledekin, ntar ada kakak kelas yang bilang,”kok udah dapat mens sih, aku aja belom yang kelas 5″

Itu sedikit obrolan saya dan anak saya, dia memang anaknya sensitif dan agak peka juga pemalu, dia sudah membayangkan akan dibully/diejek teman-temannya apabila teman-temannya tahu kalau dia sudah dapat haid.

Nah, disinilah tugas  saya sebagai ibu, saya ingin menjadi orang pertama yang dia curhatin, apalagi soal sesuatu yang berhubungan dengan kewanitaan, walaupun bapaknya juga sudah menawarkan, kalau ada apa-apa, jangan malu-malu, tapi kan ya.. tetap aja namanya perempuan dan sudah beranjak pubertas, ada rasa sungkan terhadap bapaknya.

Jadi, waktu dia cerita soal kekhawatirannya, saya beri tahu, kalau soal dapat haid itu, ngga bisa kita yang atur, itu sudah tergantung dari tubuh kita sendiri, banyak faktornya, bisa dari makanan, hormon, dan lain-lain.Saya juga tambahkan soal keinginan saya punya anak lagi, apa iya, mamah bisa maksa untuk hamil, kalau memang tubuh mama belum bisa mendapatkan bayi lagi, itu semua tergantung dari kehendak Allah juga, dan setiap anak bisa berbeda-beda, kamu  normal kok, usia mendapatkan haid pertama di usia 10 tahun,  malah ada yang dari usia 8 tahun, tetapi memang jarang, tapi ada.

11 Mei, ultah ke 10 tahun

11 Mei, ultah ke 10 tahun

Saya juga sedang berusaha memberikan pengertian terhadap adiknya, karena adiknya akan mengejek dan bilang ke orang-orang kalau kakaknya dapat haid, dan malah jadi bikin kakaknya tambah malu.Anak laki-laki saya juga harus mengerti kalau perempuan itu memang kodratnya dapat haid, dan juga pada saat haid diperbolehkan tidak melakukan sholat, jadi wajar kalau kakaknya ngga sholat wajib, sedangkan adiknya harus.

Saya mencoba memberikan pengertian terhadap anak perempuan saya, dan memberikan dukungan, juga pemahaman akan kebersihan, harus sering mengganti pembalut, dan bagaimana cara memakai pembalut yang benar.Ketika saya beri tahu bahwa biasanya haid itu terjadi dalam waktu 7 hari, dia bilang, “Mamah janji ya, 7 hari udah selesai, awas lho, kalau mamah bohong!”…. tuh kan komennya masih anak-anak banget…hehehehe. Dan ketika saya bilang,” waaah anak mamah udah gede ya, udah gadis, udah dapat mens”, eeeeh dia nangis lagi, sambil memeluk saya, katanya aku ngga mau gede, aku masih kecil…..oohhh my little baby….you are always be my baby, you know…..

I wish I can always be your best friend

I wish I can always be your best friend

Sepertinya memang dia belum siap mental, kecepetan buat dia, di usia 10 tahun, untuk mendapatkan haid yang pertama, tetapi semoga seiiring berjalannya waktu, dia sudah bisa menerimanya dan bisa menghadapi kondisi yang kurang nyaman.

Apabila semuanya normal, dan berjalan lancar, sepertinya belum perlu untuk konsultasi ke dokter anak ya, kecuali mungkin apabila haidnya lebih dari 7 hari, atau lebih dari 3 bulan tidak dapat haid lagi setelah mendapatkan haid yang pertama.

There is always be the first time…..I love you baby….

wefie bareng

wefie bareng

 

 

Read Full Post »

Vanya2V

Mom of Rhapsody

cerita si nina

here and now, i only have words to tell you!

backpackology.me

An Indonesian family backpacker, been to 25+ countries as a family. Yogyakarta native, now living in Crawley, UK. Author of several traveling books and travelogue. Owner of OmahSelo Family Guest House Jogja. Strongly support family traveling with kids.

phdmamaindonesia

stories of womanhood and ideas for Indonesia

pacarkecilku

"Jika kau punya cerita, bagilah dengan kata-kata. Jika kau punya kerinduan, kenanglah dengan pertemuan"

Macangadungan

Sketchbook , Dreams, Beer, and all other stuffs.

liandamarta.com

A Personal Blog of Lianda Marta

RedDoorz Blog

Blog Traveling dan Tips

falafu.wordpress.com/

Tuhan tidak pernah bimbang, selalu seimbang..

Wiwin Hendriani

Berbagi Karya, Berbagi Cerita

YSalma

Jejak Mata, Rasa, dan Pikiran

Fitri Ariyanti's Blog

Mengolah Rasa, Menebar Makna

Oerleebook's Situs

Kumpulan data-data artikel menarik, inovatip, mendidik. dari berbagai sumber

Nata Riawan | Bali Animator Illustrator Graphic Designer

Desain Grafis bukan sekedar Print Art Paper

My Idea My Imagination

About me, about my inspiration, about my imagination