Feeds:
Pos
Komentar

Archive for the ‘ceritaku’ Category

foto dari aturduit.com

Jadi inget obrolan dulu banget, ya sekitar lebih dari 10 tahun yang lalu, di saat gaji kita-kita, sebagai sekretaris dapat 3 jutaan, ada salah satu teman yang curhat, “Nit, kalau gaji kita 5 juta gitu, mungkin akan cukup ya sebulan, ngga terlalu pas-pasan gini.” Dan saat itu memang kami merasakan, dengan gaji 3 juta perbulan, untuk pengeluaran tambahan seperti jalan-jalan, menabung atau membeli barang yang bukan barang kebutuhan bulanan, cukup membuat kami harus lebih irit kalau memang misalnya mau membeli TV, kipas angin, sepatu baru,tas baru, dll deh yang sekiranya menjadi pengeluaran tambahan. Jaman waktu itu sepertinya seingat saya belum ada cicilan 0% kartu kredit, jadi mau ngga mau ya harus bayar cash/lunas.

Saya pernah beli bukunya Safir Senduk, salah satu penulis dan pembicara ahli keuangan yang judulnya, ” Karyawan Juga Bisa Kaya”, dan di dalam buku tersebut banyak tips-tips untuk kita menabung.Berapapun gaji kita, kita harus menyisihkan 30% dari penghasilan kita, karena biasanya kebiasaan anak-anak muda gaul, kalau naik gaji, bukannya jumlah investasinya ditambah, malahan pengeluaran jadi bertambah.Dulu punyanya ponsel yang harga dibawah satu juta rupiah, setelah gaji naik jadi ganti dengan ponsel yang diatas dua jutaan, dan jalan-jalan/hangout sama teman-teman jadi makin sering.Hal-hal seperti itu yang membuat karyawan tidak bisa mempunyai tabungan yang cukup memadai sesuai dengan gaji yang diterimanya.

Tidak bisa disalahin juga sih, seringnya gaji naik, tapi inflasi sudah naik duluan, yang akhirnya ya judulnya impas-impas aja.Gaji naik harusnya ya diatas inflasi jadi bisa ada lebihnya buat tabungan.

Sekarang dengan gaji sudah naik, harusnya bisa lebih nyaman dan ngga perlu sampai gali lubang tutup lubang, tapi ya itu tadi, inflasi kan juga naik ya tiap tahun, otomatis harga-harga kebutuhan juga ikut naik, contohnya nih buah pepaya dulu bisa dapat 5 ribu/buah, sekarang yang pepaya ukuran kecil saja harganya 10 ribuan, itu baru satu item belum bumbu-bumbu seperti bawang merah, putih, telur, minyak dan lain-lain.

Semakin bertambah usia anak-anak, kebutuhan mereka juga semakin besar, buat biaya sekolahnya, uang jajan harian, uang les ngaji, uang les aikido, les renang ditambah les bimbel yang sampai lebih dari sepuluh jutaan  selama setahun pelajaran.Semakin bertambah penghasilan, jadi semakin bertambah pos pengeluaran.Yaaaaaa sudah,…..dijalani saja, alhamdulilah masih ada dananya ngga sampai berhutang.

Sepertinya memang gitu ya kalau status karyawan yang kalau penghasilannya hanya dari gaji, dan gaji dengan rata-rata,  buat kebutuhan sehari-hari memang jadinya impas, kadang bisa nyisa sedikit kadang gali lubang tutup lubang. NASIIB.. NASIIB…

gajian 5 koma, setelah tanggal 5 terus koma…hehehe

But you should remember, “do not complain, some people don’t have a job.

Just be gratefull, be nice, keep fighting and keep smiling.

Mari lanjutkan puasa dulu, sudah hampir 10 hari terakhir ramadan, harusnya bertambah ibadahnya bukan malah nambah belanja dan nambah jadwal bukber..hehehehe.

Saya kutip tips cara cermat mengatur gaji sebagai berikut:

  1. Buat anggaran bulan, buat anggaran bulanan untuk kebutuhan primer seperti makan, ongkos bayar listrik,dan lain-lain, dan kebutuhan tersier seperti jalan-jalan, shopping dan juga hangout sama teman-teman.
  2. Segera Bayar Tagihan, segera bayar tagihan listrik, telpon, cicilan rumah dan lain-lain diawal agar lebih  nyaman mengatur pengeluaran lainnya.
  3. Sisihkan untuk tabungan, ingat lho nabung itu bukan sisa tapi memang sudah disiapkan dana buat tabungan.
  4. Buat laporan keuangan harian, ini ternyata membantu sekali, jadi kita sadar sudah berapa yang kita keluarkan seharian ini, jadi bisa lebih ngerem kalau mau belanja-belanja yang ngga penting-penting amat.
  5. Miliki dua atau lebih rekening bank, rekening bank untuk pengeluaran harian bisa dipisahkan dengan rekening bank untuk tabungan.
  6. Bijaklah menggunakan kartu kredit.
  7. Investasi, bisa dalam bentuk reksadana, logam mulia, tabungan pensiun.
  8. Lakukan perbandingan, bandingkan pengeluaran dan anggaran, apabila pengeluaran melebihi dari anggaran, harus ada yang direvisi dari pengeluaran kita.

Demikian share yang saya kutip dari website cermati.com, semoga bermanfaat.

 

 

 

Iklan

Read Full Post »

Kenapa banyakan foto Hamish Daud sih dari pada pemeran utamanya? hahaha.. ketauan kan, kenapa?

” Eh buset mbak, muka loe sampe bengep gitu?” kata si Ipep, temen kantor, pas kami keluar bioskop. ” Iya, akting Reza ama Adinia yahud banget, sampe ikutan nangis gue”, jawab gue sambil berusaha melap sisa-sisa bengkak di mata. “Iya bener, akting mereka beneran punya chemistry dan menghayati peran banget ya, keren deh”, tambah teman gue.

Nunggu film ini tayang hampir setahun karena gue follow twitternya Ika Natassa, si penulis novel Critical Eleven ini, jadi udah tau nih novel mau dibikin film,  dan yang memang salah satu penulis favorit gue banget.Sudah cukup lumayan lah buku dia gue koleksi, dari si Very Yuppy Wedding, Divortiare, Antalogi Rasa, The Architecture of Love, semuanya bikin gue ngga cukup baca sekali doang, saking sukanya sama gaya penulisan Ika dan jalan cerita juga tokoh-tokohnya terutama.

Si Ika selalu berusaha menampilkan tokoh pria yang tentunya idola wanita sejuta umat, orangnya ganteng, anak baik-baik, kerjaannya ok, dan penuh perhatian sama ceweknya.

Pas pemutaran premier di Grand Indonesia, ngga sampai setengah hari, udah sold out 500 tiket, yaaah ngga kebagian lah eike, padahal kan sekalian pingin banget foto bareng sama Hamish…hhahaha.. dasar emak2 rempong.

Awalnya penasaran juga sih, si Hamish jadi siapa ya di film ini, dan katanya jadi Donny, sahabatnya Anya, tapi diingat-ingat kok ngga ada tokoh Donny deh, mungkin hanya penambahan karakter dan pengembangan cerita agar disesuaikan di film, tapi bodo amat lah, mau jadi siapa kek, yang penting ada Hamish…uhuk uhuuuk.. dimarahin Raisa lho.. aah paling kata Raisa, biarin aja, yang penting dia udah jadi milik gue, silahkan berpatah hati nasional, paling gitu…hahaha.

Adegan yang paling gue suka yaitu saat si Ale di pesawat, awal ketemu sama Anya dan juga waktu Ale nangis saat pertama kali masuk ke ruangan bayi Aidan yang sudah meninggal.Aktingnya lucu dan mengharukan, ngga heran si Reza bisa menang berkali-kali sebagai pemain film pria terbaik.

Jadi inti ceritanya, si Ale dan Anya ketemu di pesawat, di tiga menit pertama adalah kesan yang amat krusial dan delapan menit terakhir juga penting, karena itu bisa menentukan, hubungan akan berlanjut atau ngga.Akhirnya mereka menikah, dengan penuh cinta, lalu Anya hamil, tapi bayinya tidak selamat padahal hanya tinggal menunggu hari. Di saat kekecewaan dan ketidakberdayaan yang dirasakan oleh Anya, dan amat membutuhkan dukungan moril dari Ale, tapi Ale malah mengucapkan sesuatu yang amat menyakitkan hati Anya. ” Coba kalau kamu dulu ngga sibuk kerja, Aidan pasti masih hidup ya”. Anya ngga nyangka, orang yang selama ini mencintainya justru malah menyakiti hatinya dan Anya bertahan selama 6 bulan untuk tidur terpisah dan tidak berkomunikasi sampai dia yakin kalau Ale tidak akan menyakitinya lagi.

Karena rasa cinta keduanya dan kekuatan cinta yang mereka punya, perasaan rindu dan sayang yang terpendam, rasa ingin dicintai, dirindukan semakin lama semakin membuat Anya dan Ale tak tahan.Terjadilah hal-hal yang diinginkan oleh mereka berdua.

Lalu… Anya hamil lagi anak kedua, dan happy ending. Anya yang belum pernah berkunjung ke makam anaknya, memberanikan diri berziarah dan juga Ale yang tidak mau ke kamar anaknya, mulai mau mengunjungi kamar anaknya yang belum pernah ditempati.

Puas deh nontonnya dengan berurai air mata, ayo yang belum nonton, dan masih percaya pada kekuatan cinta, jangan sampai ngga nonton ya.

 

Foto taken from Instagram

 

 

 

 

 

Read Full Post »

Ngga pernah mau nonton drakor, alasannya karena takut kecanduan.Pernah nonton film seri di TV, judulnya “Chef” dan diputar setiap sore hari di tv swasta.Setiap hari, saya berusaha pulang cepat, dan kalau pergi-pergipun, saya maunya sampai rumah masih kebagian nonton si serial drakor ini.

Sudah sebulanan ini saya nonton drakor, awalnya karena banyak teman-teman yang cerita film Goblin, saya tanya apaan sih Goblin, dan diceritain lah kalau itu drama korea, pemainnya cakep, ceritanya mengharukan tapi happy ending, nah ini yang penting, udah nangis-nangis tapi ujungnya ngga happy ending yang paling males banget.

Saya emang gitu orangnya..hehehehe sekalinya suka sesuatu, bisa terus-terusan, tapi begitu stop, ya cukup lama juga istirahatnya.Contohnya kalau lagi senang baca novel, bisa teruuuuusss baca novel, dan begitu berhenti, untuk mulainya agak perlu waktu cukup lama sampai mood datang.

Beberapa serial drama korea yang sudah saya tonton secara marathon judulnya: DOTS (Descendant of The Sun), 1% of Anything, On the way to airport.Saya suka semuanya sampai nontonnya lebih dari sekali, mumpung belum bosan, hehehe.

Sekarang ini karena sudah masuk bulan ramadhan, jadi fokus dulu sama ibadah ya, kan kita ngga tau apakah tahun depan masih bisa ada umur untuk bisa ketemu lagi dengan bulan yang penuh ampunan ini.Jadi, nontonnya nanti aja setelah lebaran ya, kan masih libur tuh, jadi bisa puas-puasin deh.

 

Read Full Post »

Sejak mulai bekerja di section 2 setahun lalu,  yang diantaranya menangani Disaster Management, saya mulai mengenal dan aware terhadap segala sesuatu info yang berkenaan dengan bencana, persiapan menghadapi bencana, dan event-event yang diadakan.

Tanggal 26 April, BNPB menetapkan hari itu adalah Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional, dan sebelum tanggal tersebut, sudah banyak kegiatan yang diadakan oleh para instansi-instansi yang ikut serta meramaikan program tersebut. Dengan hashtag #siapuntukselamat, #hkbn #hkbn26april sudah mulai disosialisasikan ke masyarakat pengguna media sosial seperti twitter, facebook,instagram dan lain sebagainya.

Acara Simulasi tanggap bencana diadakan serentak pada jam 10 pagi yang diikuti dari beberapa daerah di Indonesia, dan saat itu, sebagai undangan saya menemani atasan saya yang diminta memberikan statement tentang pengalaman persiapan kesiapsiagaan bencana yang di Jepang ditetapkan pada tanggal 1 September.Semua orang yang ada di gedung harus ikut acara simulasi tersebut, semua harus berkumpul di titik aman dan halaman belakang gedung BNPB yang dijadikan tempat berkumpulnya orang-orang.

Rangkaian simulasi diadakan lebih kurang 30 menit, dimulai dari pengumuman ada gempa bumi, lalu contoh ada kebakaran gedung, dan proses penyelamatan salah seorang karyawan yang terjebak di lantai atas.Diikuti juga oleh pemadam kebakaran dan juga dari instansi PMI sebagai bagian dari instansi yang terkait penyelematan.

Acara simulasi ini terbilang sukses dan cukup menarik, karena para pekerja cukup total berperan seolah-olah terjadi kebakaran betulan.Setelah acara simulasi, dilanjutkan acara konferensi pers. BNPB mengundang banyak media baik dari TV, Koran, Internet dan Radio.

Sebelumnya hanya tau nama-nama pejabat di BNPB seperti bapak Kepala BNPB, pak Willem Rampangilei, dan kemarin itu saya bisa bertemu langsung dengan beliau, dan bos saya jadi paparazi dong, saya ngga tau kapan dia motret saya pas saya salaman dengan pak Willem.

Foto candid si bos pas saya lagi salaman sama pak Kepala BNPB

 

 

Berbagai kegiatan acara simulasi kesiapsiaggan bencana di halaman gedung BNBP tanggal 26 April 2017

 

Dan ini beberapa link laporan dari media yang mengcover berita acara tersebut.

 

http://news.okezone.com/read/2017/04/26/337/1677172/hari-kesiapsiagaan-bnpb-serukan-simulasi-evakuasi-bencana

http://www.netralnews.com/news/nasional/read/71536/26.april.ditetapkan.jadi.hari.kesiapsiagaan.bencana.nasional

https://news.detik.com/berita/d-3484145/bnpb-gelar-simulasi-penanggulangan-bencana

http://news.metrotvnews.com/read/2017/04/26/691586/bnpb-tetapkan-26-april-hari-kesiapsiagaan-bencana

Read Full Post »

Gara-gara HP Android yang bisa kirim pesan pake WA, dan sekarang jadi punya grup WA yang jumlahnya sampai ngga cukup dengan 10 jari.Ada grup SD, SMP, SMA, Kuliah, kantor, RT, grup sekolah anak-anak, which is anaknya dua ya jadi ada 2 grup WA, grup keluarga saya, grup keluarga suami, grup mantan teman-teman kantor.. pokoknya bejibun deh. Ngga berasa dan suka ngga sadar, kalau obrolan lagi seru di salah satu grup, suka kebawa ingin komentar dan baca, padahal udah sampai rumah.Anak-anak yang sudah seharian ngga ketemu, pas ketemu kita, kitanya lagi sibuk balas WA dan baca berita online.

“Mah.. aku tadi di sekolah kesel banget sama si anu.. bla bla bla..” dan kita yang masih sibuk sambil chat, ngga begitu fokus nanggepin anak yang lagi cerita.Sampai suatu hari tersadar, anak-anak juga sibuk dengan tablet dan HP nya, nonton youtube, lihat instagram, game, dll.Saya merasa disisihkan oleh anak-anak dan juga suami.Suami juga sering baca berita online di HP, pokoknya semuanya sibuk dengan kegiatan masing-masing tapi semuanya pegang gadget.

Tantangan terbesar saat ini dalam mendidik anak-anak yaitu game dan gadget, nilai ulangan yang cenderung turun, kurangnya kegiatan fisik, dan  senang melihat kegiatan orang lain khususnya artis-artis idola yang bisa menimbulkan pengharuh kurang baik terhadap perkembangan usia anak.

” Mah, katanya orang tua nyontohin yang baik-baik ke anak-anaknya, jadi kalau orang tua sibuk main HP, anak-anaknya juga boleh dong, kan udah dicontohin” mak jleb ngga sih? itulah.. anak-anak itu polos dan kita jadi harus sering introspeksi.

TV cable di rumah udah hampir ngga pernah ditonton lagi,karena orang rumah lebih tertarik dengan internet, nonton youtube, instagram, dll.Langganan tv cable malah jadi percuma, setiap bulan bayar hampir 600 ribu rupiah dengan paket tv dan internet.Padahal kan 600 ribu perbulan itu bisa buat beli LM 1 gram kan? nah ini malah jadinya anak-anak juga sibuk main gadget sampai malam, apalagi kalau libur, dari bangun tidur saja sudah langsung cari HP mau nonton youtube.

Sebetulnya sudah diberikan waktu, untuk main gadget itu hanya boleh 1 jam saja sehari, plus kalau hari jumat, sabtu dan minggu boleh kapan saja, itupun ngga boleh nonstop, saatnya sholat ya harus sholat, mandi ya harus mandi.Kenyataanya, anak-anak malas sholat, malas mandi, makan aja sambil nonton youtube, kadang di kasur, atau di meja komputer sambil nonton.Gimana itu coba?

Ada salah satu channel youtube yang mereka sering tonton yaitu Gen Halilintar, mereka itu sekeluarga ber – 11 bersaudara, katanya malah sekarang sudah nambah lagi anaknya jadi 12 anak. Saya ngga kebayang ya satu rumah itu ber 12….hehehehe.. untungnya sih bapaknya orang kaya ya,.. jadi bisa punya rumah besar, ada kolam renangnya, bisa jalan-jalan ke luar negeri semuanya.Banyak kegiatan mereka yang diupload, seperti berenang di dalam kolam renang yang mereka punya sendiri di dalam rumah, atau buka kado untuk anak yang sedang ulang tahun, kado-kadonya juga cihuy-cihuy….jalan-jalan ke luar negeri.Banyak hal-hal konsumtif yang menurut saya kurang bagus pengaruhnya buat anak-anak.Memang saya akui sekarang jamannya pamer, selfie dan individualistis.Jalan-jalan kemana-mana sekarang sudah biasa, langsung diupload ke FB, Instagram, Path, dll.Saya berusaha memberikan masukan ke anak-anak saya, apalagi kalau mereka minta mainan yang mahal-mahal, sering saya ngga turutin, karena saya mau memberikan pandangan ke  mereka, kalau mau sesuatu ya harus nabung dulu, sabar, dan ngga semua yang kita inginkan itu bisa terwujud semua, kita harus bisa menerima kondisi apapun, walaupun itu tidak sesuai dengan yang kita harapkan.

Mulai pertengahan bulan April ini, saya sudah minta pihak tv cable untuk sementara menon-aktifkan program tv dan internet.Saya berharap dengan tidak ada internet di rumah, anak-anak bisa melakukan kegiatan lain seperti main sepeda di taman, baca buku, menggambar dan lain-lain yang sebelumnya biasa mereka lakukan sebelum kecanduan internet yang amat meresahkan saya khususnya.

Saya sadar, sekarang memang sudah jamannya berkembang, tapi ya saya sementara ini berusaha dulu deh untuk mengurangi pengaruh buruk yang bisa ditimbulkan.Anak saya yang besar,  tahun ini bulan Juli, Insya Allah sudah naik kelas 6, yang mana sudah siap-siap mau masuk SMP Negeri yang bagus seperti yang saya harapkan.Nilainya harus tinggi minimal 9 kalau memang mau masuk sekolah Negeri yang bagus.

Sekali lagi, jadi orang tua itu ngga pernah ada sekolahnya, nyemplung aja langsung, kuncinya ya berdoa dan terus belajar.

 

 

Read Full Post »

“Ayo kak.. ayo kak… lurus.. lurus.. ” teriak saya waktu menyemangati Alifa yang ikut lomba renang.Sudah kayak tukang parkir..hehehehe… soalnya pas gaya punggung, dia tidak bisa melihat garis pembatas, jadi kadang suka mepet gitu ke garis pembatas.Alifa yang minggu lalu, ikutan lomba renang 4 gaya untuk tingkat Sekolah Dasar sekecamatan Bekasi Selatan.Lomba renang ini buat Alifa yang pertama kali dan mungkin juga yang terakhir untuk tingkat SD, karena kelas 6 sudah tidak diperbolehkan lagi ikutan lomba yang sama tahun depan.

Begitu sampai di lokasi, ” Mah, aku deg-degan nih” kata Alifa kepada saya, saya juga sebenarnya deg-degan, tapi saya berusaha tenang dan memberikan pandangan ke Alifa, kalau lomba ini, anggap saja seperti kamu balapan sama adik kamu pas renang sama-sama, ngga usah terlalu dibawa beban.Lomba itu pasti ada yang menang dan ada yang kalah, jadi ngga masalah, apalagi kamu ngga ikut club renang seperti peserta yang lain, atau punya kolam renang sendiri, les renang juga hanya seminggu sekali dengan guru olah raga sekolahnya.Jadi saya tidak terlalu mengharapkan dapat juara, tapi ya kalau pas Alifa bertanding.. tetap dong saya berdoa biar Alifa menang.Menang ya Alhamdulilah.. kalah ya ngga papa, it’s no problem at all.

Perwakilan dari sekolah SDIT Al Ikhlas 86, Bekasi Selatan untuk Olimpiade Olahraga ini hanya diwakilkan dua anak, yaitu Alifa kelas 5 dan Azria kelas 3.Untuk 4 gaya yang dipertandingkan, menurut guru Olah raganya, Pak Dira, calon pesertanya terbatas, kalau bisa 3 gaya, kami banyak calonnya, begitu ungkap pak Dira.

siap-siap lomba renang dulu ya..

Teman Alifa, si Azria karena kalah di awal lomba yaitu gaya bebas, dia sudah ngambek, ngga mau ikutan lagi, padahal sudah dibujuk-bujuk, yang dihitung itu detiknya nanti diakumulasi, jadi ngga papa, ini buat latihan dan biar tahu berapa menit, pokoknya harus sampe finish ya.. bla bla.. itu yang saya tangkap beberapa kalimat penyemangat dari guru dan orang tua Azria, tapi saya kebayang deh, namanya anak kelas 3 SD, anak saya aja masih suka ngambek, nangis yang bontot itu, jadi pas lomba saat itu, dan kalah di awal, anak- anak udah down duluan,  ada yang seperti itu, mereka maunya selalu menang, padahal kan yang penting ikutan buat pengalaman, dan ini juga menjadi salah satu bagian dari mendidik anak-anak agar mereka sportif, tidak curang,jujur, bisa menerima kekalahan dan kesedihan, tidak selalu kita mendapatkan apa yang kita inginkan.

Saatnya pengumuman pemenang.. eng ing eng…..sambil berdoa dalam hati, semoga Alifa menang dan bisa menyumbangkan medali buat tambahan koleksi sekolahnya. Juara disebutkan mulai dari juara 3 putri.. pemenangnya adalah: ALIFA dari sekolah Al Ikhlas…..horeeeeee.. horeeeee… alhamdulilah ya nak.. good job, I am so proud of you.

Juara lomba renang, yang juara 1, udah body perenang banget, kulitnya aja udah mencerminkan sekali anak itu, setiap hari kena panas matahari

Banner lomba renang di kolam renang Jaka Permai Bekasi

 

Read Full Post »

Sering dengar istilah cuci darah, dan selalu kebayangnya serem banget, sampai darahnya harus dicuci gitu. Ada beberapa kenalan, orang tua teman saya dan biasanya yang usianya sudah cukup lanjut.Tetapi teman saya, Almarhum Dian Masayu, usianya masih kepala 4 waktu divonis gagal ginjal.Dia harus melakukan cuci darah seminggu dua kali.Badannya semakin langsing dari hari ke hari, karena dia ngga begitu bisa banyak makan.

Last Reunion in March 2016

Penyakit gagal ginjal adalah kelainan yang mengenai organ ginjal yang timbul akibat berbagai faktor resiko.Penyakit ginjal kronis biasanya timbul perlahan dan menahun.Sejumlah faktor risiko penyakit ginjal kronis adalah hipertensi, diabetes melitus, radang ginjal kronis dan usia.Di fase awal, penyakit itu terabaikan karena tak ada gejala khas.

Penyakit ginjgal juga memicu meningkatkan risiko terkena penyakit kardiovaskular 10-20 kali lebih besar.Faktor risiko penyakit ginjal kronis yang bisa dicegah adalah hipertensi dan diabetes melitus.Obesitas juga bisa memperparah hipertensi dan diabetes melitus yang jadi faktor risiko langsung penyakit ginjal kronis.

“Penyakit Ginjal dan Obesitas” sebagai tema Hari Ginjal Sedunia tahun 2017, diperingati tiap Kamis minggu kedua Maret.

Gejala penyakit ginjal kronis sering tak terdiagnosis dan terabaikan.Pasien dan tenaga medis kurang awas dengan kemungkinan penyakit ginjal.Pada stadium I dan II, penyakit ginjal kronis biasanya tak ada gejala tertentu sehingga menyulitkan diagnosis.Ini pengalaman teman saya sendiri, almarhum Dian Masayu yang baru saja meninggal bulan Januari tahun ini, pada awal sakit, langsung di diagnosa gagal ginjal, fungsi ginjalnya hanya 70 %, dan kedua ginjalnya sudah tidak normal.Jadi pertama kali mengetahui sakit ini, tanpa gejala, tiba-tiba sudah harus cuci darah, seminggu dua kali.Dia hanya bertahan 4 tahun seingat saya atau lebih ya?.. saya lupa juga.Walaupun sakit dan harus cuci darah, semua itu dia jalani dengan ceria dan tetap tersenyum.Semoga kamu beristirahat dengan tenang ya Dian….

Rest in Peace Dian Masayu

Fungsi Ginjal:

  1. Mengeluarkan zat-zat sisa dari tubuh
  2. Menyeimbangkan cairan tubuh
  3. Mengatur tekanan darah
  4. Menyaring 120-150 liter darah perhari
  5. Mengaktifkan vitamin D untuk kesehatan tulang.

Fungsi ginjal yang amat penting bagi tubuh kita, apabila sudah tidak berfungsi dengan baik tentunya akan membuat tubuh kita tidak sehat dan mengganggu aktivitas.Kebanyakan minum, akan bikin tubuh bengkak, kebanyakan makan buah yang mengandung air juga gitu, bisa bengkak juga karena ginjal ngga bisa menyaring dan menyeimbangkan cairan tubuh.

Beberapa langkah mengurangi risiko penyakit ginjal kronis:

  1. Tetap bugar dan aktif
  2. Mengendalikan kadar gula darah
  3. Memantau tekanan darah
  4. Pola makan yang sehat dan menjaga berat badan
  5. Menjaga asupan cairan tubuh
  6. Tidak merokok
  7. Tidak sering mengonsumsi obat yang dijual bebas
  8. Memeriksa fungsi ginjal jika anda memiliki atu atau lebih faktor risiko penyakit ginjal

10% populasi dunia terdampak penyakit ginjal kronis dan penyakit ginjal kronis dapat diderita orang dari berbagai ras dan usia.

Yuuk.. kita jaga dengan baik organ tubuh kita yang sudah Allah berikan dan kita syukuri segala nikmat yang kita sudah dapatkan.

Foto kenangan dengan almarhum Dian Masayu, “you will always be in our heart”.

Acara Kartinian di kantor JICA tahun jadul deh, masih pada single pokoknya

foto dari berbagai sumber

 

Sumber tulisan: Kompas

Read Full Post »

Older Posts »

Vanya2V

Mom of Rhapsody

cerita si nina

here and now, i only have words to tell you!

backpackology.me

An Indonesian travelling family, been to 25+ countries as a family. Author of several travel guide books and travelogue. Write travel articles for media. Strongly support family travelling | travelling with baby/kids. .

phdmamaindonesia

stories of womanhood and ideas for Indonesia

pacarkecilku

"Jika kau punya cerita, bagilah dengan kata-kata. Jika kau punya kerinduan, kenanglah dengan pertemuan"

Macangadungan

Sketchbook , Dreams, Beer, and all other stuffs.

falafu.wordpress.com/

Tuhan tidak pernah bimbang, selalu seimbang..

Wiwin Hendriani

Berbagi Karya, Berbagi Cerita

YSalma

Jejak Mata dan Pikiran

Fitri Ariyanti's Blog

Mengolah Rasa, Menebar Makna

Oerleebook's Situs

Kumpulan data-data artikel menarik, inovatip, mendidik. dari berbagai sumber

Nata Riawan | Bali Animator Illustrator Graphic Designer

Desain Grafis bukan sekedar Print Art Paper

tarjiem

Jasa Penerjemah Inggris Indonesia

My Idea My Imagination

About me, about my inspiration, about my imagination