Feeds:
Pos
Komentar

Archive for the ‘buku’ Category

Gue itu kalau udah sekali baca novel, dan ternyata isinya bagus, jadi keranjingan, pingin baca terus. Bagus itu menurut gue adalah: isinya bisa bikin gue terharu, bikin gue merenung dan bisa bikin ketawa, juga ringan dan enak dibaca, isinya ngga terlalu berat, yaa namanya juga fiksi, kalo berat mah buku ilmiah dong ya?

Kalau ada obralan buku di toko buku kayak Gramedia atau di Carefour, gue suka ngubek-ngubek novel-novel, harganya bisa separoh dari harga novel baru, jadi kalau beli suka kalap, padahal belum tau kapan mau dibacanya.

Dimulai dari minggu lalu, gue baca novel harlequin gitu, abis itu lanjut baca novel MetroPopnya Mia Arsjad, dengar-dengar banyak yang seru ceritanya, dan ini adalah novel pertama karangan dia yang gue baca.

Eh, ceritanya ternyata seru banget, dan gue itu kepingin banget bisa belajar nulis cerpen, jadi sering banget takjub sama orang yang pintar banget nulis dan bisa bikin pembacanya terbawa sama cerita yang dia tulis.Kalau karangan Ika Natassa, udah beberapa yang gue baca, dan gue suka ama gaya penulisannya dia.Untuk novel Runway Ran ini, ceritanya memang kekinian, dan menceritakan kisah remaja yang gaul tapi bukan yang remaja mesum gitu, ini yang gue suka.Lain halnya gue pernah baca karangan Christian Simamora, tema metropopnya benar-benar udah kayak remaja luar negeri, dengan gaya seks bebas yang memang sengaja diumbar dan seolah-olah hal tersebut adalah sesuatu yang sudah biasa di Jakarta.Menurut gue sih, ngga benar aja kalo dibaca sama remaja yang lugu dan mereka mikirnya, oooh emang udah biasa ya kayak gitu?

Sekarang balik ke Novel Runaway Ran yang baru kelar gue baca, cerita singkatnya nih, tentang si Katrina/Katrin anak manja yang lagi sekolah S2, tapi karena Ayahnya tiba-tiba harus pensiun, sedangkan dia maniak belanja online.Katrin ngga mau nyusahin orang tuanya dengan merongrong untuk kebiasaan belanjanya dia.Dia mencari pekerjaan part time.Setelah dibujuk sahabatnya, karena ada message Broad Cast di BB, tentang lowongan pekerjaan part time sebagai asisten Komikus, JF Ran, si penulis komik kocak yang lagi naik daun.Katrin ikut melamar, dan ternyata diterima.Katrin ngga menyangka ternyata si JF Ran ini judes banget, beda banget dengan komik yang dia buat.Ditambah lagi JF Ran punya pacar namanya  Viana yang aneh bin ajaib, dandanan norak dan kelakuan minus, jadi makin aneh aja si Ran ini, tetapi demi memuaskan hasrat belanja onlinenya, Katrin tetap bertahan, karena gajinya lumayan, kerjanya juga ngga berat-berat amat.Lama kelamaan, Katrin dan Ran makin dekat, dan dibalik sikapnya yang judes, ternyata ada kisah dibalik itu, Ran ingin membalas dendam kepada ayah dan perempuan yang sudah merebut ayahnya dari mamanya, mamanya jatuh sakit dan stress, sejak itu, Ran menyimpan dendam dan sikapnya yang dulunya periang, luwes jadi berubah jarang senyum dan judes.Si Viana ini adalah anak perempuan yang merebut hati ayahnya, makanya Ran berpura-pura memacari Viana demi membalas dendam sakit hati mamanya.

Singkatnya, Katrin dan Ran akhirnya berpacaran dan happy Ending deh…..ini yang gue suka.. cerita itu harus happy End,.. udah nangis-nangis baca yang sedih, trus kalau di akhir cerita masih sedih juga.. rasanya ngga puas…hahahhahaa.

Runaway Ran by Mia Arsjad

Runaway Ran by Mia Arsjad

Jempol deh buat pengarangnya, kapan ya gue bisa bikin novel, minimal cerpen dulu lah ya

Read Full Post »

Membaca tulisan di belakang buku ini, membuat saya tertarik membelinya, ini penggalan kalimat di cover belakang buku ini, ” Buku ini saya persembahkan untuk orang-orang yang pernah dilukai, hingga susah melupakan.Untuk orang-orang yang pernah mencintai, tapi dikhianati.Juga yang pernah mengkhianati, lalu menyadari semua bukanlah hal baik untuk hati.Kepada orang yang jatuh cinta diam-diam, suka pada sahabat sendiri, tidak bisa berpaling dari orang yang sama, dan hal-hal yang lebih pahit dari itu.Saya pernah ada di posisi kamu saat ini.Mari mengenang, tapi jangan lupa jalan pulang.Sebab, setelah tualang panjang ke masa lalu, kamu harus menjadi lebih baik.Dan, mulailah menata rindu baru.

Katakan kepada masa lalu: kita adalah cerita yang telah usai.

Gimana? ok kan tulisannya, bikin kita penasaran, seperti apa isi lengkapnya.

Saya kutip sedikit tulisan-tulisan dalam buku ini, yang mengena buat saya.

“Di dunia ini banyak sekali hal ajaib yang bisa kamu dapatkan.Bahkan, dalam hal yang mungkin menurutmu terburuk sekalipun.”

“Salah satu kondisi untuk kamu bisa menemukan keajaiban adalah saat kamu dilukai.Saat orang yang kamu sayangi, memilih pergi dengan alasan kamu dan dia sudah tidak cocok.Atau, mungkin alasan kamu terlalu baik untuk dia.Meski pada banyak kejadian, alasan sebenarnya adalah ada yang lebih baik baginya daripada kamu.Ada seseorang yang bisa membuatnya merasa lebih bahagia dibanding kamu.”

“Terlepas dari rasa sakit di hatimu yang memang tidak bisa sembuh begitu saja, ada satu hal yang harus kamu pahami.Luka itu bagian dari pendewasaan hidup.Satu hal yang menarik dari luka adalah, kamu bisa menikmati fase sembuhnya.Kamu bisa belajar, untuk menjadi sembuh dari luka harus bagaimana.Lalu, jika suatu hari ada yang melukai lagi, kamu paham harus melakukan apa.Itulah alasan terbaik menikmati masa dilukai.Jangan hanya galau, lalu tidak belajar dari kesialanmu.Pahamilah,setiap hal yang terjadi ada hikmahnya.Termasuk saat kamu dibuat patah hati dan hatimu terluka.”

“Kalau dia tidak bersedia bersamamu, kamu harus belajar bersedia bersama yang lain.Seseorang yang juga bersedia bersamamu,bukan dia yang sekedar main-main.Sebab, bahagiamu adalah tanggung jawabmu.Mengapa harus menunggu orang yang tidak pdulu padamu untuk membahagiakanmu? Mengapa harus menghabiskan waktu pada sesuatu yang tidak pasti? Hidup ini tidak begitu lama.Jangan habiskan untuk hal-hal yang tidak berguna.”

Waaah.. kena banget nih, buat orang-orang yang masih suka teringat-ingat atau terbayang-bayang dengan masa lalu, apalagi kalau abis ditinggal nikah ama pacar, tanpa pemberitahuan, tau-tau, dikabarin nikah, gimana ngga sakit hati? padahal kita sudah merajut mimpi untuk bisa meniti masa depan.

“Mengapa tidak bisa lupa,padahal dia orang yang menyakitimu”

Tuhh kan, kenapa ayoo, ya karena alasannya kita saking bencinya ama dia dan ego kita diinjak-injak.

“Ikhlaskanlah dia, meski rasanya begitu sakit atas apa yang dia lakukan.Sebab, ikhlas akan membuatmu merasa benar-benar lepas.”

“Kata pepatah, ada dua hal di dunia ini yang membuat kamu tidak bisa melupakan seseorang:

pertama: Kebencian.Kamu membencinya sepenuh hatimu.Itulah yang membuat kamu tidak pernah bisa melupakannya.Sebab, kebencian itu tanpa kamu sadari, seperti menaruh dia di kepalamu.

Kedua: Rasa Sayang.Kamu diam-diam masih sayang kepadanya.Meski mulutmu berkata tidak, tetapi hatimu tidak pernah bisa mengelak.Kamu masih menyimpan dia di hatimu.

Senja, Hujan, dan Cerita yg telah usai

Read Full Post »

Semakin anak-anak bertambah usia, makin bawel dan makin rajin protes.Rasa-rasanya saya selalu merasa menyesal apabila setelah marah terhadap anak.Karena kalau saya sudah marah, saya udah kayak singa lapar, mengaum sampai-sampai tetangga sekitar sepertinya bertanya-tanya, “emang ada singa, siapa yang pelihara ya?”

Berhubung menjadi orang tua dan menjadi tua itu beda jauh, dan jaman sekarang, ngga sama dengan jaman saya masih kecil, pola asuh juga harus menyesuaikan.

Syukurnya sekarang banyak tersedia buku-buku tentang parenting, juga seminar-seminar.Kita sebagai orang tua, jangan pelit untuk investasi ilmu, apalagi buat anak-anak.

Salah satu buku yang sedang saya baca, yaitu buku seri @anak juga manusia, oleh Angga Setyawan sebagai praktisi parenting.

Banyak lho ilmu-ilmu yang bisa diterapkan dalam mendidik anak sehari-hari.Banyak contoh kasus yang biasa kita hadapi.Anak saya ada dua, dan dalam buku tersebut, sebaiknya kita tidak membanding-bandingkan anak.Jadi, tidak boleh nih membanding-bandingkan anak? jawabnya boleh, asal membandingkan anak dengan dirinya sendiri ketika dia melakukan sesuatu yang baik.Misalnya, “adik ingat enggak waktu adik pulang bermain dan langsung cuci tangan-kaki, juga membereskan kamar sendiri’, .Bila itu yang kita lakukan, yang akan tumbuh dalam diri anak adalah kesanggupan untuk lebih baik dari hari kemarin, bukan untuk bersaing dengan orang lain.

Anak-anak belajar tentang kehidupan dari apa yang mereka lihat, jadi kita sebagai orang tua adalah guru pertama mereka, mereka akan meniru apa yang kita lakukan.

Jadi, jangan berharap anak sopan santun, kalau yang dia lihat orang tuanya sering masuk kamar anak tanpa permisi, atau buka-buka tas anak tanpa permisi juga.Anak akan selalu memberi apa yang dia terima.

Tidak ada manusia yang sempurna, sebagai orang tua,kalau sempurna itu diartikan dengan tanpa pernah melakukan kesalahan maka bergaul saja dengan malaikat.Orang tua juga manusia.

Justru dengan adanya kesalahan, kita bisa belajar agar tidak mengulangi lagi kesalahan yang sudah pernah kita lakukan.Lebih baik salah dari pada tidak pernah belajar sama sekali.

Menyadari kesalahan itu baik.Namun, hati-hati jangan sampai terjebak pada situasi menyalahkan diri sendiri berlarut-larut.Anak kita membutuhkan kita dalam emosi yang sehat, bukan dalam emosi seperti orang yang sedang berduka.

Sebagai orang tua, jangan hanya memarahi kalau anak salah, tetapi juga beri pujian apabila mereka melakukan hal baik, dan kia harus yakinkan anak kita , bahwa kita bangga menjadi orang tua mereka, walau bagaimanpun kondisi anak-anak kita.Cinta tanpa syarat dan tulus, menerima anak apa adanya, bukan meminta menjadi seperti yang kita inginkan.

Anak-anak sering kali tidak peduli pada isi pesan yang kita sampaikan.Mereka lebih peduli pada cara kita menyampaikan pesan tersebut.

Naaah.. ini nih yang sering saya lakukan, saya sering nyuruh-nyuruh belajar dengan paksaan, nyuruh mandi, sikat gigi juga dengan marah-marah.Maksudnya baik toh? tapi pesan yang diterima anak, kalau belajar, mandi, sikat gigi itu menyebalkan, ngga enak, karena dipaksa-paksa oleh orang tua.Pesan yang ditangkap bahwa belajar itu ngga enak, maka ketika mendengar kata “Belajar” maka yang diterima pesan oleh anak , anak menjadi siaga satu, melawan atau lari dari situasi tersebut.

Ada dua pilihan, buatlah anak terpikat dan kedua, buatlah mereka merasa butuh.
Sama halnya dengan kejujuran, Dari mana anak belajar berbohong? Memang tidak semua mutlak kesalahan orang tua, namun kondisi diperparah karena kedua orang tua tidak tahu bagaimana merespons sehingga kejadian berbohong akan selalu berulang.

Informasi dalam buku ini amat bermanfaat buat saya dan sepertinya harus sering-sering baca buku tentang parenting, karena berdasarkan pengalaman, setelah baca buku, saya bersemangat untuk berubah dan mengaplikasikan apa yang ada di buku.
Alhamdulilah biasanya berjalan dengan lancar, dan emosi saya berkurang, karena motivasi dan ilmu yang masih nempel.

Read Full Post »

lima sekawan
Untuk teman-teman seangkatan saya, pasti tahu deh novel Lima Sekawan.Lima Sekawan adalah grup fiksi dari detektif cilik – Julian, Dick, Anne dan George serta anjing mereka, Timmy. Mereka berlima sering terlibat ke dalam kasus-kasus menarik yang misterius serta melakukan petualangan yang menarik. Tempat yang menjadi latar belakang cerita Lima Sekawan kebanyakan adalah fiksi, seperti Pulau Kirrin yang menjadi lokasi harta karun pada seri pertamanya.

Zaman saya SD, saya hanya bisa membaca karena pinjam dari teman-teman yang punya.Orang tua saya tidak pernah membelikan buku cerita semacam itu.Yang saya ingat, Ayah saya pernah membelikan buku cerita, yaitu cerita Mahabarata dan Ramayana.

Teringat serunya saya membaca cerita lima sekawan, sampai-sampai terbawa mimpi bertemu dengan Julian yang ganteng itu, hehee.Malah ada teman SD, namanya Khaidir, teman-teman memanggil dengan nama Julian, karena postur tubuhnya yang tinggi, rambut agak kecoklatan, dan kulit putih, mirip sekali dengan Julian.Khaidir menjadi idola teman-teman perempuan di satu sekolah SDN kami dulu.Dan waktu Khaidir meninggal dunia, semua sekolah berduka, terutama para perempuan di sekolah kami.
Usia yang masih sangat muda, dan idola para perempuan karena mirip dengan Julian di cerita lima sekawan yang sedang trend saat itu.
Hebatnya buku ini dibuat dari tahun 1942 dan sudah berjuta kali cetakan dibuat.

Saya tentunya juga ingin menularkan ketertarikan saya terhadap novel lima sekawan ke anak-anak saya sekarang ini.Dan juga saya sudah lupa seperti apa ceritanya,saya mau baca lagi, karena saya bacanya acak-acakan tidak berurutan dan hanya beberapa, maklum,… namanya juga boleh pinjam dari orang lain.Sekarang, saya memang menyiapkan budget untuk membeli buku setiap bulannya, buat saya dan buat anak-anak saya.Saya ingin anak-anak saya gemar membaca dari pada mereka menonton tv atau bermain game di gadget atau komputer.Sudah menjadi bukti bahwa orang yang senang membaca akan lebih banyak ilmu yang bisa didapatkan dari pada orang yang malas membaca.Perintah Allah SWT terhadap Nabi Muhamad SAW, ” Bacalah”, maka dari itu, kita sebagai umat beliau, diwajibakan juga membaca.Tidak apa-apa deh, sekarang ini, anak-anak membaca apa saja yang mereka suka, saya tidak akan melarang.Mumpung ibunya dan bapaknya yang membelikan, jadi kita bisa saring buku-buku apa yang bisa kita berikan ke anak-anak kita.

Saya sudah pesan tiga seri novel Lima Sekawan di toko buku online,semoga ada stoknya, dan bulan depan Insya Allah bisa beli lagi, semoga ada rejeki, umur dan kesempatan.

Read Full Post »

cover buku amazing parentingamazing parenting komikkomik amazing parentingSering kita dengar dan baca, kalau menjadi orang tua itu, tidak ada sekolahnya. Untuk menjadi orang tua ideal dan terbaik buat anak-anak setiap saat dan setiap masalah adalah bahan pembelajaran buat orang tua.
Beruntung para orang tua jaman sekarang, kita bisa cari ilmu melalui buku, internet, televisi ataupun join di milis-milis parenting.Tetapi memang betul nasehat dalam hadist siapa saya lupa, “didiklah anakmu sesuai jamannya”, jadi, kalau jaman dulu, ngga ada Jupe dan DP, hehe, jadi godaanpun tidak terlalu berat, sedangkan jaman sekarang, mau lihat gambar asusila gampang sekali, terpampang nyata, cetar membahana, niru kata-kata si mpok Syahrini. Dari handphone, dari laptop, atau warnet, anak-anak bisa mendapatkan tanpa sepengetahuan orang tuanya.

Nah maka dari itu, tantangan menjadi orang tua jaman sekarang lebih berat, dan kita harus lebih banyak mencari ilmu parenting agar bisa mendidik anak kita agar bisa menjadi anak yang sholeh/sholehah seperti yang kita dambakan.Tak lupa juga berdoa kepada Allah tentunya, kan kita ngga akan bisa memantau anak kita 24 jam terus menerus, hanya kepada Allah kita memohon diberikan perlindungan.

Setelah baca buku Amazing Parenting, ternyata, selama ini saya juga menggunakan pola asuh tradisional, menurut buku” Amazing Parenting, Menjadi orang tua asyik, membentuk anak hebat’ karangan ibu Rani Razak Noe’man.

Contoh pola asuh tradisional itu nih ya, dikutip dari buku itu, misalnya apabila kita berhadapan dengan anak kita, dia pulang sekolah terlambat dari biasanya, dan karena khawatir, kita cari ke seluruh ruangan sekolah bahkan sampai ke wc dan pojok-pojok sekolah, sampai telpon ke teman-temannya tidak ketemu juga, umumnya kita pasti panik dong ya? dan ketika kita sudah balik ke rumah, tidak lama datanglah anak kita, reaksi apa yang biasanya timbul sebagai orang tua yang khawatir akan kondisi anak kita? ini reaksi saya biasanya, sambil berkacak pinggang, muka marah, lalu bilang ” Kamu dari mana saja sih, dari tadi ga kasih kabar, mama cari-cari kamu ke sekolah, ga ketemu, tau ga sih kalau mama khawatir?”..dan ternyata apa yang ditangkap oleh anak justru marahnya kita bukan rasa khawatirnya kita. Berbeda bila kita bilang, ” Alhamdulilah, kamu akhirnya pulang juga ya.. mama sampai khawatir lho.. tadi mama juga sempat cari kamu ke sekolah dan telpon ke teman-teman kamu, kenapa ga kasih kabar?”…. nah, komunikasi barusan, justru akan ditangkap oleh anak, bahwa mamanya khawatir, padahal reaksi yang pertama dan kedua maksudnya sama, bukan? tetapi dalam penyampaian yang berbeda, pesan yang ditangkap juga berbeda, si anak justru menangkap pesan marah bukan khawatir seperti yang sebenarnya ingin kita tunjukan.

Permasalahan orang tua dan anak juga harus dibagi-bagi, kita harus lihat dulu, ini masalah anak atau menyangkut masalah orang tua juga? dan contoh kasusnya seperti ini, misalnya anak kita sedang bertengkar dengan teman sekolahnya, pulang-pulang, badan dia lecet dan biru-biru.Orang tua mana yang tidak khawatir melihat anaknya lebam seperti itu? dan reaksi spontan, pasti akan nanya, ” Kamu kenapa Nak, siapa yang bikin kamu biru lebam begini?” dan setelah tahu siapa yang berbuat, pasti langsung nemuin temannya itu, atau lapor guru, atau juga langsung hubungi orang tua si anak itu.Tidak terima anak kita diperlakukan tidak adil dan di bulli seperti itu pastinya.

Tetapi di buku itu disarankan, kita harus memilah, kalau ini memang masalah anak, ya kita sebagai orang tua, hanya mencoba mendukung, dan mencari jalan agar dia bisa menyelesaikan sendiri permasalahannya.Akhirnya diajak komunikasi dan mencoba mencari tahu background si temannya itu membulli kenapa, ternyata temannya itu sudah tidak naik kelas beberapa kali,dan karena malu, dan merasa bodoh, dia menggunakan kekuatan fisiknya untuk menakut-nakuti teman lainnya.Setelah tahu permasalahannya, teman yang tidak naik kelas ini, didekati, diajak belajar bersama, sharing bekal makanan, akhirnya lambat laun justru menjadi berubah dan bisa berteman baik.

Yang berkesan selain contoh kasus diatas, buat saya ada lagi, yaitu, tentang memahami perasaan si anak.Contohnya, tiba-tiba anak kita pulang sekolah, marah-marah, pintu dibanting, dan minta tas baru sambil ngomel-ngomel.Seperti biasa, kalau kita mau cepat, kita belikan saja tas baru, tanpa menanyakan penyebabnya dan dasarnya si anak mengapa tiba-tiba marah-marah seperti itu.Setelah kita ajak bicara, dan berusaha memahami perasaan si anak, kita bisa bilang,” kamu pasti sedang kesal ya? kenapa? dan biarkan si anak bercerita seluruhnya tanpa campur tangan atau menyalahkan si anak.

Dan, buat para orang tua dan calon orang tua, ini recommended book deh pokoknya.

Read Full Post »

Bacaan keren

Katanya kalau mau belajar jadi penulis, jangan sungkan-sungkan buat sering-sering baca buku,apa aja. Dan kemarin dipinjemin buku dari Arlin, sekaligus dua buku, dari pengarang yang sama, Ika Natassa.Judulnya A Very Yuppy Wedding, cerita sehari-hari kerjaan bankers, dan tokohnya Keren, dan salut sama penulis yang bisa membuat pembacanya mengulang-ngulang untuk bolak balikin halaman, dan membayangkan situasi yang digambarkan.Saya sampai terbawa, terharu, tertohok, dan tertawa bersamaan.

Satu lagi nih pengarang rekomended yang musti dibaca, dan ternyata Ika Natassa sudah nulis novel beberapa, kayaknya musti punya koleksinya nih.
Padahal sampai sekarang, impiankupun bisa menjadi penulis, apa daya waktu untuk anak-anak dan istirahat lebih menggoda…hehehe

Read Full Post »

Hari Sabtu kemarin, 16 Juli, ada workshop Menulis yang mentornya pak Dodi Mawardi, beliau punya Sekolah Menulis Kreatif Indonesia dan juga penulis buku ” Belajar Goblok dari Bob Sadino”. Motivasi saya ikutan ya, saya mau tahu teknik menulis yang benar dan bisa cepat, kiat-kiatnya juga cara-caranya agar bisa menulis yang bisa atau bagus dibaca oleh orang lain.Cukup menarik juga apa yang dibawakan pak Dodi, jadi dalam menulis itu, apalagi masih draft,haram tuh hukumnya mengedit-edit, apa yang ada dikepala, dituangkan saja dalam catatan/tulisan, bikin pohon ide, ide utama dan di sekelilingnya ide-ide yang bermunculan,ditulis terus, sampai tidak ada lagi ide yang terlintas.

Saya share sedikit catatan bagaimana menulis yang kelihatannya susah bagi banyak orang.

Hambatan-hambatan dalam menulis itu biasanya: Sulit memulai,tidak tahu dari mana mulainya, tidak punya waktu,tidak ada ide, takut salah/takut diejek/dihujat, tidak percaya diri, mentok, tidak mood, dan lain-lain.

Buang hambatan-hambatan yang ada, jangan terlalu dipikirkan:

1.Mulai saja menulis, sediakan waktu minimal 30 menit-1 jam sehari ( menulis apa saja)

2.Keluarkanlah semua yang ada dikepala, lalu tulis.

3.Salah tidak masalah, bisa diperbaiki belakangan.

4.Semua orang punya ide, hobi, pekerjaan, dan lain-lain.

5.Tidak ada alasan untuk tidak percaya diri, setiap orang punya kelebihan.

6.Jangan pedulikan tata bahasa, edit belakangan

RUMUS MENULIS 12 PAS

MS = Menulis Saja

MS2= Menulis Sehari Setengah Jam.

MS3=Menulis Sedikit-sedikit tapi Sering.

MS4=Menulis Setiap Saat Sedikit-Sedikit

MITOS KELIRU TENTANG MENULIS BUKU

-Butuh banyak waktu

-Harus punya tema fenomenal ( banyak buku biasa & sederhana tapi laris)

-Harus jadi pakar dulu

-Harus pintar tata bahasa dan sastra

-Maunya sempurna

KEUNTUNGAN MENULIS BUKU

1.Passive Income

2.Media kenaikan pangkat bagi PNS

3.Promosi diri/popularitas

4.Kebanggaan tak ternilai

5.Memberi manfaat ( pahala)

6.Warisan peradaban ( pahala)

7.Inspirator/penghibur

8.Menjaga kesehatan / anti pikun

9.Ladang pekerjaan masa tua

MENGGALI IDE

Mau nulis apa? dan bagaimana cara menemukan sumber-sumber ide? biasanya kita mulai dari diri sendiri, orang terdekat, saudara, tetangga, lingkungan sekitar,koran, internet,keahlian, hobi,minat, pekerjaan dan pengalaman.

APA YANG DITULIS?

-Kebutuhan orang lain ( need)

-Keinginan orang lain (want)

-Solusi buat masalah orang banyak

-Bermanfaat

-Sesuai keinginan pasar ( pembaca)

Dan, mulai hari ini, saya mau usahakan disiplin menulis sehari minimal 30 menit, semoga target 3 bulan, bisa punya buku yang diterbitkan, masa’ orang lain bisa, anak kecil bisa, TKW bisa, nenek-nenek bisa, kok saya ga bisa? pasti BISA…..Insya Allah, Bismilah….

Read Full Post »

Older Posts »

Vanya2V

Mom of Rhapsody

cerita si nina

here and now, i only have words to tell you!

backpackology.me

An Indonesian family backpacker, been to 25+ countries as a family. Yogyakarta native, now living in Crawley, UK. Author of several traveling books and travelogue. Owner of OmahSelo Family Guest House Jogja. Strongly support family traveling with kids.

phdmamaindonesia

stories of womanhood and ideas for Indonesia

pacarkecilku

"Jika kau punya cerita, bagilah dengan kata-kata. Jika kau punya kerinduan, kenanglah dengan pertemuan"

Macangadungan

Sketchbook , Dreams, Beer, and all other stuffs.

liandamarta.com

A Personal Blog of Lianda Marta

RedDoorz Blog

Blog Traveling dan Tips

falafu.wordpress.com/

Tuhan tidak pernah bimbang, selalu seimbang..

Wiwin Hendriani

Berbagi Karya, Berbagi Cerita

YSalma

Jejak Mata, Rasa, dan Pikiran

Fitri Ariyanti's Blog

Mengolah Rasa, Menebar Makna

Oerleebook's Situs

Kumpulan data-data artikel menarik, inovatip, mendidik. dari berbagai sumber

Nata Riawan | Bali Animator Illustrator Graphic Designer

Desain Grafis bukan sekedar Print Art Paper

My Idea My Imagination

About me, about my inspiration, about my imagination