Feeds:
Pos
Komentar

Archive for November, 2010

Ada satu bahasan yang membuat saya tercenung dan dalam hati bicara” iih bener sekali, dan Alhamdulilah saya sudah di tunjukkan jalan yang benar, karena Allah masih sayang dengan saya”

beberapa rangkuman dari novel yang saya baca:

* Kasih yang Tak Selesai *: Setiap perempuan, seperti juga laki-laki, rasanya wajar memiliki seseorang di masa lalu. Sosok yang mungkin sebentar atau lama sempat singgah di hati dan menggoreskan kenangan yang sulit dilupakan; perhatian dan kebaikan-kebaikannya, kebersamaan yang tercipta sepanjang jalan kenangaaaaan….. what… if? Dua kata dalam bahasa Inggris itu bisa jadi salah satu ujian hati dalam melalui hari-hari pernikahan. Bagaimana… jika….. Ya, bagaimana jika sebenarnya ada seseorang yang begitu klop dengan kita, somewhere out there… seriously! Bagaimana jika orang itu bukan pasangan yang telah mendampingi selama beberapa tahun pernikahan? Bagaimana jika orang tersebut adalah si X,Y atau Z yang pernah memenangkan hati kita dulu? Buktinya, wajah sang mantan masih terbayang-bayang hingga saat ini. Ditambah perpisahan dulu bukan karena ex-boy friend mengkhianati atau memperlakukan kita tidak baik, tetapi karena faktor luar:ortu yang tidak menyetujui, perbedaan-perbedaan lain yang dengan berat hati di akui sulit untuk disatukan, atau alasan-alasan lain.

Bagaimana jika saya bersamanya, mungkinkah saya akan lebih bahagia dari sekarang?

*Ujian dari titik lemah kita*: Saya merasa dalam hidup, setiap orang memiliki kelemahan nya masing-masing, dan godaan hidup terbesar, umumnya datang pada titik terlemah tersebut. Dan masa lalu yang tidak tuntas merupakan salah satu titik lemah yang harus di waspadai sebagai pintu datangnya ujian hidup. Misalnya saja, apa yang akan terjadi.. ketika what if… what if.. tadi kemudian seperti menemukan jalan untuk pembuktian. Mungkin dimulai dengan tersambungnya lagi hubungan dengan sang mantan lewat pertemuan melalui facebook yang berlanjut dengan chatting atau sms dan telepon. Kerinduan dan angan-angan yang terakumulasi dengan rasa penasaran menemukan jawaban.

Kisah emak-emak facebook-an, yang kemudian berujung dengan goyahnya rumah tangga bahkan perceraian, bukan hanya rumor.Lalu bahagiakan mereka setelah perceraian terjadi? Benarkah sang mantan merupakan soumate yang di tunggu? Perwujudan sebelah jantung kita? Tapi intinya, banyak yang malah parah, ternyata kekasih yang mendekati memiliki tujuan-tujuan lain, hanya menginginkan seks ( maaf), motif materi, bahkan ada yang kemudian memeras ( mengancam mengirimkan foto-foto, rekaman percakapan, salinan SMS, dll. Buyar bayangan indah yang bermain di kepala seorang perempuan. Kekasihnya berubah atau dia tak cukup menyelami hati sang mantan ketika mereka bersama? Wallahu’alam.

Another what.. If ? : Lalu bagaimana jika si mantan benar-benar sosok sweetheart yang tidak pernah melukai, bahkan setelah lama tak bertemu? Tetap perhatian, penuh kasih, baik hati, sering memuji, dan siap menampung keluh kesah kita? You’ll never know. Berapa lama kebaikan itu akan mengiringi. Sebaliknya lelaki yang sudah bersama selama ini mengarungi biduk pernikahan, telah melalui banyak test: tanggung jawabnya, kesetiaan nya, kepeduliannya terhadap kita dan anak-anak ( sosok keayahannya). Dia ada dan tidak pergi sekalipun kita kadang menyebalkan, cemburuan, bawel setengah mati, atau malas melakukan apapun.

Dia menangani dengan cemas ketika kita sakit. Menggenggam tangan kita saat anak-anak demam tinggi, atau di rawat di rumah sakit. Dia ikut memikirkan bagaimana membahagiakan ayah dan ibu serta saudara-saudara kita, sekalipun kita bukanlah istri yang sempurna, bahkan masih menyimpan sebentuk harapan dan kebutuhan terhadap sosok di masa lalu.

*Sebelum Menyesal*: Jadi sebelum sesuatu yang lebih buruk terjadi, ketika angan-angan what if itu datang bersama bayangan masa lalu, hidupkan kesadaran… angan-angan ini perpanjangan tangan setan yang berusaha melancarkan tipu daya. Mungkin dia mengintip dalam mimpi, atau rasa penasaran, atau hanya ingin tahu. Tapi tak ada yang perlu diburu. Berhenti dan menarik napas ….:) . Jika ingatan itu datang lagi, panjatkan doa bagi kebaikan mantan dan keluarganya saat ini.Lalu pandang sekitar. Kebahagiaan itu ada di sini, bersama laki-laki yang sudah mengucapkan janjinya untuk menjaga kita dalam keadaan apa pun. Bersama anak-anak yang semoga tumbuh dalam kasih sayang lengkap, ayah dan ibu. Jangan bahayakan cinta untuk hal-hal yang tidak pasti dan hanya melahirkan penderitaan tak berujung.

Satu-satunya persamaan masa lalu dengan masa kini adalah kita masih tetap menemukan hal-hal yang menyebalkan.

Source: Novel Asma Nadia

Read Full Post »

Kawan lama yang jadi Ustadz

Sudah lebih dari 15 tahun yang lalu, saya tidak pernah bertemu ataupun mendengar kabar dari kawan lama saya, namanya Ali, setahu saya, dulu dia pernah bilang, kalau dia lahir di Damaskus, Iran, dan memang keluarganya asli orang Arab. Dia dulu tinggal di Tebet dengan orang tua nya dan waktu saya kenal, dia kuliah di Sekolah Tinggi Publisistik atau IISIP sekarang namanya, yang berlokasi di Lenteng Agung, Depok.

Minggu lalu, waktu saya mau mandi pagi sebelum berangkat ke kantor, suami saya sedang menonton ceramah di TPI, dan saya sempat melihat, siapa sih yang ceramah, batin saya, dan waktu saya lihat, yang memberikan tausyiah itu, orang Arab, pakai sorban putih, dan saya bilang ke suami,” orang itu mirip teman saya dulu, namanya Ali, mirip sekali, mata nya terutama.

Dan karena penasaran, saya tunggu ceramah nya sampai selesai, tetapi memang sudah hampir selesai karena sudah mau jam 6 pagi, dan waktu saya baca tulisan-tulisan terakhir yang ada di layar tv, ternyata nama nara sumber nya memang Ali, tapi beliau pakai Syekh Ali. Entah cuma kebetulan hanya sama namanya atau memang orang yang sama, Wallahualam……

Saya coba searching untuk lebih tau tentang Syekh Ali Saleh ini, dan biography nya ada di blog orang, sepertinya sih kalau di lihat data-data nya seperti tahun lahir, tahun lahir Syekh Ali ini tahun 1976, yang artinya lebih muda dari saya, kalau Ali yang saya kenal dulu, dia sudah kuliah waktu saya baru lulus SMA, yang berarti harusnya lebih tua dari saya, dan juga tentang pendidikan, beliau katanya mengenyam pendidikan SD,SMP, SMA semua nya di Madinah, dan belajar Quran pun di Madinah.Tapi kalau di lihat muka nya sih mirip sekali,….dan katanya dia menetap di pondok bambu, yang kebetulan dulu sekali, saya juga pernah bertemu si Ali waktu saya sedang menunggu bis dekat rumah ortu saya, ada seseorang di atas motor memanggil saya, ” Dis.. dis… ” karena saya tidak begitu jelas dengan muka nya, saya hanya bengong, akhirnya orang tersebut membuka helm nya, dan orang tersebut ternyata si Ali Arab yang saya kenal,…. hanya basa basi sebentar dan setelah itu tidak pernah bertemu lagi.

Hari lebaran haji kemarin, saya main ke rumah orang tua saya di Pondok Bambu dengan suami, saya sempat tanya ke adik saya, ” Yul, loe tau ga, yang suka ceramah di TPI, namanya Syekh Ali, katanya rumahnya di Pondok Bambu? ” Oohh.. tau, kan di situ tuh rumahnya, di Pondok Bambu town house ( lokasinya bisa jalan kaki saja dari rumah ortu saya).

Entah lah, siapapun beliau, kawan lama saya atau bukan, semoga bisa memberikan manfaat untuk orang banyak, dan apabila benar beliau teman saya dulu, Alhamdulilah, Allah memberikan hidayah dan semoga saya pun bisa menjadi orang yang lebih baik bagi diri sendiri, bagi keluarga dan bagi orang banyak, Amin YRA…..

Read Full Post »

Dulu,sebelum saya nikah, saya pernah bekerja di perusahaan percetakan, lokasi nya tidak jauh dari rumah orang tua saya, di Pondok Bambu, cuma jalan kaki lho…. irit ongkos banget deh, dan saya bisa berangkat hanya 5 atau 10 menit sebelum waktu nya masuk kantor. Kadang, makan siangpun saya pulang ke rumah, tapi sering juga sih makan siang di warung-warung dekat kantor, seperti warung padang, warteg atau kadang abang baso yang lewat pun jadi.

Masih belum nikah, masih gaul kemana-mana, dan berpikir, kok ya ga asik bener ya, kerja di perkampungan, tidak ada prestise bener, ingin nya kerja di jalan protokol seperti jl.Sudirman atau jl.Thamrin, dan di kantor percetakan itu, cuma saya yang masih single, bagian admin yang lain nya ada tiga orang lagi,semua nya sudah ibu-ibu, dan kurang nyambung aja gaulnya..hehehe….

Akhirnya, setelah melamar pekerjaan di beberapa tempat, dan juga interview di beberapa tempat, saya dapat tawaran untuk sementara menggantikan karyawan yang sedang cuti melahirkan selama tiga bulan, dan karena sementara tawaran yang ada hanya itu, ya sudah, saya ambil saja, masalah nanti belakangan deh. Dan ternyata setelah berjalan tiga bulan, kontrak saya malah dilanjutkan dan orang sebelumnya yang saya gantikan di pindahkan ke bagian lain, tetapi dia menolak dan mengundurkan diri.

Alhamdulilah, terkabul juga punya kantor di daerah Thamrin, dan setelah menikah, punya anak dua, kantor saya yang sekarang pindah ke Senayan, setiap hari saya harus berangkat pagi jam 6 an, perjalanan memakan waktu kira-kira 1,5 jam, kalau macet, bisa kadang sampai dua jam.

Sekarang ini, kebalikan dari yang dulu, saya berharap dan berdoa bisa mendapatkan pekerjaan yang dekat rumah dengan gaji yang lebih besar dari yang sekarang, hehe.. ngarep mode on , berangkat bisa agak siang, dan pulang juga sampai rumah akan lebih cepat, ketemu anak dan suami juga bisa lebih cepat.. hmmm… semoga saja.. Amin.. tidak ada sesuatu yang tidak mungkin, apabila Allah berkehendak, bukan?

Read Full Post »

Sakit mata

Pagi ini, bangun tidur jam 5 pagi, dan langsung sholat Shubuh, lalu Alifa, anak saya yang paling besar, terbangun dan minta dibuatkan susu, jadi saya buatkan dia susu botol dulu baru saya sholat.

Setelah itu, saya kutak kutik sebentar di dapur, dan begitu mau mandi, suami saya tanya, “mata kamu kenapa?’  lalu saya lihat ke kaca, dan ternyata mata saya putih-putihnya yang sebelah kiri di mata sebelah kanan, berwarna merah terang, seperti darah beku, dan menyeramkan deh kalau di lihat terus-terusan.

Berhubung mata saya tidak terasa sakit, gatal, atau perih, saya memutuskan untuk tetap berangkat ke kantor, dan mungkin akan cuti 1/2 hari setelah makan siang. Menurut teman saya di kantor yang sempat lihat mata saya yang merah ini, ada yang bilang, mungkin kena kencing kecoa, ada yang bilang mungkin tanpa sadar, aku mengucek-ngucek mata selama aku tidur, tapi yahhh namanya sedang tidur, saya kan ga sadar… ya ga?

Semoga penyakit mata ini bukan penyakit yang aneh-aneh dan dapat lekas sembuh seperti sebelumnya, Amiiiin…

Rencana nya saya akan ke dokter specialis mata di RS.Mitra Keluarga Bekasi setelah pulang dari kantor siang ini.

Dan kata dokter mata nya, ini namanya Sub Conjunctiva Bleeding, pembuluh darah di mata pecah, bisa jadi karena kurang tidur, terlalu lama lihat komputer, atau melakukan gerakan  tekanan yang terlalu keras, feeling saya sih, kayaknya saya kan sedang pilek, dan kalau saya buang ingus itu, terlalu keras, dan memang seperti ada getaran di mata.

Tapi ini tidak berbahaya, bisa hilang dengan sendiri nya kok.. saya hanya di kasih vit.mata saja.

Read Full Post »

Rukun Islam Kesatu

Syahadat

Rukun pertama : Bersaksi tidak ada ilah yang berhak disembah secara hak melainkan Allah dan Muhammad adalah utusan Allah.

Syahadat (persaksian) ini memiliki makna yang harus diketahui seorang muslim berikut diamalkannya. Adapun orang yang mengucapkannya secara lisan namun tidak mengetahui maknanya dan tidak mengamalkannya maka tidak ada manfaat sama sekali dengan syahadatnya.

 Makna “La ilaha Illallah

Yaitu; tidak ada yang berhak diibadahi secara haq di bumi maupun di langit melainkan Allah semata. Dialah ilah yang haq sedang ilah (sesembahan) selain-Nya adalah batil. Sedang Ilah maknanya ma’bud (yang diibadahi). Artinya secara harfiah adalah: “Tiada Tuhan selain Allah”

Orang yang beribadah kepada selain Allah adalah kafir dan musyrik terhadap Allah sekalipun yang dia sembah itu seorang nabi atau wali. Sekalipun ia beralasan supaya bisa mendekatkan diri kepada Allah ta’ala dan bertawasul kepadanya. Sebab orang-orang musyrik yang dulu menyelisihi Rasul, mereka tidak menyembah para nabi dan wali dan orang soleh melainkan dengan memakai alasan ini. Akan tetapi itu merupakan alasan batil lagi tertolak. Sebab mendekatkan diri kepada Allah ta’ala dan bertawasul kepada-Nya tidak boleh dengan cara menyelewengkan ibadah kepada selain Allah. Melainkan hanya dengan menggunakan nama-nama dan sifat-Nya, dengan perantaraan amal sholeh yang diperintahkan-Nya seperti salat, shodaqah, zikir, puasa, jihad, haji, bakti kepada orang tua serta lainnya, demikian pula dengan perantara doanya seorang mukmin yang masih hidup dan hadir dihadapannya ketika mendoakan.

Ibadah beraneka ragam:

Di antaranya doa yaitu memohon kebutuhan dimana hanya Allah yang mampu melakukannya seperti menurunkan hujan, menyembuhkan orang sakit, menghilangkan kesusahan yang tidak mampu dilakukan oleh makhluk. Seperti pula memohon surga dan selamat dari neraka, memohon keturunan, rizki, kebahagiaan dan sebagainya.
Semua ini tidak boleh dimohonkan kecuali kepada Allah. Siapa yang memohon hal itu kepada makhluk baik masih hidup atau sudah mati berarti ia telah menyembahnya. Allah ta’ala berfirman memerintahkan hamba-hamba-Nya supaya berdoa hanya kepada-Nya berikut mengabarkan bahwa doa itu satu bentuk ibadah. Siapa yang menujukannya kepada selain Allah maka ia termasuk penghuni neraka. “Dan Robmu berfirman :
Berdoalah kepada-Ku, niscaya Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku (yakni berdoa kepada-Ku) akan masuk neraka dalam keadaan hina dina (Al Mukmin : 60)

Allah ta’ala berfirman mengabarkan bahwa semua yang diseru selain Allah tidak memiliki manfaat atau madhorot untuk seorangpun sekalipun yang diseru itu nabi-nabi atau para wali.

Diantara macam ibadah : Menyembelih binatang, bernadzar dan mempersembahkan hewan kurban.

Tidak sah seseorang bertaqarrub (mendekatkan diri kepada Allah) dengan cara menyembelih binatang atau mempersembahkan hewan kurban atau bernadzar kecuali hanya ditujukan kepada Allah semata. Barangsiapa menyembelih karena selain Allah seperti orang yang menyembelih demi kuburan atau jin berarti ia telah menyembah selain Allah dan berhak mendapat laknat-Nya.

Diantara bentuk ibadah : Istighotsah (memohon bantuan), istianah (memohon pertolongan) dan istiadzah (memohon perlindungan).

Tidak ada yang boleh dimintai bantuan ataupun pertolongan ataupun perlindungan kecuali Allah saja. Allah ta’ala berfirman dalam Al Qur’an Al karim :
Hanya kepada-Mu kami menyembah dan hanya kepada-Mu kami memohon pertolongan (Al Fatihah:4)
Katakanlah: Aku berlindung kepada Robb Yang Menguasai Subuh, dari kejahatan makhluk-Nya (Al Falaq:1-2)

Diantara bentuk ibadah : Tawakal, Roja (berharap) dan Khusyu’.

Manusia tidak boleh bertawakal selain kepada Allah, tidak boleh berharap selain kepada Allah, dan tidak boleh khusyu’ melainkan kepada Allah semata.
Bentuk menyekutukan Allah diantaranya berdoa kepada selain Allah baik berupa orang-orang yang masih hidup lagi diagungkan atau kepada penghuni kubur. Melakukan thowaf di kuburan mereka dan meminta dipenuhi hajatnya kepada mereka. Ini merupakan bentuk peribadatan kepada selain Allah dimana pelakunya bukan lagi disebut sebagai seorang muslim sekalipun mengaku Islam, mengucapkan la ila illallah Muhammad rasulullah, mengerjakan salat, berpuasa dan bahkan haji ke baitullah.

Makna Syahadat “Muhammad Rasulullah”

Makna syahadat Muhammad Rasulullah adalah mengetahui dan meyakini bahwa Muhammad utusan Allah kepada seluruh manusia, dia seorang hamba biasa yang tidak boleh disembah, sekaligus rasul yang tidak boleh didustakan. Akan tetapi harus ditaati dan diikuti. Siapa yang menaatinya masuk surga dan siapa yang mendurhakainya masuk neraka. Selain itu anda juga mengetahui dan meyakini bahwa sumber pengambilan syariat sama saja apakah mengenai syiar-syiar ibadah ritual yang diperintahkan Allah maupun aturan hukum dan syariat dalam segala sector maupun mengenai keputusan halal dan haram. Semua itu tidak boleh kecuali lewat utusan Allah yang bisa menyampaikan syariat-Nya. Oleh karena itu seorang muslim tidak boleh menerima satu syariatpun yang datang bukan lewat Rasul SAW. Allah ta’ala berfirman :

Apa yang diberikan Rasul kepadamu maka terimalah ia dan apa yang dilarangnya bagimu maka tinggalkanlah (Al Hasyr:7)
Maka demi Robbmu, mereka (pada hakekatnya) tidak beriman hingga mereka menjadikan kamu hakim dalam perkara yang mereka perselisihkan, kemudian mereka tidak merasa keberatan dalam hati mereka terhadap putusan yang kamu berikan, dan mereka menerima dengan sepenuh hati (An Nisa’:65)
Makna kedua ayat :
  1. Pada ayat pertama Allah memerintahkan kaum muslimin supaya menaati Rasul-Nya Muhammad  pada seluruh yang diperintahkannya dan berhenti dari seluruh yang dilarangnya. Karena beliau memerintah hanyalah berdasarkan dengan perintah Allah dan melarang berdasar larangan-Nya.
  2. Pada ayat kedua Allah bersumpah dengan diri-Nya yang suci bahwa sah iman seseorang kepada Allah dan Rasul-Nya hingga ia mau berhukum kepada Rasul dalam perkara yang diperselisihkan antara dia dengan orang lain, kemudian ia puas keputusannya dan menerima dengan sepenuh hati. Rasul SAW bersabda :
Barangsiapa mengerjakan suatu amal yang tidak ada contohnya dari urusan kami maka ia tertolak. Diriwayatkan oleh Muslim dan lainnya

Amalan yang dianggap termasuk agama namun tidak ada contohnya dari Rasul dikenal dengan istilah bid’ah.

(Dari berbagai sumber)

Read Full Post »

Rukun Islam kedua

Salat

salat lima waktu sehari semalam yang Allah syariatkan untuk menjadi sarana interaksi antara Allah dengan seorang muslim dimana ia bermunajat dan berdoa kepada-Nya. Juga untuk menjadi sarana pencegah bagi seorang muslim dari perbuatan keji dan mungkar sehingga ia memperoleh kedamaian jiwa dan badan yang dapat membahagiakannya di dunia dan akhirat.

Allah mensyariatkan dalam salat, suci badan, pakaian, dan tempat yang digunakan untuk salat. Maka seorang muslim membersihkan diri dengan air suci dari semua barang najis seperti air kecil dan besar dalam rangka mensucikan badannya dari najis lahir dan hatinya dari najis batin.

Salat merupakan tiang agama. Ia sebagai rukun terpenting Islam setelah dua kalimat syahadat. Seorang muslim wajib memeliharanya semenjak usia baligh (dewasa) hingga mati. Ia wajib memerintahkannya kepada keluarga dan anak-anaknya semenjak usia tujuh tahun dalam rangka membiasakannya. Allah ta’ala berfirman :

“Sesungguhnya salat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman (An Nisa: 103)

Salat wajib bagi seorang muslim dalam kondisi apapun hingga pada kondisi ketakutan dan sakit. Ia menjalankan salat sesuai kemampuannya baik dalam keadaan berdiri, duduk maupun berbaring hingga sekalipun tidak mampu kecuali sekedar dengan isyarat mata atau hatinya maka ia boleh salat dengan isyarat. Rasul  mengkhabarkan bahwa orang yang meninggalkan salat itu bukanlah seorang muslim entah laki atau perempuan. Ia bersabda :

““Perjanjian antara kami dengan mereka adalah salat. Siapa yang meninggalkannya berarti telah kafir” Hadits shohih.

Salat lima waktu itu adalah salat Shubuh, salat Dhuhur, salat Ashar, salat Maghrib dan salat Isya’.

Waktu salat Shubuh dimulai dari munculnya mentari pagi di Timur dan berakhir saat terbit matahari. Tidak boleh menunda sampai akhir waktunya. Waktu salat Dhuhur dimulai dari condongnya matahari hingga sesuatu sepanjang bayang-bayangnya. Waktu salat Ashar dimulai setelah habisnya waktu Dhuhur hingga matahari menguning dan tidak boleh menundanya hingga akhir waktu. Akan tetapi ditunaikan selama matahari masih putih cerah. Waktu Maghrib dimulai setelah terbenamnya matahari dan berakhir dengan lenyapnya senja merah dan tidak boleh ditunda hingga akhir waktunya. Sedang waktu salat Isya’ dimulai setelah habisnya waktu maghrib hingga akhir malam dan tidak boleh ditunda setelah itu.

Seandainya seorang muslim menunda-nunda sekali salat saja dari ketentuan waktunya hingga keluar waktunya tanpa alasan yang dibenarkan syariat diluar keinginannya maka ia telah melakukan dosa besar. Ia harus bertaubat kepada Allah dan tidak mengulangi lagi.

Read Full Post »

Rukun Islam ke Tiga

Puasa

Puasa pada bulan Ramadan yaitu bulan kesembilan dari bulan hijriyah.
Sifat puasa:

Seorang muslim berniat puasa sebelum waktu shubuh (fajar) terang. Kemudian menahan dari makan, minum dan jima’ (mendatangi istri) hingga terbenamnya matahari kemudian berbuka. Ia kerjakan hal itu selama hari bulan Romadhon. Dengan itu ia menghendaki ridho Allah ta’ala dan beribadah kepada-Nya.

Dalam puasa terdapat beberapa manfaat tak terhingga. Diantara yang terpenting :

  1. Merupakan ibadah kepada Allah dan menjalankan perintah-Nya. Seorang hamba meninggalkan syahwatnya, makan dan minumnya demi Allah. Hal itu di antara sarana terbesar mencapai taqwa kepada Allah ta’ala.
  2. Adapun manfaat puasa dari sudut kesehatan, ekonomi, sosial maka amat banyak. Tidak ada yang dapat mengetahuinya selain mereka yang berpuasa atas dorongan akidah dan iman.

Read Full Post »

« Newer Posts - Older Posts »

Vanya2V

Mom of Rhapsody

cerita si nina

here and now, i only have words to tell you!

backpackology.me

An Indonesian family backpacker, been to 25+ countries as a family. Yogyakarta native, now living in Crawley, UK. Author of several traveling books and travelogue. Owner of OmahSelo Family Guest House Jogja. Strongly support family traveling with kids.

phdmamaindonesia

stories of womanhood and ideas for Indonesia

pacarkecilku

"Jika kau punya cerita, bagilah dengan kata-kata. Jika kau punya kerinduan, kenanglah dengan pertemuan"

Macangadungan

Sketchbook , Dreams, Beer, and all other stuffs.

liandamarta.com

A Personal Blog of Lianda Marta

RedDoorz Blog

Blog Traveling dan Tips

falafu.wordpress.com/

Tuhan tidak pernah bimbang, selalu seimbang..

Wiwin Hendriani

Berbagi Karya, Berbagi Cerita

YSalma

Jejak Mata, Rasa, dan Pikiran

Fitri Ariyanti's Blog

Mengolah Rasa, Menebar Makna

Oerleebook's Situs

Kumpulan data-data artikel menarik, inovatip, mendidik. dari berbagai sumber

Nata Riawan | Bali Animator Illustrator Graphic Designer

Desain Grafis bukan sekedar Print Art Paper

My Idea My Imagination

About me, about my inspiration, about my imagination